Tanda Awal Komputermu Perlu Diperiksa Kesehatannya

Tanda Awal Komputermu Perlu Diperiksa Kesehatannya

Komputer Anda adalah mesin yang ditakdirkan untuk gagal. Meskipun kami semua ingin berpikir bahwa mesin kami akan melakukan booting dengan benar hingga akhir dunia, hanya masalah waktu sebelum perangkat keras Anda rusak. Kegagalan perangkat keras dapat terjadi secara tiba-tiba, tetapi sering kali ada tanda-tanda bahwa sesuatu yang buruk akan segera terjadi. Di bawah ini adalah beberapa tanda komputer Anda akan mogok.

Jika komputer Anda mengeluarkan suara, Anda mengalami masalah perangkat keras tertentu, yang berarti Anda mungkin perlu membuka casing untuk menentukan apa yang menyebabkan suara tersebut. Hanya ada beberapa komponen di komputer yang bergerak dan mengeluarkan suara, jadi kecuali suara itu berupa bip, kemungkinan besar ada masalah dengan drive atau kipas. Jika Anda merasa tidak nyaman membuka casing komputer saat komputer sedang berjalan, pastikan untuk membawanya ke bengkel komputer untuk mendapatkan dukungan teknis yang dapat membantu menemukan penyebabnya.

Tanda-tanda Komputer Anda Akan Mati Termasuk Yang Berikut Ini

Jika komputer Anda tiba-tiba mengeluarkan suara aneh di dalam casing, itu mungkin berarti PC mengalami kegagalan besar karena beberapa kerusakan mekanis. Atau jika tidak bisa apa-apa. Komponen yang dapat menimbulkan suara bising pada PC adalah kipas angin (mungkin ada beberapa), drive CD atau DVD, hard drive dan power supply. Anda harus mulai dengan mengeluarkan disk apa pun yang mungkin ada di dalam drive mana pun. Jika tidak ada disk, dan tidak ada lampu aktivitas di perangkat tersebut, kemungkinan besar salah satu dari yang berikut:

Komputer Membuat Suara Dari Kipas

Anda memiliki setidaknya satu, tetapi mungkin sebanyak tiga atau empat kipas di dalam komputer Anda. Anda dijamin memiliki kipas di catu daya. Catu daya ada di bagian belakang komputer dan memiliki kipas buang. Beberapa catu daya memiliki kipas lain di dalam yang menarik udara ke atas dari CPU sehingga kipas pembuangan dapat menarik panas keluar dari casing.

Anda mungkin juga memiliki kipas di CPU. Kipas CPU akan diletakkan di atas pendingin logam. Kipas ini bertanggung jawab untuk menarik panas dari CPU agar tetap dingin.

Mungkin ada intake fan di bagian depan case dan exhaust fan di belakang.

Mungkin juga ada kipas di kartu video GPU, yang mirip dengan kipas CPU, tetapi lebih kecil.

Beberapa hal dapat terjadi dengan penggemar. Mereka bisa jadi kotor dan perlu dihembuskan dengan udara terkompresi . Atau bantalan di dalamnya mulai gagal. Jika yang terakhir, Anda perlu mengganti kipas angin. Jika casing terbuka, Anda biasanya dapat dengan cepat menentukan kipas yang menyebabkan masalah. Jika udara terkompresi tidak memperbaiki kebisingan kipas catu daya, segera ganti seluruh catu daya.

Suara Komputer Dari Catu Daya

Catu daya dapat menimbulkan beberapa suara. Mungkin ada kipas yang jelek atau kotor seperti yang dijelaskan di atas, atau bisa juga mengeluarkan suara dengungan listrik. Jika meniup kipas tidak membantu, atau jika Anda mendengar dengungan listrik, cabut komputer dan segera pasang kembali catu daya.

Suara Komputer Dari Hard Drive

Bukan hal yang aneh jika hard drive berputar dan bersenandung saat bekerja. Jika Anda melihat suara keras di atas itu, beberapa hal dapat terjadi. Mungkin ada cacat fisik pada piringan, menyebabkan kepala berkecepatan tinggi terpental. Ini bisa memiliki lengan aktuator yang buruk atau kepala baca / tulis. Keduanya memerlukan penggantian drive segera. Atau bisa juga karena kesulitan membaca dan menulis karena kurangnya ruang atau perawatan. Periksa kapasitas yang tersisa dan keluarkan apa pun yang Anda bisa jika ruangnya rendah. Kemudian defrag drive dengan membuka Start> All Programs> Accessories> System Tools> Drive Defragmenter.

Catatan: Jangan mencoba dan men-defrag hard drive Anda jika Anda memiliki hard drive solid state yang terpasang. Defragging hanya digunakan pada hard drive berkapasitas lebih besar (berputar).

Komputer Membuat Suara Aneh

Anda mungkin juga ingin menjalankan Disk Checking Utility. Ini akan memindai cacat fisik pada drive dan menandainya sebagai tidak dapat digunakan. Untuk melakukan ini, klik kanan Drive C di Komputer Saya dan pilih Properti. Di bawah tab Alat, klik tombol Periksa Sekarang dan minta alat tersebut memindai dan memperbaiki kesalahan yang ditemukannya.

Komputer Continuously Reboot - Cegah Windows Restart Loop

Jika komputer Anda terus-menerus melakukan boot ulang saat dijalankan, atau jika Anda melihat layar biru berkedip sebelum melakukan boot ulang, maka Windows dalam keadaan di mana satu-satunya cara untuk memperbaiki dirinya sendiri adalah melalui boot ulang. Meskipun ini akan berfungsi dengan sistem crash yang kadang-kadang terjadi, ini tidak akan memperbaiki masalah jika ada masalah perangkat keras atau perangkat lunak yang drastis. Sebaliknya, mesin Anda akan terlihat seperti terjebak dalam putaran start, crash dan reboot. Kunci untuk memecahkan masalah jenis ini adalah menangkap pesan macet yang berkedip di layar.

Ini bisa sangat membuat frustrasi mencoba memecahkan masalah komputer yang mem-flash BSOD sebelum Anda dapat melihat pesan kesalahan. Anda dapat menghentikan boot ulang Windows setelah crash dengan melakukan hal berikut:

  1. Klik kanan Komputer Saya (atau PC Ini) Dari File Explorer.
  2. Pilih properti.
  3. Pilih Tab Tingkat Lanjut.
  4. Di bawah Start-up and Recovery, hapus centang pada kotak Automatic Restart dan kemudian klik OK.
  5. Nyalakan ulang komputer.

Sekarang, ketika komputer Anda mogok, Anda akan melihat Blue Screen of Death yang membingungkan bersama dengan kode kesalahan. Anda dapat mencari Microsoft.com untuk mengetahui sifat sebenarnya dari kode tersebut dan mengambil tindakan untuk mengatasinya. Bergantung pada kesalahannya, Anda dapat mencoba me-reboot ke Safe Mode dengan mengetuk F8 saat mem-boot dan menjalankan System Restore untuk mengembalikan komputer Anda ke waktu ketika tidak macet. Atau Anda mungkin menjalankan utilitas pemeriksaan kesalahan di Windows untuk memindai masalah pada hard drive komputer Anda. Anda juga dapat menjalankan program populer bernama Memtest86 untuk memindai RAM komputer Anda dari kesalahan yang dapat menyebabkan masalah stabilitas sistem.

Langkah pertama dalam proses ini adalah membuat layar biru tetap ada di layar, dan mencegah restart otomatis adalah cara untuk melakukan ini. Anda kemudian dapat menentukan mengapa komputer Windows Anda melakukan boot ulang dan mogok berdasarkan petunjuk dari kesalahan layar biru. Jika komputer Anda terus-menerus reboot dan Anda membutuhkan bantuan tambahan, butuh bantuan lebih lanjut, silakan bergabung dengan forum perbaikan komputer gratis kami.

Tanda-tanda Komputer Anda Terlalu Panas

Panas adalah faktor yang sangat umum dalam komputer mati dan menolak untuk memulai kembali. Ini sebenarnya adalah fitur keamanan yang dirancang untuk mencegah PC Anda terbakar. Gejala khas dari panas berlebih dapat berupa komputer benar-benar mati dan mati, dan tidak akan langsung menyala jika Anda menekan tombol daya . Atau komputer tiba-tiba menjadi sangat lamban karena CPU menjadi semakin panas.

Jika komputer mati, coba lakukan perawatan umum pada komputer. Bersihkan di dalam dan sekitar komputer menggunakan udara terkompresi . Saat meniup kipas Anda, letakkan jari pada kipas itu sendiri sehingga bantalannya tidak berputar berlebihan saat Anda meniupnya. Juga, luangkan waktu sejenak untuk membersihkan grill depan dan belakang casing.

Anda juga dapat mencabut komputer dan menggunakan penyedot debu yang dirancang khusus untuk komputer dan elektronik. Terakhir, Anda mungkin perlu mengganti pasta termal pada CPU.

Tanda-tanda Hard Drive Komputer Anda Gagal

Salah satu tanda kegagalan hard drive komputer adalah kinerja yang buruk. Meskipun ini bisa berarti komputer Anda memerlukan pemeliharaan umum, itu juga bisa berarti hard drive Anda sekarat atau ada beberapa masalah perangkat keras lainnya. Beberapa produsen komputer seperti Dell dan Lenovo telah membangun diagnostik drive penyimpanan. Coba ketuk tombol F12 atau F10 saat boot untuk melihat apakah sistem Anda memiliki kemampuan ini. Jika tidak, pertimbangkan untuk mengunduh dan menjalankan Ultimate Boot CD (UBCD). Bakar itu ke disk dan kemudian boot ke disk untuk menjalankan alat diagnostik hard drive seperti ViVard.

