Perbedaan Firewall Dan Anti-Virus

Perbedaan Firewall Dan Anti-Virus

Baik Firewall dan Anti-virus adalah dua langkah untuk melindungi sistem dari virus dan trojan lain yang dapat masuk atau masuk melalui jaringan atau sumber eksternal ketika terhubung dengan sistem. Sumber eksternal dapat mencakup hard disk, pen drive, compact disk dll

Berikut Ini adalah Perbedaan Umum Yang Diperoleh dari beberapa sumber:

Pengertian :

  • Firewall 

Firewall dapat didefinisikan sebagai tipe khusus dari router atau antarmuka yang memeriksa semua paket data yang masuk atau keluar dari jalur jaringan. Paket data ini harus melewati firewall dan setelah memeriksa firewall memutuskan apakah akan mengizinkan atau tidak

  • Anti Virus

Di sisi lain Anti-virus adalah jenis perangkat lunak yang dapat didefinisikan sebagai mekanisme keamanan cyber yang telah digunakan oleh banyak PC dan kantor. Fungsi utamanya adalah untuk memindai, menemukan, dan menghambat file dan perangkat lunak yang memprihatinkan atau tidak dapat dipercaya untuk mendapatkannya. ke dalam sistem.

Penerapan :

  • Firewal

Firewall untuk sistem hadir pada kedua level yaitu Perangkat Lunak dan Perangkat Keras sehingga dapat diimplementasikan dengan cara apa pun.

  • Anti Virus

Di sisi lain Anti-virus hanya dapat diimplementasikan pada tingkat perangkat lunak dan tidak ada implementasi pada tingkat perangkat keras yang memungkinkan dalam kasus Anti-Virus.

Tanggung jawab

  • Firewall 

Seperti yang disebutkan dalam poin di atas, Firewall bertanggung jawab atas otorisasi data yang dikirimkan ke sistem dari sumber eksternal sehingga tugas utama firewall adalah Memantau dan Menyaring

  • Anti Virus

Di sisi lain Anti-virus bertanggung jawab untuk memindai file dan perangkat lunak yang rusak yang telah diinstal atau akan diinstal di sistem dan mungkin membuat sistem menjadi lambat atau gagal.

Skalabilitas

  • Firewall

Karena Firewall dapat diimplementasikan pada perangkat keras dan juga pada tingkat perangkat lunak, maka lebih terukur dibandingkan dengan Anti-virus.

  • Anti Virus

Di sisi lain Anti-Virus hanya dapat diimplementasikan pada tingkat Perangkat Lunak sehingga kurang berskala dibandingkan dengan Firewall.

Ancaman 

  • Firewall

Firewall terutama berhubungan dengan interaksi jaringan eksternal sehingga dapat memiliki ancaman eksternal seperti IP Spoofing dan serangan perutean.

  • Antivirus

Di sisi lain dalam kasus Anti-Virus tidak ada serangan balasan yang mungkin dilakukan setelah menghapus malware.


berbagaisumber

Anton Widodo
Anton Widodo Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar