Perlu Anda Ketahui Saat Ingin Membeli Monitor LCD

Perlu Anda Ketahui Saat Ingin Membeli Monitor LCD

Mengikuti semua perkembangan teknologi terbaru sering kali menantang dan jika Anda sedang mencari monitor LCD baru sekarang, Anda dapat dengan mudah kewalahan dengan pilihan yang Anda miliki. Monitor LCD tersedia dalam berbagai ukuran dan kisaran harga, dengan resolusi asli yang berbeda, kontras, kecepatan penyegaran layar, luminansi, dan hadir dengan beberapa fitur tambahan yang dapat membantu Anda memperluas fungsionalitasnya. Selain itu, Anda harus mempertimbangkan kebutuhan Anda sendiri, karena beberapa monitor bagus untuk gaming dan multimedia, sementara yang lain cocok untuk penggunaan sehari-hari di kantor.


Faktor yang Perlu Dipertimbangkan

Apa saja faktor yang harus Anda pertimbangkan saat membeli monitor LCD:

  • Harga - Membeli yang terbaik mungkin menggiurkan, tetapi Anda harus mencari monitor yang sesuai dengan anggaran Anda. Beruntung bagi kita semua, harga telah turun sedikit dalam beberapa tahun terakhir dan hari ini, Anda dapat menemukan monitor LCD yang layak hanya dengan $ 150. Model yang terjangkau pasti akan datang dengan spesifikasi yang lebih rendah, fitur tambahan yang lebih sedikit, dan tidak dapat bersaing dalam hal kualitas dan kinerja ke model kisaran teratas, tetapi mereka mungkin cukup untuk pengguna rata-rata dan ideal untuk berbagai jenis aplikasi. Di ujung lain spektrum adalah monitor LCD, yang harganya mencapai $ 3000, menghasilkan gambar yang luar biasa, dan yang dapat membantu videografer, fotografer, insinyur, dan prosesi lainnya menjadi lebih produktif.
  • Ukuran - Mulai dari 15 hingga 30 inci diagonal, monitor yang lebih besar biasanya lebih mahal, tetapi belum tentu lebih baik untuk semua pengguna. Monitor yang lebih besar memberi Anda area kerja yang lebih besar, tetapi monitor yang lebih kecil mungkin cocok untuk pengguna yang memiliki ruang kantor terbatas atau tidak memiliki kartu video yang cukup kuat yang dapat mendukung resolusi asli yang lebih tinggi dari LCD yang lebih besar.
  • Resolusi - Resolusi asli yang lebih tinggi memberikan pengalaman menonton yang lebih baik. Resolusi monitor LCD diukur dalam piksel dan resolusi asli adalah jumlah piksel fisik pada monitor. Selain resolusi asli, monitor LCD juga dapat menampilkan resolusi lain, tetapi ini dicapai dengan menskalakan gambar. Resolusi definisi tinggi penuh 1920 x 1080 memastikan kualitas yang sangat baik, tetapi monitor dengan resolusi asli 2560 x 1600 atau lebih tinggi juga tersedia.
  • Tingkat respons piksel - Diukur dalam milidetik, tingkat respons piksel mengacu pada kecepatan di mana piksel mampu mengubah warnanya. Tingkat respons piksel yang lebih tinggi memastikan bahwa tidak ada efek goresan atau bayangan saat gambar bergerak atau berubah ditampilkan.
  • Rasio aspek - kebanyakan monitor LCD memiliki rasio aspek 4: 3, tetapi beberapa model yang lebih baru memiliki 16: 9, yang merupakan format universal untuk film definisi tinggi.
  • Luminance - Kecerahan, yang dapat dihasilkan oleh monitor LCD. Pencahayaan diukur dalam candela atau nits per meter persegi dan sementara 500 nits atau lebih tinggi lebih baik untuk menonton film, 200-250 nits cukup untuk sebagian besar aplikasi lainnya.
  • Rasio kontras –Perbedaan antara putih paling putih dan hitam paling gelap. Rasio kontras yang lebih tinggi lebih disukai, tetapi beberapa produsen mencantumkan angka yang digelembungkan dan tidak berdasar.
  • Fitur tambahan - speaker internal, webcam tertanam, port USB, dan penyangga yang dapat disesuaikan adalah beberapa fitur tambahan yang patut dipertimbangkan. Beberapa monitor hadir dengan glossy, sementara yang lain memiliki layar pasangan dan setiap jenis memiliki kelebihan dan kekurangan.

