b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Manfaat Berbagai Jenis Teh

Manfaat Berbagai Jenis Teh

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang menjadi minuman sehari-hari banyak orang. Dibalik popularitasnya yang tinggi, banyak orang yang masih belum mengetahui jenis teh dan manfaatnya.

Dengan mengonsumsi jenis teh dan manfaatnya yang tepat, masalahmu tersebut bisa teratasi. Namun, kamu wajib mengonsumsi teh tersebut secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal.

Tiap jenis teh memiliki manfaatnya masing-masing. Dari banyak jenis teh dan manfaatnya, kamu bisa memilih teh mana yang cocok untuk dikonsumsi dengan masalah yang sedang kamu hadapi akhir-akhir ini.

Berikut ini jenis teh serta manfaatnya bagi kesehatan

  • Teh Hijau

Jenis teh and manfaatnya yang pertama adalah teh hijau. Teh yang satu ini cukup populer di Benua Asia khususnya di negara-negara Asia Timur. Korea Selatan dan Jepang menjadi beberapa negara tersebut.

Popularitas tersebut didapat oleh jenis teh dan manfaatnya ini karena beberapa alasan. Saalh satunya adalah efek positif yang dihasilkan dari meminum teh hijau secara rutin untuk kesehatan tubuh.

Beberapa manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh antara lain mengurangi risiko kanker, tekanan darah, dan baik untuk dikonsumsi bagi yang sedang berdiet.

  • Teh Barley

Teh Barley merupakan jenis teh dan manfaatnya yang Bob ulas. Salah satu minuman wajib untuk beberapa negara seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea ini memiliki keunikan di mana sebutan yang berbeda di beberapa negara.

Keunikan tersebut tak berpengaruh terhadap manfaat yang diberikan oleh teh barley ini. Walaupun sedikit pahit, manfaat yang diberikan tidak tanggung-tanggung.

Teh Barley memiliki banyak manfaat yang ditawarkan untuk tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan mulut, meningkatkan kualitas tidur, hingga mencegah kanker.

  • Teh Putih

Soal khasiat dari tehnya untuk kesehatan, tak afdal jika tidak menyebut jenis teh ini. Pasalnya, jenis teh dan manfaatnya ini benar-benar terasa untuk kesehatan tubuh seperti menjaga penuaan dini.

Terkenal akan rasanya yang paling ringan dan melegakan, teh ini sangat cocok untuk dikonsumsi oleh orang dengan lambung sensitif. Dengan teh ini, kamu tetap bisa mendapatkan manfaat tanpa rasa nyeri di lambung.

  • Teh Oolong

Jika kamu ingin menikmati teh yang rasanya yang lebih ringan dibanding teh hitam, maka cobalah teh oolong. Proses dari kedua jenis tersebut sendiri melalui proses oksidasi yang sama kok.

Untuk jenisnya, kamu bisa memilih teh oolong hijau dan teh oolong hitam. Keduanya termasuk jenis teh dan manfaatnya yang terasa sama. Kandungan kafeinnya saja yang berbeda di mana yang hitam lebih tinggi kandungan kafeinnya.

Keunikan lain dari teh oolong adalah variasinya. Kamu akan mendapati rasa teh oolong yang berbeda dari setiap negara. Hal tersebut karena perbedaan komposisi tanah, curah hujan, sinar matahari, dan kondisi geografis.

  • Teh Mawar

Jenis teh dan manfaatnya berikutnya adalah teh mawar. Terbuat dari kelopak bunga mawar yang dikeringkan, rasa yang dihasilkan dari jenis teh satu ini cenderung ringan dan ada sedikit rasa asam.

Rasa asam yang dihasilkan dari teh mawar berasal dari asam sitrat kelopak bunga mawar. Kamu pun bisa mendapatkan beberapa manfaat dari teh mawar ini jika dikonsumsi secara rutin.

Beberapa manfaat tersebut antara lain adalah membantu dalam perawatan kulit, jerawat, kesehatan rambut, membantu sistem pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Teh Chamomile

Jenis teh dan manfaatnya lainnya yang Bob ulas adalah teh chamomile. Berasal dari bunga matricaria chamomilla atau biasa dikenal dengan sebutan chamomile, teh ini memiliki wangi yang sangat harum.

Oleh karenanya, kebanyakan orang memanfaatkan teh chamomile ini sebagai minuman pengantar tidur. Jadi, jika kamu memiliki kesulitan tidur akhir-akhir ini, ada baiknya mencoba untuk meminum teh ini.

