Tokoh Dalam Harry Potter Yang Berasal Dari Nama Dalam Ilmu Astronomi - SouletZ
b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Tokoh Dalam Harry Potter Yang Berasal Dari Nama Dalam Ilmu Astronomi

 

Tokoh Dalam Harry Potter Yang BerasalD ari Nama Dalam Ilmu Astronomi



Untuk para penggemar Harry Potter pasti sudah tidak asing lagi dengan nama-nama tokoh dalam buku seri karangan J.K. Rowling ini, seperti Ron Weasley, Luna Lovegood, Hermione Granger, dan yang lainnya. Selain nama-nama tersebut murni merupakan nama karangan, ternyata J.K. Rowling juga menggunakan istilah-istilah astronomi untuk tokoh-tokoh dalam novelnya. 


1.      Sirius Black

Ayah baptis Harry Potter yang juga merupakan sahabat James Potter ini merupakan seorang animagus yang dapat berubah menjadi Anjing. Tak heran karena Sirius merupakan nama salah satu bintang dalam rasi Canis Major yang berarti Anjing Besar (Great Dog). Sirius merupakan bintang paling dekat dengan Matahari serta merupakan bintang paling terang di langit dengan kecerlangannya 26 kali lebih terang dari Matahari.


2.      Regulus Arcturus Black

Dalam buku serta film Harry Potter and Half-Blood Prince disebutkan salah satu tokoh bernama Regulus Arcturus Black yang merupakan saudara dari Sirius Black. Serupa dengan tokoh Sirius Black, nama Regulus Acturus berasal dari nama dua bintang yang berasal dari rasi yang berbeda. Regulus (Alpha Leonis) merupakan bintang paling terang dalam rasi Leo dan bintang paling terang ke 22 di langit, sedangkan Arcturus adalah bintang paling terang dalam rasi bintang Bootes.


3.      Bellatrix Lestrange

Tokoh ini pasti sudah tidak asing lagi, mengingat Bellatrix merupakan pengikut paling setia Voldemort yang masih berkerabat dengan Sirius Black. Bellatrix (Gamma Orionis) yang berarti Prajurit Wanita (The Female Warrior) adalah nama salah satu bintang paling terang ketiga penyusun rasi Orion.


4.      Andromeda Tonks

Tonks adalah istri dari Remus Lupin yang mati pada peperangan terakhir melawan Voldemort. Nama tokoh ini berasal dari nama galaksi Andromeda (NGC 224) yang merupakan galaksi terdekat dengan galaksi Bima Sakti.


5.      Cygnus Black

Dalam bukunya, tokoh ini tidak banyak diceritakan. Cygnus Black merupakan ayah dari Narcissa (Ibu dari Draco Malfoy), Andromeda dan Bellatrix. Cygnus adalah nama rasi bintang berbentuk angsa.


6.      Alphard Black

Alphard adalah paman dari Sirius Black yang namanya berasal dari nama bintang Alphard (Alpha Hydrae) dalam rasi bintang Hydra the Water Snake. Bintang Alphard yang dalam bahasa arab disebut Al-Fard dapat terlihat berwarna jingga dapat ditemukan tidak jauh dari bintang Regulus. 


7.      Remus Lupin

Remus Lupin yang juga merupakan sahabat dari James Potter diceritakan sebagai manusia serigala yang dapat berubah ketika bulan purnama. Sama halnya dengan Sirius, perubahan yang terjadi pada Remus Lupin sesuai dengan namanya yang berhubungan dengan hewan serigala. Nama Remus berasal dari nama salah satu bulan dari asteroid 87 Sylvia yang dalam mitologi Romawi, tokoh Remus serta Remulus dibesarkan oleh serigala. Selain itu, nama Lupin juga berasal dari nama rasi bintang berbentuk serigala, yaitu Lupus (Lupi).


8.      Augusta Longbottom

Dari namanya kita tahu bahwa Augusta Longbottom adalah salah satu keluarga sahabat Harry, yaitu Neville Longbottom. Augusta adalah nenek dari Neville yang namanya diambil dari nama asteroid 254 Augusta.


9.      Scorpius Hyperion Malfoy

Scorpius Malfoy adalah nama anak laki-laki Draco Malfoy. Nama Scorpius Hyperion berasal dari dua nama astronomi, yaitu Scorpius dari rasi bintang Scorpio dan Hyperion yang merupakan salah satu bulan Saturnus. Rasi bintang Scorpio dapat dilihat di dekat pusat galaksi Bima Sakti.


10.  Draco Malfoy

Nama Draco Malfoy berasal dari salah satu rasi bintang paling awal ditemukan dalam catatan Astronomi. Draco berasal dari bahasa Latin yang berarti Naga. Bentuknya yang menyerupai ular mengingatkan kita pada asal asrama Draco Malfoy yang memiliki simbol ular yaitu Slytherin.


11.  Luna Lovegood

Luna Lovegood adalah salah satu sahabat Harry yang mulai diceritakan pada film Harry Potter and the Order of Phoenix. Nama Luna diambil dari kata Lunar yang berhubungan dengan Bulan.


12.  Merope Gaunt

Merope adalah bintang dari rasi Taurus yang berasal dari kelompok bintang Pleiades. Bintang Merope terlihat berkelip di langit dengan dikelilingi oleh Nebula Merope. Dalam kisah Harry Potter, Merope Gaunt dikisahkan sebagai ibu dari Tom Riddle (Voldemort)


13.  Aurora Sinistra

Aurora Sinistra adalah nama dari guru astronomi di Hogwarts yang namanya berasal dari salah satu fenomena atmosfer langka yang Aurora Borealis yang hanya terjadi di Kutub Utara.



serupedia/RyGa on 

Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar

Lazada Indonesia