Teknologi Panel LCD

Ada tiga teknologi panel LCD yang populer, yaitu TN (), VA (Vertical Alignment), dan IPS (In Plane Switching).

  • Panel TN adalah yang paling banyak digunakan karena harganya terjangkau dan memiliki tingkat respons yang tinggi, membuatnya sempurna untuk pengguna rata-rata dan juga para gamer. Namun, mereka pucat dibandingkan dengan dua jenis panel lainnya karena mereka harus menggunakan dithering untuk menampilkan 16,7 juta warna penuh dari standar warna 24-bit. Sudut pandang, reproduksi warna, dan rasio kontras panel TN juga lebih buruk daripada spesifikasi monitor VA dan IPS LCD yang sama.
  • Layar panel VA memiliki rasio kontras yang baik, yang menghasilkan tingkat hitam yang lebih baik, reproduksi warna yang lebih baik daripada panel TN, dan sudut pandang yang lebih lebar. Kerugian utama panel VA adalah "pergeseran warna", yang mengakibatkan hilangnya detail bayangan dan tingkat kecerahan yang tidak merata.
  • Monitor LCD IPS adalah yang teratas dari kisaran dan menawarkan reproduksi warna yang sangat baik, sudut pandang lebar, dan kualitas gambar yang luar biasa. Mereka juga memiliki tingkat respons yang memadai, yang hanya sedikit lebih rendah dari tingkat respons monitor TN. Kelemahan terbesar dari panel IPS adalah harganya yang tinggi, yang merupakan alasan utama mengapa monitor ini digunakan sebagian besar oleh para profesional, mencari kinerja terbaik.

Jenis Monitor

Tergantung pada tujuan penggunaan, monitor LCD dapat dibagi menjadi anggaran, profesional, game, dan multimedia.

Monitor LCD Anggaran

Sebagian besar adalah monitor panel TN, yang datang dengan sedikit atau tanpa fitur tambahan, memiliki dudukan yang kaku, dan paling mahal harganya beberapa ratus dolar. Meskipun tidak sempurna, mereka bisa lebih dari cukup untuk pengguna biasa atau untuk kantor.

Monitor LCD Profesional

Cocok untuk beragam aplikasi dan biasanya dikenali dari harganya yang lebih tinggi, jenis panel IPS, dudukan yang dapat disesuaikan, dan berbagai fitur tambahan seperti speaker internal, port USB, kamera web, dan garansi yang layak. Ini adalah monitor, yang menawarkan yang terbaik dalam hal kinerja, akurasi skala abu-abu, dan reproduksi warna.

Tampilan game

Tampilan gambar bergerak yang akurat sangat penting untuk monitor LCD gaming dan biasanya monitor ini memiliki waktu respons yang lebih cepat. Selain itu, monitor gaming harus memiliki rasio kontras yang lebih tinggi, resolusi asli 1280 x 1024 atau lebih tinggi, dan input digital yang berbeda.

Tampilan multimedia

Mirip dengan monitor LCD gaming, tampilan multimedia harus memiliki berbagai input seperti VGA, DVI, dan HDMI, yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan sumber yang berbeda ke monitor tersebut. Dua atau lebih port USB, speaker audio kelas atas, dan fitur tambahan seperti TV tuner, pembaca kartu built-in, atau webcam juga diinginkan.

Ada banyak pilihan berbeda saat membeli monitor LCD. Jika Anda mencari yang baru, semoga membaca panduan ini telah menjawab pertanyaan yang Anda miliki tentang LCD.

Anton Widodo
Anton Widodo Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Posting Komentar untuk "Perlu Anda Ketahui Saat Ingin Membeli Monitor LCD "