b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Sekilas Tentang BIOS ( firmware pada chip yang terletak di motherboard )

Sekilas Tentang BIOS ( firmware pada chip yang terletak di motherboard  )

Bagi sebagian orang, BIOS adalah bagian komputer Anda yang misterius dan menakutkan . Ini berbunyi bip dan berkedip informasi saat komputer Anda boot, tetapi bukan sesuatu yang biasanya Anda harus berinteraksi dengannya. Jika Anda memang harus masuk ke pengaturan BIOS, Anda akan dihadapkan dengan pengaturan yang belum pernah Anda lihat atau dengar sebelumnya – pengaturan yang dapat menyebabkan sistem Anda tidak pernah bisa boot lagi. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang BIOS komputer Anda , semoga FAQ ini dapat membantu.

Apa itu BIOS

BIOS (Basic Input / Output System) adalah firmware yang berada pada chip yang terletak di motherboard Anda. Ada beberapa produsen BIOS teratas, seperti AMIBIOS, Award, Phoenix, IBM, dan bahkan Macintosh. BIOS bertanggung jawab untuk menginisialisasi perangkat, seperti kartu video, mouse, keyboard, dan drive hard disk Anda. Ini akhirnya menyerahkan kendali ke hard drive yang berisi Sistem Operasi Anda. Tanpa BIOS, komputer Anda tidak akan tahu apa yang harus dilakukan saat Anda menekan tombol daya .

BIOS dianggap sebagai firmware karena merupakan perangkat keras yang berisi perangkat lunak yang dapat ditimpa dengan versi baru saat dirilis.

Bagaimana cara masuk ke pengaturan BIOS saya

Jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan melihat tombol yang benar untuk menekan untuk masuk ke pengaturan BIOS Anda. Ini adalah salah satu hal pertama yang ditampilkan saat Anda mem-boot komputer. Jika Anda tidak melihat opsi itu, Anda dapat mencoba mengetuk tombol berikut saat pertama kali menyalakan komputer: Hapus, F10, F1, F2 atau ESC.

Mengapa Saya Mendapat Pesan Tekan F1 Untuk Melanjutkan

Anda mungkin mendapatkan pesan ini karena baterai CMOS Anda telah mati atau sistem Anda diatur untuk berhenti memuat ketika ada kesalahan. Masuk ke pengaturan BIOS Anda dan cari opsi Halt On . Mungkin disetel ke SEMUA Kesalahan. Ubah ke No Error dan tekan F10 untuk menyimpan dan keluar.

Bisakah Saya Mengganti BIOS Saya

Tidak mungkin. Itu disolder ke motherboard. Anda dapat memutakhirkannya melalui pembaruan firmware yang disediakan oleh pabrikan motherboard Anda, tetapi jika chip rusak, kemungkinan besar akan lebih mudah dan lebih murah untuk mengganti seluruh motherboard.

Apakah ada password BIOS backdoor

Tidak. Jika Anda memiliki kata sandi BIOS yang terpasang di komputer Anda dan lupa kata sandinya, Anda mungkin dapat meresetnya melalui jumper pada motherboard. Kata sandi BIOS berbeda dengan kata sandi Windows. Hubungi pabrikan motherboard atau cari manual servis motherboard Anda secara online untuk instruksi spesifik tentang cara mereset kata sandi BIOS Anda.

Haruskah saya memperbarui BIOS saya

Ini pertanyaan yang sulit. Pembaruan firmware dilakukan untuk memperbaiki bug di BIOS atau untuk memperkenalkan fitur baru yang telah keluar sejak BIOS Anda diinstal pada motherboard. Pembaruan BIOS bisa salah dan pada dasarnya merusak komputer Anda. Kecuali Anda merasa perlu melakukannya, Anda tidak boleh mengambil risiko. Jika Anda merasa nyaman melakukan pembaruan, ya, Anda harus melakukannya. Periksa motherboard atau pabrikan komputer Anda untuk instruksi tentang cara melakukan ini.

BIOS saya berbunyi bip apa artinya

BIOS memiliki kemampuan yang sangat terbatas untuk berkomunikasi dengan Anda, jadi jika ada masalah terkadang akan menghasilkan kode bip. Beberapa produsen komputer juga akan mengintegrasikan LED di bagian belakang komputer untuk menampilkan masalah (Dell menggunakan lampu kuning atau hijau bertanda ABC dan D). Tetapi metode tradisional BIOS akan berkomunikasi dengan Anda adalah melalui kode bip. Kode ini khusus untuk pabrikan BIOS, jadi Anda perlu mengetahui BIOS apa yang Anda miliki di komputer Anda. Jika Anda tidak tahu, Anda dapat membuka casing dan mencari chip BIOS. Nama itu akan dicetak pada chip itu sendiri

Tip: Jika Anda baru saja berada di dalam casing, Anda mungkin tidak sengaja menyenggol memori atau kartu video. Atau jika Anda baru saja menginstal RAM, BIOS mungkin berbunyi bip karena memori baru buruk atau tidak kompatibel dengan komputer.

Kesimpulannya

BIOS merupakan bagian integral dari komputer Anda. Ini dapat digunakan untuk menentukan bagaimana komputer Anda melakukan boot dan bahkan mencegah perangkat keras muncul di Windows. Karena dapat menonaktifkan perangkat keras Anda, Anda tidak boleh mengubah konfigurasi kecuali Anda tahu apa yang Anda lakukan. Untungnya, BIOS memiliki opsi reset yang akan mengembalikannya ke keadaan semula jika Anda secara tidak sengaja mengubah pengaturan dan tidak dapat mengubahnya kembali. Hubungi pabrik komputer Anda atau rujuk ke manual servis Anda untuk detail spesifik tentang BIOS Anda.

Related Posts
Anton Widodo
Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Related Posts

Posting Komentar