Cara Bisa Tidur Lelap Dalam 2 menit

Ingin Tidur Lelap Hanya 2 Menit ? Berikut Tipsnya

Trik praktis terungkap dalam buku Relax and Win: Championship Performance, yang awalnya diterbitkan pada tahun 1981. Dalam Perang Dunia Kedua, banyak pilot AS membuat kesalahan yang merusak karena kurang tidur.

Teknik baru yang dikembangkan para militer AS ini membuat para tentara bisa tertidur dalam 2 menit dimanapun, dan dalam keadaan apapun.

Meski sulit, dalam waktu 6 minggu akhirnya militer AS berhasil mengembangkan cara ini untuk tidur. Buktinya, 96% tentara mengaku tertidur pulas dalam waktu kurang dari 2 menit.

Menurut buku Relax and Win: Championship Performance, ada tiga metode jitu agar cepat tidur. 

Pertama, bayangkan dirimu berbaring di sebuah kano di danau yang tenang dengan langit biru di atasnya. Kedua bayangkan dirimu meringkuk di tempat tidur gantung beludru hitam di sebuah ruang gelap gulita. Ketiga, ulangi kata-kata "jangan berpikir, jangan berpikir, jangan berpikir" dalam pikiranmu selama 10 detik.

Mau Coba ? berikut caranya agar bisa terlelap untuk mengembalikan energimu


  • Rilekskan otot-otot di wajah

Posisi badan terlentang.

Jangan biarkan kening kamu berkerut. Kerutan adalah tanda wajah kamu tidak rileks.

Lemaskan kelopak mata. Jangan terlalu dirapatkan.

Regangkan area mulut agar pipi dan bagian dalam mulut menjadi tidak tegang.

  • Bahu kamu tidak boleh tegang

Rendahkan bahumu sebisa mungkin. Dengan melemaskan bahu, leher kamu pun bisa ikut rileks.

Letakkan kedua tanganmu di samping. Jika tanganmu masih belum rileks, cobalah regankan dulu sejenak.

Lakukan hal yang sama untuk jari-jari kamu.

  • Atur pernapasan

Bernapas adalah hal yang alamai bagi manusia. Saking alaminya, terkadang kamu lupa bahwa kamu sedang bernapas.

Dengan sadar dan mengatur tempo napas, kamu membantu tubuh kamu menjadi lebih santai. Dada kamu pun akan terasa lebih ringan.

  • Rilekskan tubuh bagian bawah

Lemaskan tubuh bagian bawah mulai dari paha. Setelah itu, lanjutkan ke area betis dan jari-jari kaki.

  • Kosongkan pikiran

Setelah otot-otot badanmu rileks, sekarang saatnya pikiran kamu yang harus santai. Salah satu alasan kenapa kamu sulit untuk segera terlelap adalah karena otakmu masih bekerja.

Agar pikiranmu rileks, kamu bisa membayangkan hal-hal yang disarankan Lloyd Bud Winter, penulis buku “Relax and Win: Championship Performance in Whatever You Do”. Hal ini bertujuan untuk mengosongkan pikiran dan menghalau distraksi.

Bayangkan kamu sedang berbaring di atas sebuah kano ditemani langit yang cerah dan arus sungai yang tenang. Gemercik air dan suara angin menghiasi telinga kamu.

Selain itu, kamu juga bisa membayangkan berbaring di atas hammock yang nyaman di dalam atau luar ruangan yang gelap. Entah itu di kamar atau di sebuah taman dengan langit malam yang dihiasi bintang-bintang.

Kalau kedua bayangan tadi belum bisa membuat kamu tidur, katakana pada dirimu “jangan berpikir.” Lakukan hal ini selama 10 detik atau hingga kamu merasa mengantuk.

  • Praktikkan di mana dan kapan saja

Jangan frustasi kalau kamu tidak bisa langsung mempraktikkan teknik ini. Seorang pilot angkatan udara saja butuh 6 minggu untuk menguasai teknik ini. Kamu hanya perlu terus melatihnya. Dan tentunya, kamu bisa mempraktikkannya di mana dan kapan saja. Soalnya, kasur bukanlah syarat teknik ini bisa diterapkan.Kamu mau tidur siang saat sedang pusing bekerja? Tentu saja bisa. Raih kembali energimu hanya dalam 2 menit! 

Tempat yang nyaman tentunya berpengaruh pada kualitas tidur kamu. Kalau kamu masih kesulitan menerapkan teknik ini, kamu bisa coba di tempat lain. 

rangkuman berbagaisumber

Anton Widodo
Anton Widodo Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Posting Komentar untuk "Cara Bisa Tidur Lelap Dalam 2 menit"