Tipe Mahasiswa Saat Bikin Tugas

Tipe Mahasiswa Saat Bikin Tugas

Sejatinya, tugas yang diberikan dosen itu memang salah satu bentuk upaya supaya mahasiswa bisa belajar secara mandiri di rumah. Terlebih lagi pada saat kondisi pandemi seperti ini, banyak sekali mahasiswa yang mengeluh karena tugasnya jadi semakin banyak. Tapi dari situlah poinnya, tugas yang semakin banyak memang bertujuan supaya kita bisa belajar lebih banyak juga.berikut ini adalah tipe umum para mahasiswa saat mengerjakan tugas

  • Deadliner

Tipe mahasiswa yang pertama ini sepertinya adalah tipe yang menjadi tipe semua orang. Dia si deadliner, biasanya sih termasuk yang paling males kalau dapet tugas baru. Seperti gelar yang dimiliki, si deadliner ini nggak bisa mengerjakan tugasnya kalau nggak mepet deadline.

Biasanya sih, si deadliner ini merasa santai banget ketika baru mendapatkan tugas. Dengan pikiran “ah, dikerjain nanti juga selesai”. Hal tersebut yang membuat si deadliner ini lupa sampai waktu mendekati deadline. Baru deh tuh, buru-buru tugasnya dikerjain.

Ada juga nih yang biasanya ide dan kreatifitasnya belum muncul kalau nggak dalam kondisi terpepet. Alhasil, menjadi deadliner adalah jalan keluar dimana ketika mendekati deadline baru bisa berpikir dengan jelas.

  • Jalanin Aja Dulu

Kalau tipe mahasiswa yang kedua, si jalanin aja dulu ini cenderung santai tetapi tentu saja bukan termasuk kaum deadliner. Ketika mendapat tugas, si jalanin aja dulu ini hanya akan menarik napas panjang kemudian menghembuskan secara perlahan.

Biasanya di kepala si jalanin aja dulu ini sudah ada ide yang dapat dituangkan untuk tugasnya. Tetapi karena berprinsip “jalanin aja dulu”, dia nggak terlalu panik dan terburu-buru dalam menyelesaikan tugasnya. Bisa dimulai dengan membuat jadwal to do list misalnya.

Kemudian tipe si jalanin aja dulu ini akan mulai mencicil tugasnya sedikit demi sedikit. Karena sudah dicicil, otomatis tipe ini bakalan lebih santai ketika mengerjakan tugas. Tidak ada rasa tertekan atau stress ketika mengerjakan tugas karena mereka merasa lebih rileks dan santai. Buat kamu yang masih suka stress kalau ada tugas, yuk jadi tim jalanin aja dulu! Meskipun santai tapi tetap selesai!

  • Gampang Panik

Tipe mahasiswa selanjutnya ini adalah orang-orang yang gampang panik. Ketika baru mendapatkan tugas, orang-orang dengan tipe ini akan cenderung merasa panik dan merasa harus segera menyelesaikan tugas tersebut. Bahkan di beberapa kasus, orang dengan tipe gampang panik ini bisa langsung menyelesaikan tugasnya saat itu juga.

Tapi ada juga jenis panik yang berbeda, ada yang panik karena ternyata sudah dekat deadline tapi tugasnya belum tersentuh sama sekali. Berbeda dengan mahasiswa yang memang deadliner, mereka memang biasanya lebih nyaman mengerjakan tugas saat sudah dekat deadline. Sementara mahasiswa yang lupa dan baru ingat kalau tugasnya belum dikerjakan ini yang bikin panik.

Setelah panik, jadi nggak bisa menyelesaikan tugas dengan maksimal. Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk jangan menunda tugas-tugas yang sudah diberikan agar tidak lupa dan tidak menggunung ya!

  • Perfeksionis

Tipe yang terakhir ini yang selalu totalitas dalam setiap pengerjaannya. Dia bisa termasuk ke dalam tipe deadline maupun tipe yang jalanin aja dulu. Yang jelas, setiap pengerjaannya selalu ia kerjakan dengan maksimal.

Semisal outline yang diberikan dosen adalah A-B-C, tipe perfeksionis ini bisa nambah tugas jadi A-B-C-D. Orang yang perfeksionis juga nggak suka dengan tugas yang setengah-setengah, oleh sebab itu kebanyakan dari mereka rela membuat berlembar-lembar jawaban.

Tipe mahasiswa yang perfeksionis ini juga biasanya memiliki sisi unik dari setiap pengerjaan tugasnya sehingga ia bisa mendapatkan nilai tambahan dari dosen. Hal tersebut biasanya sudah menjadi kebiasaaan mereka sejak kecil sehingga mereka tetap ingin mempertahankan hal tersebut hingga dewasa. Tipe ini tidak menyebalkan kok, mereka justru tipe teman yang bisa membantu kamu

campuspedia

Anton Widodo
Anton Widodo Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Posting Komentar untuk "Tipe Mahasiswa Saat Bikin Tugas"