Diagnostik hard drive

Pesan Kesalahan SMART dan Apa Artinya

Sebagian besar komputer modern memiliki hard drive berkemampuan SMART (Self-Monitoring Analysis and Reporting Technology System). SMART adalah firmware pada hard drive yang secara terus menerus memonitor parameter drive seperti tingkat kesalahan dan kinerja keseluruhan. Ini menggunakan teknologi yang dikenal sebagai analisis kegagalan prediktif untuk memberi tahu Anda ketika kerusakan hard drive sudah dekat. Beberapa kesalahan yang mungkin Anda lihat meliputi:

Kegagalan hard disk sudah dekat.

  1. Hard drive dalam sistem melaporkan bahwa mungkin gagal.
  2. Kegagalan cerdas sudah dekat, cadangkan data Anda
  3. Kesalahan 1720 Segera Terjadi Kegagalan Hard Drive
  4. Kesalahan SMART hard drive

Jika Anda melihat salah satu pesan ini, pastikan untuk membuat cadangan data Anda dan menganggap drive tidak dapat diandalkan. Anda harus mengupayakan penggantian drive secepat mungkin.

Sementara drive pemintalan lama secara bertahap digantikan oleh hard drive solid state yang lebih cepat, drive pemintalan berkapasitas lebih besar masih merupakan cara yang murah untuk menyimpan banyak data. Tetapi sebagai penggerak mekanis, pada akhirnya akan gagal. Sering menjalankan Scandisk (di komputer lama) atau chkdsk dapat membantu Anda memulihkan cluster yang hilang di hard drive Anda. Hard drive dapat mengembangkan cluster yang buruk dari waktu ke waktu, dan utilitas tersebut dapat membantu mengambil data yang rusak, dan juga mencegah data ditulis kembali ke bad sector tersebut. Menjalankan alat manajemen disk ini akan membantu mengurangi kerusakan dan kehilangan data lebih lanjut. Mereka juga dapat membantu membuat Anda sadar akan kegagalan hard drive yang akan datang.

Pulihkan cluster yang hilang dalam rantai yang hilang

Kesalahan umum, seperti "cluster hilang dalam rantai yang hilang" menunjukkan bahwa data ada tetapi tidak ada petunjuk yang menunjuk ke data tersebut. Anda dapat menjalankan chkdsk untuk mencoba memulihkan file, atau Anda dapat memperbaiki kesalahan dengan memilih N saat diminta tindakan. Ini akan memperbaiki kesalahan tetapi tidak menyimpan data. Atau Anda dapat menekan Y, yang akan mencoba mengaitkan folder ke data itu. Jika folder tidak dapat ditemukan, itu akan menyimpan data di folder berlabel .xxx. "XXX" adalah nomor urut, jadi folder mungkin akan diberi nama .000 jika folder tersebut tidak ada.

ScanDisk

Utilitas ini ada di sistem Windows 9.x, seperti Windows 98 dan ME. Untuk mengakses utilitas ini, navigasikan ke MULAI> PROGRAM> AKSESORIS> ALAT SISTEM, lalu scandisk. Anda akan diberikan opsi untuk melakukan Pemindaian Menyeluruh, yang disarankan karena secara fisik memindai permukaan drive untuk mencari kesalahan. Anda juga dapat menentukan apakah Anda ingin kesalahan diperbaiki secara otomatis, yang biasanya baik-baik saja kecuali Anda ingin mencoba memulihkan data.

Chkdsk

Chkdsk tersedia di Sistem Operasi yang lebih modern. Untuk menjalankan chkdsk, buka Komputer Saya (atau PC Ini) dan klik kanan drive yang ingin Anda pindai, lalu pilih Properti. Di bawah tab Alat, Anda akan melihat bagian untuk Pemeriksaan Kesalahan. Klik Periksa Sekarang. Sekali lagi, Anda akan diberikan opsi Memperbaiki kesalahan secara otomatis, atau untuk mencoba memulihkan data. Anda mungkin diminta untuk melakukan boot ulang agar utilitas ini dapat berjalan sebelum Windows dimuat. Ini normal.

Tanda Komputer Anda Mengalami Masalah Kartu Video

Jika Anda melihat artefak di layar, ini berarti grafik video dalam sistem menjadi buruk. Ini terkadang dapat diperbaiki dengan memperbarui driver grafis, tetapi dalam banyak kasus, ini berarti kartunya sendiri gagal. Jika Anda mem-boot komputer Anda dan ada bukti langsung artefak di layar, ini pertanda buruk.

