Beberapa Komponen Penting Pada Motherboard Komputer

Beberapa Komponen Penting Pada Motherboard Komputer

Komponen motherboard dan fungsinya – Motherboard merupakan salah satu komponen CPU (Central Processing Unit) pada PC atau komputer. Fungsi motherboard sangat penting, sebagai papan sirkuit tempat berbagai komponen elektronik atau komponen komputer lainnya saling terhubung seperti seperti processor, video card, sound card, hard disk, dan lain sebagainya.

Motherboard pun memiliki fungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Dengan kata lain, peran motherboard adalah untuk menyatukan semua perangkat keras yang ada pada komputer menjadi satu kesatuan.

Sebagai salah satu komponen CPU yang penting, tentu kita harus menjaga dan merawat motherboard agar tidak rusak. Selain itu kita bisa mempelajari apa saja bagian-bagian motherboard untuk meningkatkan kewaspadaan. Faktanya ada beberapa komponen-komponen motherboard dengan fungsi yang berbeda-beda satu sama lain.

Komponen Motherboard

Di bawah ini akan dibagikan apa saja komponen-komponen motherboard beserta fungsi, bentuk, gambar, dan penjelasannya lengkap.

1. Socket Prosesor

Komponen motherboard yang pertama adalah socket prosesor. Fungsi komponen ini adalah sebagai tempat memasang prosesor. CPU socket yang terdapat pada motherboard haruslah cocok dengan jenis prosessor yang ada. Ada beberapa jenis-jenis socket prosesor dengan fitur dan keunggulan masing-masing.

2. Slot Memory

Selanjutnya ada komponen slot memory. Fungsi komponen slot memory bertujuan sebagai tempat memasang RAM. Bentuk slot memory memanjang, sesuai dengan bentuk RAM itu sendiri. Posisinya bersebelahan dengan socket prosesor, pada umumnya ada lebih dari 1 slot memory agar kita bisa memasang beberapa RAM sekaligus.

3. Slot IDE dan Slot SATA

Slot IDE dan Slot SATA merupakan dua komponen yang bentuknya beda, namun fungsinya hampir sama, yakni untuk menghubungkan harddisk atau CD/DVD-ROM ke motherboard. Keduanya memiliki bentuk sesuai kabel yang digunakan. Slot IDE sudah mulai ditinggalkan karena jarang digunakan. Kebanyakan saat ini harddisk SATA yang banyak digunakan.

4. Slot AGP atau Slot PCI

Slot AGP dan slot PCI merupakan komponen motherboard yang berfungsi sebagai tempat graphid card atau VGA card. Saat ini penggunaan slot AGP sudah ditinggalkan karena hanya kompatibel untuk jenis VGA card yang lama. Sekrang, kebanyakan motherboard lebih banyak yang menggunakan slot PCI.

5. BIOS atau UEFI Chip

BIOS merupakan singkatan dari Basic Input Output System. BIOS menjadi salah satu komponen motherboard berupa chip yang berfungsi sebagai kontrol seluruh perangkat hardware pada komputer. Saat booting, BIOS memiliki peran penting. Belakangan BIOS sudah digantikan dengan UEFI, dengan fungsi sama namun teknologi yang lebih canggih.

6. Battery CMOS

Battery CMOS merupakan singkatan dari Battery Complimentary Metal Oxide Semiconductor. Komponen ini berupa baterai kecil yang berfungsi untuk memberikan daya kepada BIOS. Selain itu, battery CMOS juga berfungsi untuk menyimpan setingan-setingan yang ada di dalam BIOS.

7. Power Connector

Komponen motherboard berikutnya adalah power connector. Fungsi dari komponen power connector adalah untuk menghubungkan motherboard dengan power supply, komponen CPU yang penting untuk memberi daya. Konektor power ini umumnya terdiri dari dua bagian, dimana dua kabel dari power supply akan menancap di sana. 

8. I/O Ports

Komponen motherboard yang terakhir adalah I/O ports atau input output ports. Fungsi komponen ini secara langsung berinteraksi dengan pengguna komputer. I/O ports menjadi sekumpulan ports sebagai tempat colokan untuk beragam perangkat input atau output, misalnya seperti port LAN, USB, PS/2 , VGA, dan sebagainya.

berbagai sumber

SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Beberapa Komponen Penting Pada Motherboard Komputer"