b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Mengenal Istilah Market Share

Mengenal Istilah Market Share

Sudahkah Anda mendengar istilah market share? Pangsa pasar atau market share adalah salah satu indikator kunci yang ada dalam persaingan bisnis, yang biasa digunakan untuk menghitung nilai dari penjualan, volume penjualannya, jumlah pelanggan, pesaing, dan lainnya. Namun demikian market share tidak bisa dijadikan indikator utama untuk penilaian dalam perkembangan perusahaan Anda. Masih banyak hal lain yang bisa digunakan dan menjadi indikator dalam perkembangan perusahaan. Memahami pasar dan persaingannya menjadi hal yang sangat penting bagi perusahaan, informasi seperti itu dinilai penting sehingga memungkinkan perusahaan untuk mengubah pasarnya menjadi lebih baik.

Pangsa pasar berguna untuk memberi tahu berapa porsi yang harus diambil, jika pasar dalam kondisi belum jenuh makan perusahaan peluang untuk mengambil alih dan memimpin industri pasar tertentu. Informasi terkait pangsa pasar sangatlah sulit jika tidak adanya informasi publik yang tersedia, terutama jika ada banyak perusahaan yang berada dalam lingkup industri pasar yang sama. Sehingga riset mendalam terkait hal tersebut untuk mencari peluang dalam pasar dan menyusun strategi sangatlah dibutuhkan.

Meski pangsa pasar tidak memberi angka secara pasti mengenai profitabilitas, ini lumayan membantu dalam hal wawasan terkait pendapatan, pertumbuhan, dan laba bersih dalam suatu perusahaan. Semakin besarnya perusahaan tentu semakin baik perusahaan dengan biaya yang lebih efisien. Bisa diartikan semakin besar perusahaan, semakin ekonomis juga perusahaan tersebut untuk menyediakan produk dan layanan kepada setiap pelanggannya.

Pengertian Market Share

Pangsa pasar atau dalam bahasa inggris disebut market share secara sederhana bisa diartikan sebagai seberapa besar sebuah perusahaan mendominasi pasar. Hal ini bisa dilihat dari perbandingan ukuran perusahaan dengan ukuran pasar, seperti menghitung nilai penjualan, volume penjualan, jumlah pelanggan, pendapatan, dan produksi.

Pangsa pasar adalah persentase dari total penjualan dalam industri yang dihasilkan oleh perusahaan tertentu. Pangsa pasar dihitung dengan mengambil penjualan perusahaan selama periode tersebut dan membaginya dengan total penjualan industri selama periode yang sama. Metrik ini digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang ukuran perusahaan dalam kaitannya dengan pasar dan pesaingnya. Pemimpin pasar dalam suatu industri adalah perusahaan dengan pangsa pasar terbesar.

Tujuan dan Manfaat Market Share

Market Share bisa dibilang menjadi indikator kunci dari daya saing pasar, seberapa baik suatu perusahaan melakukan penjualan dibandingkan penjualan oleh pesaing lain dalam sektor yang sama. Hal ini bisa menjadi catatan seberapa baik dan apa yang harus diubah oleh suatu perusahaan untuk lebih menguasai pasar. Cara ini juga memungkinkan Anda untuk menilai banyak sisi seperti pertumbuhan dan penurunan, trend yang sedang berlaku di pasaran, pelanggan hingga pesaing dengan bidang bisnis yang sama. Secara umum pertumbuhan dari penjualan yang didapat dari total pertumbuhan pasar secara keseluruhan akan lebih murah dan menguntungkan dibanding hasil yang didapat dari mengambil bagian para pesaing.

Market share dilengkapi dengan penghitungan ukuran perubahan pendapatan dalam penjualan, sehingga bisa membantu manajer untuk mengevaluasi permintaan total dan selektif pada pasar milik mereka. Bisnis dengan pangsa pasar yang berada di bawah rata-rata rentan tidak bertahan lama, karena produk yang dimiliki serta trend yang sedang berjalan di pasar menjadi salah satu indikator awal dari peluang atau mungkin permasalahan yang timbul di masa depan. Di satu sisi, kerugian yang dimiliki dalam pangsa pasar akan menjadi masalah yang serius dan dalam jangka panjang sehingga harus mengubah strategi yang sebelumnya sudah digunakan.

Pangsa pasar bisa menjadi suatu aset yang dibutuhkan oleh perusahaan untuk bersaing, namun menjadikan pangsa pasar sebagai tujuan utama atau kriteria dasar dalam mengambil kebijakan ekonomi perusahaan sangatlah tidak dibenarkan. Market share bisa dimanfaatkan sebagai dasar untuk mengukur performa perusahaan yang tengah asik bersaing sehingga mampu membantu pembangunan sistem perusahaan dalam membuat dan merumuskan kebijakan dengan landasan pertimbangan yang matang.

Strategi Meningkatkan Market Share

Beberapa strategi yang bisa dijalankan oleh perusahaan Anda untuk meningkatkan market share sendiri sebagai berikut.

Teknologi Baru

Inovasi atau menciptakan produk baru menjadi salah satu metode yang bisa perusahaan Anda lakukan untuk meningkatkan pangsa pasar atau market share, ketika perusahaan Anda membawa teknologi baru ke pasaran dimana teknologi tersebut belum ditawarkan oleh pesaing lain maka konsumen akan memiliki keinginan untuk membeli produk tersebut.

