Merawat Printer Laserjet

Merawat Printer Laserjet

Penting untuk melakukan perawatan pada printer laser setiap bulan untuk memastikannya terus berjalan dengan baik. Kurangnya perawatan dapat menyebabkan kertas macet dan menghasilkan kualitas cetakan yang buruk atau corengan, goresan dan cetakan tipis. Sebagian besar, printer laser memerlukan sedikit perawatan, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda periksa setiap bulan untuk memastikannya terus berjalan seperti yang diharapkan. Hal ini penting terutama dalam lingkungan kerja, di mana karyawan kurang teliti daripada Anda memiliki akses ke printer.

Perawatan Printer Laser Umum

Printer laser rentan terhadap tumpahan toner, kertas macet dan kerusakan rol. Tumpahan toner dapat disebabkan oleh penggunaan normal atau oleh orang yang salah memasang kartrid atau harus mengeluarkannya terus menerus untuk membebaskan kertas macet. Toner memiliki konsistensi seperti bubuk dan akan melapisi hampir semua yang bersentuhan dengannya. Lakukan langkah-langkah berikut untuk membersihkan toner yang tumpah:

  1. Keluarkan toner dan gunakan pengisap debu komputer untuk membersihkan toner dalam jumlah besar dengan hati-hati.
  2. Seka sisa toner dengan kain yang sedikit basah.
  3. Seka rol karet di sekitar rumah kartrid toner dengan kain tidak berbulu yang dibasahi alkohol gosok.
  4. Dengan toner habis, periksa sasis interior printer dengan hati-hati untuk sobekan kertas.
  5. Periksa rol penarik dan bersihkan dengan kain lembab. Ganti rol penarik jika Anda mengalami kemacetan baki kertas yang berlebihan.
  6. Bersihkan bagian luar kartrid toner dengan kain lembab dan masukkan kembali ke dalam printer.

Perawatan Fuser Dan Printer Laser

Printer laser memiliki dua bagian utama yang bertanggung jawab atas proses pencetakan. Kartrid toner (yang menampung berbagai rol dan drum) dan rakitan fuser (yang juga berisi rol dan drum). Anda sering mengganti kartrid toner, sehingga kecil kemungkinannya hal ini akan menyebabkan masalah pada proses pencetakan. Fuser, bagaimanapun, adalah bagian dari printer laser yang akan gagal. Fuser menjadi sangat panas dan bertanggung jawab untuk merekatkan toner ke kertas. Semakin cepat printer, semakin panas fusernya. Panas dapat menyebabkan drum sekring mulai aus. Anda akan melihat tanda ini pada hasil cetak Anda dan tidak mungkin memperbaikinya tanpa mengganti fuser.

Fuser biasanya merupakan bagian dari kit perawatan printer laser untuk printer dan dapat dipesan langsung dari produsen atau toko persediaan printer. Jika Anda perlu mengganti fuser, pastikan untuk mengganti semua rol yang disertakan dalam kit.

Anton Widodo
Anton Widodo Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Posting Komentar untuk "Merawat Printer Laserjet"