b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Masalah Umum Pada Printer

Solusi Masalah Umum Pada Printer

Jika printer Anda tidak mau mencetak, ada beberapa tip pemecahan masalah yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah umum pencetakan. Karena ada begitu banyak alasan mengapa ini mungkin terjadi, jalankan melalui opsi berikut sampai Anda menemukan resolusi yang sesuai dengan masalah Anda. Seringkali lebih cepat dan lebih mudah untuk mencopot pemasangan printer dan menginstalnya kembali. Jika Anda memiliki pencetak USB dan Sistem Operasi Windows modern, biasanya yang perlu Anda lakukan hanyalah mencolokkan kabel USB dan pencetak akan dipasang secara otomatis. Namun, dalam banyak kasus, Anda perlu menginstal driver khusus model untuk printer Anda.

Langkah-langkah Untuk Memperbaiki Masalah Umum Printer

  1. Mulai ulang semua perangkat
  2. Jika boot ulang komputer dan printer gagal, cabut kabel USB printer.
  3. Colokkan kabel USB ke port lain dan lihat apakah sudah ditemukan kembali.
  4. Jika pencetak terlihat tetapi tidak terpasang dengan benar, cabut lagi.
  5. Kunjungi situs web produsen printer dan unduh perangkat lunak driver dan instal.
  6. Colokkan kembali kabel USB.
  7. Printer HP tidak mau mencetak

Perbaiki Masalah Printer Jaringan Umum

Jika pencetak ini adalah pencetak jaringan, Anda harus mencoba menggunakan perintah ping terlebih dahulu untuk menguji koneksi Anda ke perangkat. Misalnya, jika alamat IP printer 192.168.1.10, Anda akan pergi ke Start> Run dan ketik cmd dan tekan enter. Saat diminta, Anda akan mengetik ping 192.168.1.10 dan tekan enter. Jika tidak mendapatkan respon, anda dapat mencoba mematikan printer, tunggu beberapa menit, kemudian hidupkan kembali. jika printer terhubung ke sakelar atau dengung, Anda dapat mencoba mencabut hub dan menyambungkannya kembali. Tidak jarang perangkat jaringan menjadi bodoh tanpa alasan. Jika Anda masih tidak dapat melakukan ping ke printer, alihkan melalui pengaturan untuk mengonfirmasi pengaturan jaringan printer sudah benar.

Tip: Tetapkan alamat IP di atas kisaran DHCP router. Anda mengatur kisaran DHCP di konfigurasi router. Rentangnya adalah alamat IP yang akan digunakan router secara dinamis. Misalnya, jika Anda hanya memiliki maksimal 20 perangkat jaringan di rumah Anda, Anda dapat mengatur kemarahan DHCP dari 192.168.1.1 ke 192.168.1.29. Anda kemudian dapat mengatur alamat IP statis printer Anda ke 192.168.1.30. Selain itu, Anda dapat menyetel printer berjaringan lainnya di jaringan ke kisaran 192.168.1.30 hingga 192.168.1.39 sehingga Anda selalu tahu di mana menemukan printer Anda di jaringan.

Catatan: Jika printer Anda tampak offline, ada masalah jaringan lain yang mungkin menyebabkan ini: Komputer mungkin mengirim file besar ke printer (seperti PDF atau gambar) dan printer tidak dapat menahannya. Atau komputer mencoba mengirim pekerjaan cetak ke komputer yang tidak dapat menangani ukuran kertas.

Printer Lokal Tidak Akan Mencetak

Jika printer Anda tidak dapat mencetak dan secara fisik terpasang ke PC Anda, coba cabut kabel dan pasang kembali. Perangkat USB akan muncul ketika mereka terhubung atau diputuskan oleh jam sistem di sudut kanan bawah. Jika Anda tidak melihatnya dikenali saat Anda mencolokkannya kembali, Anda mungkin mengalami masalah driver dan perlu menghapus instalan printer sepenuhnya dan perangkat lunak apa pun yang terkait dengannya. Anda harus mencari driver printer yang lebih baru di situs web pabrikan.

Jika pencetak dikenali saat Anda mencolokkan kabel USB, buka opsi pencetak di Windows dan lihat apakah pencetak Anda memiliki pekerjaan yang macet di antrian. Jika ada pekerjaan yang macet, hapus semuanya. Terkadang Anda juga dapat menyelesaikan pekerjaan di printer. Anda mungkin perlu menekan Cancel Job beberapa kali hingga semua pekerjaan cetak dibatalkan.

Pastikan printer "online". Beberapa printer memiliki tombol untuk membuatnya offline. Status pencetak biasanya akan ditampilkan di layar pencetak dan juga di dalam Windows.

Hapus Pekerjaan Cetak Dari Antrian

Untuk membuka antrian, buka Start> Settings> Printers atau lihat saja di panel kontrol untuk ikon printer. Klik dua kali pada printer Anda dan itu akan membuka pekerjaan aktif. Jika ada lebih dari satu dalam antrian, biasanya Anda bisa lolos dengan menghapus pekerjaan teratas, karena itu menahan sisanya.

Aplikasi Subsistem Error Spooler Telah Mengalami Masalah Dan Harus Ditutup

Perbaiki kesalahan umum printer yang mungkin sering terjadi jika Anda mendapatkan pop-up. Jika Anda memulai komputer dan menerima pesan kesalahan “Aplikasi subsistem spooler mengalami masalah dan harus ditutup,” sepertinya Anda mengalami masalah dengan driver atau layanan printer yang bentrok dengan printer yang baru diinstal. Jika Anda menerima kesalahan ini, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengatasinya dengan menghapus jejak apapun dari printer sebelumnya dan layanan mereka. Ketika Anda menghapus printer dari bagian Printers di Windows, itu mungkin tidak menghapus layanan yang diinstal bersama dengan printer tersebut selama proses penginstalan.

Hapus Layanan Printer di Windows

Untuk mematikan layanan yang mungkin menyebabkan Anda mendapatkan kesalahan spooler, klik tombol Start, lalu klik kanan My Computer dan pilih Manage. Di bawah Layanan dan Aplikasi, gulir ke bawah hingga Anda menemukan sesuatu yang menyerupai printer lama Anda. Misalnya, jika Anda menginstal printer Lexmark, Anda mungkin melihat layanan Server LexBce sedang berjalan. Untuk mematikan layanan ini, klik kanan layanan dan pilih Properties. Di bawah jenis Startup , pilih Dinonaktifkan. Di bawah Status layanan , pilih Berhenti dan kemudian klik OK.

Aplikasi Subsistem Spooler Telah Mengalami Masalah Dan Harus Ditutup

Sekarang Anda dapat mencoba memulai ulang Print Spooler Service. Cari layanan Print Spooler dari area yang sama, klik kanan dan pilih Properties. Di bawah Jenis startup , pilih Otomatis. Di bawah Status layanan , pilih Mulai.mulai print spooler

Anda seharusnya tidak lagi melihat kesalahan Aplikasi Subsistem Spooler Telah Mengalami Masalah dan Perlu Ditutup saat Anda memulai ulang komputer atau mencoba memasang pencetak baru.

batalkan pekerjaan cetak

Perbaiki Masalah Umum Kualitas Cetak

Masalah kualitas printer bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kepala kotor, toner menipis atau bahkan kertas murah. Menentukan penyebab masalah adalah langkah pertama. Mempelajari cara memperbaiki masalah kualitas cetak adalah langkah kedua. Sebagian besar masalah kualitas dapat diatasi dengan cepat dengan menjalankan semua tugas perawatan dalam opsi menu printer. Opsi perawatan biasanya akan membersihkan dan menyelaraskan kembali print head dan ini cukup sering untuk menyelesaikan masalah. Tetapi jika Anda mengalami masalah yang berbeda, seperti karakter cacat atau latar belakang abu-abu, Anda mungkin perlu memperbaiki printer Anda atau menyesuaikan pengaturan dalam perangkat lunak.

  • Hasil cetak tipis atau pudar - Ini biasanya dapat diperbaiki dengan mengganti kartrid, atau jika ini adalah printer laser, Anda dapat melepas toner dan mengocoknya. Ini akan mendistribusikan ulang toner dan memungkinkan Anda untuk melanjutkan pencetakan normal sampai kartrid dapat diganti.
  • Toner Speck pada kertas - Masalah ini sering kali disebabkan oleh toner yang tumpah. Buka printer, keluarkan kartrid dengan hati-hati, dan berikan sedikit semburan udara terkompresi. Sering menjalankan beberapa halaman atau mengetik juga akan memperbaiki hal ini. Jika masih berlanjut, ganti kartrid toner.
  • Goresan atau garis - Goresan dapat diatasi dengan membersihkan bagian dalam printer atau dengan mengganti kartrid.
  • Tipe bengkok - Periksa untuk memastikan pemandu Anda disetel dengan benar dan semua roller serta mekanisme mengemudi lainnya berfungsi dengan baik. Selain itu, periksa untuk memastikan stok kertas yang digunakan benar.

masalah kualitas printerKertas berkerut - Hal ini dapat disebabkan oleh kelembapan yang tinggi. Anda juga dapat mencoba membalikkan stok dan melihat apakah itu membantu.

Masalah kualitas printer lainnya dapat diperbaiki melalui pengaturan printer. Di Windows, klik kanan printer dan pilih Printing Preferences. Dari sini, Anda akan dapat menentukan kualitas (DPI) atau orientasi dan skala pekerjaan cetak. Pengaturan yang salah di sini dapat menggantikan pengaturan perangkat keras printer. Jadi jika satu komputer dapat mencetak tanpa masalah sementara yang lain mengalami masalah, maka pengaturan perangkat lunak mungkin alasannya.

Service Printer Untuk Memperbaiki Masalah Kualitas Printer

Meskipun Anda dapat memperbaiki masalah kualitas printer yang umum menggunakan teknik di atas, beberapa printer perlu diservis berdasarkan masalah tersebut. Jika Anda memiliki masalah dengan roda gigi atau roller, Anda dapat memesan suku cadang, tetapi mengganti suku cadang itu seringkali merupakan tugas yang rumit. Jika demikian, Anda perlu mempertimbangkan biaya perbaikan versus biaya penggantian. Printer lama menjadi terlalu mahal untuk diperbaiki dan dirawat, dan seiring dengan peningkatan teknologi, printer laser semakin murah dan menggantikan model ink jet di bawah standar.

Printer Mencetak Huruf  Tak Jelas

Masalah pencetakan lainnya adalah jika pekerjaan Anda keluar dengan omong kosong – yang biasanya berupa karakter ASCII yang terdiri dari bentuk dan simbol alih-alih teks, maka Anda perlu memastikan printer diatur untuk mencetak postscript. Kecuali jika disetel sebaliknya, printer laser kelas atas akan memiliki kepribadian yang disetel ke AUTO, yang berarti ia memiliki kemampuan untuk beralih antara mode postscript dan non-postscript. Dimungkinkan juga untuk menginstal driver yang bukan postscript, jadi jika Anda mengalami masalah saat pertama kali menginstalnya, cari driver lain yang menentukan PS.

Jika Anda masih memecahkan masalah printer, coba hapus instalan printer sepenuhnya dalam Microsoft Windows. Buka situs web produsen dan unduh driver terbaru, kemudian instal ulang printer menggunakan driver terbaru dan uji lagi. Kemungkinannya adalah, driver belum diperbarui, tetapi mungkin telah diperbarui sejak printer Anda dikirim dan masalah yang Anda alami mungkin telah diperbaiki dalam pembaruan tersebut.

Printer Sering Macet

Anda dapat memperbaiki masalah umum printer, seperti kertas macet, dengan mempersempit sumber masalahnya. Kemacetan kertas dapat terjadi jika Anda pernah mengalami kemacetan sebelumnya dan masih ada serpihan kotoran yang menempel di printer. Gunakan senter untuk memeriksa seluruh mekanisme untuk memastikan tidak ada kertas yang tertinggal di dalam. Ini juga bisa terjadi jika roda gigi internal rusak. Anda akan sering melihat satu sisi diberi makan lebih cepat dari yang lain. Sayangnya, printer rumahan tidak dibuat untuk diservis dan biasanya lebih murah untuk diganti daripada diservis secara profesional.

Related Posts
Anton Widodo
Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Related Posts

Posting Komentar