Jika layar bersih sampai Anda masuk ke Windows, ini berarti pembaruan driver mungkin dilakukan. Anda bisa mendapatkan pembaruan driver dengan mengunjungi produsen kartu, atau pastikan Anda menginstal Pembaruan Microsoft terbaru – yang sering kali menyertakan pembaruan driver untuk perangkat keras Anda.

Tidak ada video pada masalah monitor yang dapat disebabkan oleh beberapa masalah. Meskipun ini sering merupakan masalah perangkat keras dengan kartu video, motherboard, atau bahkan kabel, mungkin ada masalah dengan konfigurasi Windows yang menyebabkan tidak ada video yang ditampilkan. Hal ini dapat terjadi dengan pemasangan baru, peningkatan atau bahkan secara acak tanpa alasan yang jelas – biasanya karena pembaruan otomatis.

Troubleshoot No Video On Monitor Problem

Tanda-tanda lain bahwa komputer Anda akan mogok tidak termasuk apa pun di monitor. Untuk memulai, Anda harus segera menyingkirkan monitor dengan memeriksa kontrol kecerahan di panel depan monitor. Selanjutnya, pastikan monitor dicolokkan dan lampu menyala di dekat tombol daya. Terakhir, lepaskan kabel monitor. Anda akan melihat gambar diagnostik di layar, yang menyatakan sesuatu seperti "Tidak Ada Sinyal". Ini menunjukkan monitor baik-baik saja dan kabel menampilkan video.

Anda dapat memecahkan masalah tanpa video di layar, Anda dapat memasuki mode resolusi rendah untuk melihat apakah ada masalah dengan driver Anda. Anda dapat melakukan ini di Windows 7 dan Sistem Operasi sebelumnya dengan memulai ulang PC dan mengetuk tombol F8. Anda harus melihat menu berikut. Pilih layar Advanced Boot Options, gunakan tombol panah untuk menyorot Enable low-resolution video (640 × 480) . Anda kemudian akan ingin masuk ke akun yang memiliki hak admin.

Tidak Ada Video Di Monitor

Untuk Windows 8 dan Windows 10 , Anda harus masuk ke Opsi Menu Booting Lanjutan dengan menahan tombol shift dan memulai ulang komputer.

Jika Anda tiba-tiba dapat melihat Desktop, masalah tidak ada video di monitor ada pada adaptor video Anda. Coba perbarui driver. Anda dapat mengunjungi produsen kartu video atau PC dan mendapatkan driver untuk model Anda. Unduh driver dan perbarui melalui Device Manager dari Control Panel.

Tidak Ada Input Video Pada Monitor

Jika cara di atas tidak berhasil, coba pemulihan sistem. Ini harus berfungsi jika Anda sebelumnya memiliki tampilan dan dapat masuk ke Mode Aman. Untuk masuk ke Safe Mode, ketuk tombol F8 saat boot dan pilih Safe Mode dari opsi boot. Setelah Safe Mode dimuat, buka tombol Start, All Programs, Accessories, System Tools, System Restore. Anda akan ingin mengembalikan komputer ke tanggal ketika Anda tahu layar berfungsi dengan baik.

Komputer akan reboot. Anda sekarang harus dapat melihat Desktop. Jika Anda masih tidak memiliki input video di monitor, baca tutorial perangkat keras kami yang lain atau bergabunglah dengan forum gratis kami untuk bantuan tambahan.

Komputer Anda macet

Komputer macet – saat mouse tidak lagi bergerak, keyboard tidak berfungsi dan tidak ada yang terjadi di layar – dapat disebabkan oleh panas berlebih atau hard drive yang buruk. Bersihkan kipas seperti yang ditunjukkan di atas, lalu jalankan pengujian hard drive.

PC Anda Memiliki Virus

Tanda-tanda kegagalan komputer mungkin hanya karena infeksi virus. Performa yang buruk, pop-up, dan pengalihan browser semuanya bisa menjadi tanda komputer Anda terserang virus. Virus komputer tidak hanya merupakan risiko keamanan yang signifikan, tetapi memiliki virus di PC Anda dapat membuatnya hampir tidak berguna. Jika Anda melihat Anda memiliki virus, Anda harus melakukan apa pun untuk menghapusnya. Ini biasanya memerlukan beberapa jam pemindaian dan boot ulang untuk akhirnya membersihkan sistem, atau Anda dapat membutuhkan satu jam untuk mengatur ulang PC kembali ke default pabrik menggunakan partisi pemulihan pada hard drive atau dengan menggunakan disk instalasi Windows asli jika Anda memilikinya .

Anton Widodo
Anton Widodo Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Posting Komentar untuk "Tanda Awal Komputermu Perlu Diperiksa Kesehatannya"