Pertanyaan Saat Mendiagnosis Masalah Komputer

Pertanyaan Saat Mendiagnosis Masalah Komputer


ketika mencoba memecahkan masalah komputer - seperti yang lainnya, mencari nasihat ahli jelas merupakan tindakan terbaik, tetapi kadang-kadang, masalahnya dapat diselesaikan dalam masalah detik hanya dengan menerapkan akal sehat dan melakukan beberapa operasi sederhana. Sebagai peringatan, kecuali Anda adalah teknisi komputer yang terlatih dan berkualifikasi, kami menyarankan Anda untuk tidak membuka casing komputer Anda sama sekali. 

Sama seperti masalah mobil, masalah komputer terjadi "tiba-tiba" dan sering kali tidak terduga, tetapi lima pertanyaan yang tercantum di bawah ini dapat membantu Anda menemukan apa yang salah dan yang terpenting, cara memperbaikinya:

1. Apakah ini masalah perangkat lunak atau perangkat keras?

Berkat pengalaman bertahun-tahun, saya telah belajar bahwa ini bukanlah pertanyaan yang mudah untuk dijawab karena chip memori yang rusak atau perangkat lunak berbahaya dapat menyebabkan masalah yang menunjukkan gejala yang sama. Namun, suara keras, gemeretak, panas yang berlebihan, atau asap yang keluar dari casing komputer pasti akan menjadi masalah perangkat keras. Jika Anda berpengalaman dengan perbaikan komputer, Anda dapat mengganti sendiri bagian yang bermasalah. Jika Anda tidak tahu perbedaan antara dan komputer dan sepotong roti, Anda mungkin lebih baik menelepon tetangga Anda yang berusia 12 tahun atau profesional komputer yang berpengalaman. Jika Anda menduga bahwa masalahnya terkait dengan perangkat lunak, Anda dapat melanjutkan ke pertanyaan berikutnya.

2. Dapatkah saya mereproduksi masalah?

Mereproduksi masalah akan memungkinkan Anda menelusuri kembali langkah-langkah Anda, menuliskan semua pesan kesalahan (jika ada) dan kemudian menjalankan beberapa pencarian Web untuk menemukan solusi, atau meminta bantuan di beberapa dari banyak komputer- forum terkait. Jika sampai pada titik Anda perlu meminta bantuan, coba sedetail mungkin dalam deskripsi Anda. Sambil meneriakkan "Komputer menjadi DURP!" mungkin cepat dan mudah yang terbaik adalah menyebutkan konfigurasi komputer Anda, sistem operasi yang Anda gunakan, sifat sebenarnya dari masalah tersebut, dan pesan kesalahan yang Anda terima.

3. Apakah virus, malware, atau spyware yang menyebabkan masalah komputer saya?

Banyaknya jumlah dan variasi perangkat lunak berbahaya di luar sana dan fakta bahwa rata-rata beberapa ratus virus baru muncul setiap bulan, membuat tidak mungkin untuk memprediksi kerusakan apa yang akan ditimbulkan berikutnya pada komputer Anda. Jika Anda yakin komputer Anda telah terinfeksi virus, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah menjalankan pemindaian sistem Anda dengan perangkat lunak anti-virus. Jika Anda menemukan virus, karantina dan lakukan pencarian untuk perangkat lunak khusus virus yang dapat membersihkan sistem Anda. Dalam situasi apa pun, Anda tidak boleh menuangkan sirup obat batuk ke belakang mesin Anda. Jika Anda melakukannya, silakan lihat pertanyaan nomor satu.

4. Apakah ada perubahan pada sistem?

Memasang perangkat keras atau perangkat lunak baru biasanya merupakan proses yang mudah, tetapi ada kalanya pemasangan baru dapat menyebabkan banyak masalah dan membuat Anda pusing. Jika Anda mulai mengalami masalah setelah Anda menginstal perangkat lunak atau meningkatkan perangkat keras komputer Anda, Anda dapat mencoba menghapus komponen baru atau menghapus perangkat lunak baru dan melihat apakah ini memperbaiki masalah Anda. Beberapa edisi Windows terakhir memiliki fungsi System Restore yang memungkinkan pengguna untuk "memutar kembali" dan membatalkan perubahan yang telah terjadi sejak konfigurasi stabil terakhir. Fitur restore ini bisa menjadi sahabat Anda setelah adik Anda menginstal aplikasi file sharing dan selang sistem Anda.

5. Apakah saya satu-satunya yang mengalami masalah ini?

Jika Anda memiliki lebih dari satu komputer di rumah, cari tahu apakah semuanya memiliki masalah yang sama. Jika Anda terhubung ke jaringan, lihat apakah ada orang lain yang mengalami masalah yang sama dan jika Anda tidak dapat terhubung ke Internet, hubungi penyedia Internet Anda untuk menentukan apakah mereka tidak mengalami kesulitan teknis. Kadang-kadang, faktor eksternal mungkin menjadi akar masalah Anda dan mencari tahu apakah ini masalahnya mungkin akan menghemat berjam-jam frustrasi.

Lima pertanyaan ini akan membantu Anda memperbaiki masalah komputer yang mungkin Anda alami. 

Anton Widodo
Anton Widodo Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Posting Komentar untuk "Pertanyaan Saat Mendiagnosis Masalah Komputer"