Bagaimana Cara Memaafkan Diri Sendiri

Bagaimana Cara Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan diri sendiri bukan berarti kamu mengabaikan segala kesalahan yang pernah dilakukan. Ini juga sangat jauh prinsipnya dari sifat lemah. Memaafkan diri sendiri justru menunjukkan bentuk kekuatan yang nilainya sangat berharga untuk dimiliki.  

Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Namun, ada beberapa di antara kita yang cenderung sulit memaafkan diri sendiri. Padahal, memaafkan atau berdamai dengan diri sendiri sangat penting untuk mendapatkan ketenangan. Lantas, bagaimanakah cara untuk memaafkan diri sendiri?

Sikap ini merupakan bentuk kelapangan hati untuk menerima segala hal yang pernah terjadi dan melanjutkan hidup tanpa bayang-bayang kesalahan masa lalu. Di samping itu, memaafkan diri sendiri juga merupakan cara untuk mengembangkan potensi diri, meningkatkan kualitas hidup, serta menjaga kesehatan fisik dan mental.

Cara Sederhana untuk Memaafkan Diri Sendiri

Memaafkan diri sendiri memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan waktu, proses, dan kesabaran yang ekstra untuk bisa berdamai dengan diri sendiri. Berikut ini adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk memaafkan diri sendiri:

1. Akui kesalahan dan jadikan pelajaran

Akui setiap kesalahan yang telah dilakukan. Pahamilah bahwa kesalahan, bahkan yang disebabkan oleh kelalaianmu, bukan merupakan tanda bahwa kamu gagal. Ini sama dengan jika kamu menyakiti perasaan orang lain. Sengaja atau tidak, ini tidak selalu menjadikanmu orang yang jahat.

Setelah mengakuinya, jadikanlah setiap kesalahan tersebut pembelajaran untukmu agar tidak terulang lagi. Cara ini akan membuatmu ingat bahwa kesalahan adalah hal yang wajar, sehingga kamu bisa memaafkan diri sendiri dan dapat melakukan hal yang lebih baik untuk kedepannya.

2. Fokus untuk memperbaiki diri

Merenungi setiap kesalahan yang dilakukan dapat menurunkan harga diri dan membuatmu menjadi menyalahkan diri sendiri. Daripada bersikap seperti ini, sadarilah bahwa yang sudah terjadi tidak akan bisa kamu perbaiki. Namun, kamu selalu bisa memperbaiki dirimu ke depannya.

Pahami secukupnya apa yang perlu kamu kembangkan saat ini, agar kesalahan yang sama tidak terjadi lagi. Kamu juga bisa mencoba hal-hal baru yang positif dan sebelumnya belum pernah kamu lakukan. Mungkin saja, kamu bisa membuka kesempatan di bidang lain.

3. Hilangkan pikiran negatif

Hal negatif yang ada di pikiran tentu dapat menyulitkanmu untuk memaafkan diri sendiri. Namun, terkadang pikiran-pikiran ini terasa wajar untukmu. Kamu bahkan mungkin tidak sadar betapa kerasnya pikiranmu terhadap dirimu sendiri.

Coba tulis di buku harian semua pikiran-pikiran yang terbesit di benakmu, pisahkan pikiran yang positif dan negatif, kemudian baca ulang tulisan tersebut. Dengan cara ini, kamu bisa sadar bahwa pikiran-pikiran yang menghalangimu untuk memaafkan diri sendiri ini tidak benar.

Selain itu, berbagi cerita dengan teman dekat atau keluarga serta melakukan positive self-talk juga dapat menjauhkanmu dari pikiran negatif.

4. Belajar untuk mencintai diri sendiri

Umumnya, seseorang akan lebih mudah memaafkan suatu kesalahan dari orang yang dicintai. Nah, agar bisa memaafkan dirimu, cobalah belajar untuk mencintai diri sendiri. Sikap ini juga merupakan bentuk kasih sayang terhadap diri sendiri dan menerima segala kekurangan yang dimiliki.

Perlakukanlah dirimu sebagaimana kamu memperlakukan orang lain. Berikan dirimu hadiah sebagai bentuk penghargaan atas semua pencapaian yang telah kamu raih. Selain itu, lakukan sesuatu yang kamu sukai dan wujudkan hal-hal yang kamu impikan. Dengan begitu, hidupmu jauh akan lebih menyenangkan dan bahagia.

Memaafkan diri sendiri memang tidaklah mudah dan butuh waktu, terlebih jika permasalahan yang dihadapi sangat rumit. Namun, sadarilah bahwa dirimu juga berhak untuk bahagia.

Jika setelah menerapkan cara di atas kamu masih saja belum bisa memaafkan diri sendiri, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan psikolog. Dengan batuan tenaga profesional, kamu bisa mendapatkan saran dan terapi yang tepat untuk dapat berdamai dengan diri sendiri.

alodokter

SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Memaafkan Diri Sendiri"