Stretching dan Manfaatnya bagi Tubuh

Stretching dan Manfaatnya bagi Tubuh

Stretching umumnya dilakukan sebagai gerakan pemanasan dan pendinginan saat berolahraga. Kendati demikian, stretching juga bisa dilakukan walau Anda tidak sedang berolahraga. Anda justru disarankan untuk melakukan stretching atau peregangan setidaknya 2 kali dalam seminggu, masing-masing selama 60 detik

Stretching atau peregangan otot adalah aktivitas yang dilakukan untuk menjaga otot-otot tubuh tetap lentur, kuat dan, sehat. Terdapat beragam jenis stretching yang bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Mari simak penjelasannya di bawah ini.

Jenis-Jenis Stretching

Ada banyak jenis stretching yang bisa Anda coba. Di bawah ini adalah beberapa yang paling umum:

1. Static stretching

Ini adalah jenis stretching yang paling umum dan dianggap paling aman untuk meregangkan otot-otot tubuh. Peregangan statis (static stretching) biasanya digunakan untuk meningkatkan panjang, kekuatan, dan kelenturan otot. Peregangan ini sangat cocok untuk dilakukan setelah Anda selesai berolahraga.

Static stretching dilakukan dengan meregangkan kelompok otot yang ditargetkan hingga Anda merasakan otot tersebut menegang. Tahan posisi tersebut selama 15–60 detik.

2. Dynamic stretching

Tidak seperti static stretching, peregangan dinamis (dynamic stretching) dilakukan dengan cara melakukan gerakan tertentu sebanyak 10–12 kali pengulangan dan meningkatkan jangkauannya di setiap gerakan.

Gerakan stretching bisa disesuaikan dengan olahraga yang akan dilakukan. Contoh dynamic stretching adalah gerakan memutar bahu dan tangan yang sering dilakukan oleh para perenang.

3. Proprioceptive neuromuscular facilitation (PNF)

PNF adalah jenis peregangan otot yang dilakukan untuk meningkatkan fleksibilitas dan rentang gerak tubuh dengan lebih maksimal.

Stretching jenis ini dimulai dengan meregangkan otot seperti biasa. Setelah itu, kencangkan otot yang sedang diregangkan tanpa bergerak, tahan selama 6–10 detik, lalu lepaskan. Ulangi gerakan ini dengan jangkauan peregangan otot yang semakin jauh di tiap gerakannya.

4. Balistic stretching

Peregangan balistik (balistic stretching) adalah jenis stretching yang biasa dilakukan oleh para atlet, karena peregangan ini bisa meningkatkan performa mereka dalam melompat atau menendang. Ini adalah jenis stretching intens yang menggunakan gerakan memantul dan menyentak untuk mendorong otot melampaui rentang gerak normalnya.

Contoh balistic stretching adalah gerakan menyentuh jari kaki yang dilakukan dengan cara menyentakkan kaki ke arah telapak tangan. Stretching jenis ini biasa dilakukan oleh atlet sepak bola sebagai gerakan pemanasan.

Manfaat Stretching bagi Tubuh

Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dari stretching:1

1. Meningkatkan fleksibilitas

Stretching yang dilakukan secara teratur bisa membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh Anda secara keseluruhan. Dengan tubuh yang lentur, melakukan aktivitas sehari-hari juga akan terasa lebih mudah dan nyaman. Selain itu, peningkatan fleksibilitas juga dapat menurunkan risiko kesulitan bergerak akibat penuaan.

2. Mengurangi stres

Gaya hidup yang cenderung tidak banyak bergerak bisa menyebabkan otot-otot menjadi menegang. Bila Anda sedang stres, otot-otot yang menegang ini bisa memperparah stres yang Anda alami.

Maka dari itu, dengan melakukan stretching secara rutin, otot-otot yang tegang dan kaku akibat tidak banyak bergerak bisa melemas, sehingga Anda bisa menjadi lebih rileks dan stres akan berkurang.

3. Memperbaiki postur tubuh

Ketidakseimbangan tegangan otot dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk, misalnya skoliosis. Dengan melakukan stretching, Anda bisa memulihkan kembali ketegangan otot-otot yang tidak seimbang. Jika dilakukan dengan rutin, stretching bisa membantu postur tubuh Anda menjadi lebih baik.

4. Meningkatkan aliran darah ke otot

Stretching juga bermanfaat untuk meningkatkan aliran darah ke otot-otot di seluruh tubuh. Jika aliran darah ke otot lancar, pemulihan otot setelah Anda melakukan berbagai aktivitas fisik, seperti berolahraga, bisa lebih cepat dan risiko nyeri otot juga akan menurun.

Berbagai manfaat stretching di atas bisa diperoleh bila Anda melakukannya secara rutin. Jika Anda bingung memilih jenis stretching yang tepat untuk Anda lakukan sehari-hari, terlebih jika Anda memiliki riwayat cedera atau kondisi medis tertentu, konsultasikanlah hal tersebut kepada dokter.

alodokter/dr. Meva Nareza

SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Stretching dan Manfaatnya bagi Tubuh"