Tak hanya meningkatkan kualitas tidur, teh chamomila ini memiliki manfaat lain yakni untuk membuatmu menjadi lebih rileks lagi dan untuk mengurangi komplikasi akibat penyakit diabetes.

  • Teh Dandelion

Berikutnya, ada teh dandelion yang masuk ke jenis teh dan manfaatnya yang akan Bob bahas. Teh dandelion ini tergolong sebagai teh yang berasal dari bunga-bungaan seperti halnya teh chamomile dan teh mawar.

Untuk mendapatkan teh dandelion, kamu tidak perlu menunggu lama karena proses produksi teh dandelion tergolong singkat. Hal tersebut karena untuk mendapatkan tehnya, cukup melakukan pemanggangan akar dandelion saja.

Terasa ringan dan adanya sedikit rasa bunga, manfaat meminum teh dandelion di antaranya adalah menjaga kesehatan pencernaan, memperkuat imunitas, dan meningkatkan kesehatan tulang.

  • Teh Yerba Mate

Bosan dengan teh yang itu-itu saja? Jika iya, cobalah jenis teh dan manfaatnya satu ini. Rasa dari teh ini cukup unik dan berbeda dari lainnya karena rasanya justru lebih menyerupai kopi.

Oleh karena itu, para pencinta kopi memfavoritkan teh yerba mate ini. Soal pembuatannya, teh yerba mate sendiri terbuat dari ekstrak daun pohon mate yang pohonnya mudah ditemui di hutan hujan di Amerika Selatan.

Berbicara soal manfaatnya, teh yerba mate memiliki beberapa manfaat. Beberapa manfaatnya antara lain mengurangi nafsu makan, meningkatkan relaksasi otot, dan berfungsi sebagai diuretik

  • Teh Hitam

Selain teh hijau, teh hitam cukup populer di negara-negara Asia Timur. Walaupun begitu, popularitas dari teh ini sulit terbendung di beberapa negara seperti Inggris dan Irlandia.

Terkenal akan rasa dari tehnya yang kuat dan sedikit pahit, biasanya salah satu cara untuk mengonsumsi teh hitam agar tidak terlalu pahit adalah dengan menambahkan susu ataupun gula.

Bagi orang yang mengonsumsi teh ini secara rutin, kamu akan mendapatkan manfaat seperti turunnya risiko serangan jantung dan radikal bebas yang dilawan oleh kandungan dari jenis teh dan manfaatnya ini.

  • Teh Rooibos

Jenis teh dan manfaatnya yang akan Bob ulas ini tergolong sulit untuk ditemukan. Walaupun begitu, manfaat dari teh ini seperti mampu melawan penyakit kanker membuat teh ini wajib dikonsumsi.

Teh rooibos atau sering juga disebut teh merah ini terbuat dari semak merah yang biasa tumbuh di daerah Afrika Selatan. Teh ini akan tetap enak walaupun disajikan dalam keadaan panas atau dingin.

Teh rooibos memiliki kadar antioksidan yang tinggi namun dengan kandungan kafein yang relatif rendah. Sehingga, teh ini dipercaya bisa membuatmu lebih fokus dan tetap sehat.

  • Teh Peppermint

Sedang mengalami sembelit dan susah buang air besar? Tak ada salahnya untuk mencoba jenis teh dan manfaatnya satu ini. Pasalnya, masalahmu tersebut bisa terselesaikan dengan meminum teh ini.

Teh yang dimaksud adalah teh peppermint. Teh ini dikenal mampu melemaskan otot saluran pencernaan. Oleh karenanya, tak heran jika masalah sembelit dan susah buang air besar akan terpecahkan oleh teh ini.

Tak hanya itu, jenis teh dan manfaatnya ini bisa memberikan manfaat lainnya. Manfaat tersebut antara lain meringankan sakit kepala dan mengurangi kram saat menstruasi.

  • Teh Kombucha

Jenis teh dan manfaatnya terakhir di daftar kali ini adalah teh kombucha. Teh ini mungkin relatif asing bagi orang Indonesia. Kamu bisa dengan mudah menemukannya di Asia Timur yang berfungsi sebagai probiotik.

Terbuat dari hasil fermentasi gula, bakteri baik, dan jamur, teh kombucha memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Tak hanya itu, teh ini pun baik kekebalan tubuh dan menurunkan tekanan darah.

bobobox

Related Posts
Anton Widodo
Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Related Posts

Posting Komentar