Kesetiaan Pelanggan

Memperkuat hubungan dengan pelanggan bisa melindungi market share sebuah perusahaan, karena hal ini mampu mencegah pelanggan lari ke pesaing lain yang senantiasa mengeluarkan penawaran baru. Perusahaan Anda bisa menggunakan taktik yang sama untuk menarik pelanggan di jalur yang aman, karena pelanggan yang puas dengan pengalaman mereka akan menceritakan sisi positif yang ia dapat dari perusahaan kita. Pangsa pasar yang terjadi sebab mulut ke mulut antara pelanggan bisa membantu meningkatkan pelanggan tanpa meningkatkan biaya pemasaran secara bersamaan.

Karyawan Berbakat

Pangsa pasar yang tinggi dari sebuah perusahaan hampir selalu memiliki karyawan yang berbakat, karyawan terbaik mampu mengurangi biaya yang harus dikeluarkan saat pergantian karyawan dan biaya pelatihannya. Untuk menarik karyawan-karyawan terbaik salah satu caranya adalah dengan memberikan penawaran gaji dan tunjangan yang bersifat kompetitif, perusahaan yang memiliki karyawan berbakat bisa fokus dalam mencurahkan sumber daya inti mereka.

Akuisisi

Metode paling pasti yang sering digunakan untuk meningkatkan pangsa pasar adalah dengan mengakuisisi pesaing, contoh nyata yang tampak saat ini seperti Facebook yang mengakuisisi Instagram dan WhatsApp untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan mengurangi pesaingnya.

Cara Menghitung Market Share

Cara termudah dalam menghitung pangsa pasar adalah dengan cara membandingkan jumlah total penjualan untuk suatu perusahaan kemudian membaginya dengan total penjualan di industri tersebut. Anda bisa mencoba untuk mengikuti langkah-langkah menghitungnya berikut.

Menentukan Pasar

Terlebih dahulu Anda harus menentukan pasar perusahaan dapat menentukan bagian-bagiannya yang mencakup area secara geografis, jenis produk yang dijual serta demografi pelanggan. Karena semakin spesifik pasarnya semakin baik juga daya saing pasar yang perusahaan tunjukkan.

Menentukan Periode

Selain menentukan pasar, periode penjualan juga harus ditentukan yang berguna untuk perbandingan yang dilakukan akan lebih valid hasilnya. Penentuan periode penjualan ini bisa berupa kuartal, satu tahun hingga beberapa tahun.

Memilih Metode Pengukuran.

Metode menghitung pangsa pasar dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama dengan melakukan penghitungan berdasarkan jumlah dari nit yang dijual oleh perusahaan sebagai persentase total unit yang dijual oleh perusahaan lain dalam industri yang sama. Untuk cara kedua adalah dengan cara membandingkan pendapatan perusahaan dengan pendapatan dari industri tersebut.

Menghitung Total Penjualan di Pasar

Ukuran dari pasar menunjukkan besar penjualan dari seluruh perusahaan yang berada dalam industri tersebut, Anda memerlukan banyak informasi untuk menghitung total penjualan di pasar. Informasi terkait hal itu dapat ditemukan pada laporan publik dari Asosiasi Perdagangan Industri yang bersangkutan, atau bisa juga didapat secara online melalui sumber-sumber penelitian seperti situs riset pasar, statistik pemerintah hingga berita. Anda harus mencari data yang kredibel sehingga data yang didapatkan terjamin keakuratannya.

Hitung Pangsa Pasar

Rumus untuk menghitung pangsa pasar adalah hasil pembagian total penjualan perusahaan dengan total pada industri tersebut dalam periode yang sudah ditetapkan oleh perusahaan termasuk ke dalam pangsa pasar. Dimisalkan total penjualan produk dari perusahaan tersebut adalah Rp 15 juta, dengan total penjualan semua produk dari perusahaan mencapai Rp 100 juta. Jadi pangsa pasar perusahaan tersebut berjumlah Rp 15 juta / Rp 100 juta atau sekitar 15 persen.

Kesimpulan dan Penutup

Pangsa pasar bisa menjadi indikator keberhasilan dari suatu perusahaan yang dibandingkan dengan kompetitornya, menggunakan analisis pangsa pasar bisa diketahui kekuatan dan kelemahan dari pangsa pasar itu sendiri. Pangsa pasar juga mumpuni digunakan untuk membandingkan perusahaan yang serupa dalam satu industri yang sama, menggunakan analisis pangsa pasar dalam beberapa periode juga berguna untuk melihat seberapa baik kinerja perusahaan kepada pesaingnya dan melihat apakah perusahaan tersebut mengalami pertumbuhan.

Pangsa pasar bisa ditingkatkan oleh perusahaan dalam beberapa periode secara berturut, untuk perusahaan yang berhasil melakukannya dapat dikatakan bahwa perusahaan tersebut mampu membuat dan memasarkan produk yang diminati oleh pelanggan pasarnya. Untuk meningkatkan pangsa pasar secara efektif, perusahaan haruslah memiliki gambaran estimasi yang akurat tentang besarnya pasar dari produknya dengan besarnya pangsa pasar. Anda juga bisa mempelajari dan mengenali pesaing terdekat atau yang terkenal untuk mengetahui bagaimana mereka mendapatkan pangsa pasar, karena semakin baik memahami pesaing bisa mempermudah untuk mengambil pelanggan yang mereka miliki.


idcloudhost

Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar