b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Gejala Kerusakan Umum Pada Power Suplay Komputer

 

Gejala Kerusakan Umum Pada Power Suplay Komputer

Power supply (PSU) adalah bagian dari komputer yang banyak dianggap sebagai kasus karena mereka datang dengan banyak casing. Ini adalah komponen terpisahnya sendiri. Power supply komputer Anda bertanggung jawab untuk menyediakan motherboard Anda dan komponen lainnya dengan tegangan DC yang sangat spesifik dalam kisaran 12V, -12V, + 5V, + 5VBs dan + 3,3V. Jika voltase tersebut berfluktuasi, komputer Anda mungkin tidak bisa boot atau rusak. Jadi memiliki PSU yang berkualitas sama pentingnya dengan memiliki prosesor yang cepat. Jika catu daya rusak, Anda tidak boleh mencoba memperbaiki catu daya komputer, karena PSU tidak mahal dan mudah diganti.

Kipas catu daya saya tidak bergerak. Bisakah saya menggantinya?

Anda bisa jika Anda memiliki pengalaman bekerja dengan besi solder, tetapi kami menyarankan untuk tidak melakukannya karena kipas bahkan mungkin bukan sumber masalahnya. Itu juga berbahaya. Anda dapat dengan mudah mengganti seluruh PSU dengan sedikit uang.

Pasokan daya komputer kami gagal. Jenis apa yang harus saya dapatkan?

Anda mungkin akan menemukan catu daya Anda adalah catu daya ATX standar dengan konektor 20-pin tunggal ke motherboard. Anda harus menggantinya dengan salah satu watt yang sama atau lebih besar. Menghabiskan lebih banyak untuk catu daya dengan watt yang lebih besar tidak akan meningkatkan kinerja, hanya memungkinkan Anda menjalankan lebih banyak perangkat. Cari merek ternama seperti Antec atau Thermaltake.

Apakah ada cara mudah untuk menguji catu daya saya?

Yang harus Anda lakukan adalah mencolokkan catu daya ke adaptor dan menyalakannya. Perangkat akan langsung memberi tahu Anda jika catu daya buruk. Jika Anda memiliki multimeter, Anda juga dapat menguji voltase.

Mengapa saya tidak dapat mematikan komputer saya saat macet? 

Saya harus menggunakan sakelar catu daya di bagian belakang. Coba tahan tombol daya depan selama lima atau enam detik. Hanya menekan tombol tidak akan mematikan PC, karena ini bukan sakelar pegas yang memiliki On dan Off. Dengan menahan tombol selama beberapa detik, komputer tahu untuk mematikan catu daya.

Saya baru saja memasang perangkat baru. Apakah penting steker listrik yang saya gunakan?

Tidak. Anda akan melihat bahwa catu daya Anda memiliki beberapa colokan yang tidak digunakan. Selama pas, tidak apa-apa untuk digunakan. Mungkin ada beberapa konektor aneh yang masuk ke kipas casing atau floppy drive, tetapi salah satu colokan 4 kabel dapat digunakan untuk perangkat seperti hard drive, drive CD dan DVD, kipas casing, dll.

Apa perbedaan antara catu daya modular dan non-modular? 

Catu daya modular adalah jenis catu daya yang memiliki kabel yang dapat dilepas. Catu daya non-modular sudah terprogram dengan kabel, apakah Anda membutuhkannya atau tidak. Catu daya modular memberi Anda kemampuan untuk memiliki interior casing yang bersih dengan aliran udara yang lebih baik.

Related Posts
Anton Widodo
Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Related Posts

Posting Komentar