b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Thymol dan Terpineol untuk Kecantikan

Thymol dan Terpineol untuk Menyembuhkan Jerawat




Jerawat adalah masalah kulit yang sangat umum dialami banyak orang. Tak hanya di wajah, jerawat juga bisa timbul di punggung, dada, bahkan leher. Saat ini, sudah banyak produk sabun pembersih yang dibuat khusus untuk kulit berjerawat, di antaranya yang mengandung thymol dan terpineol.

Jerawat bisa timbul ketika pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, sel kulit mati, kotoran, atau bakteri. Namun, Anda tidak perlu terlalu khawatir, karena jerawat bisa ditangani dengan perawatan dan pengobatan yang tepat.


Mengenal Manfaat Thymol dan Terpineol untuk Menyembuhkan Jerawat 

Sabun pembersih wajah adalah salah satu bagian penting dari perawatan kulit. Dewasa ini, banyak produk sabun pembersih wajah yang menggunakan senyawa aktif dari ekstrak tanaman untuk menyehatkan kulit. Contohnya adalah senyawa thymol dan terpineol.


Manfaat Thymol dan Terpineol untuk Menyembuhkan Jerawat

Thymol adalah senyawa aktif dari ekstrak daun thyme, yang merupakan salah satu tumbuhan herbal dari keluarga mint. Penelitian membuktikan bahwa thymol memiliki sifat antioksidan dan antimikroba yang bermanfaat untuk membersihkan pori-pori kulit dari bakteri penyebab jerawat, sehingga risiko timbulnya jerawat bisa menurun.

Selain thymol, ada juga senyawa terpineol yang bisa didapatkan pada minyak esensial thyme, minyak esensial pohon teh, dan minyak esensial geranium. Terpineol dikenal dengan sifat antiseptik dan antiinflamasinya, yang terbukti mampu menyembuhkan kulit yang mengalami iritasi dan peradangan dengan lebih cepat.


Agar penyembuhan jerawat bisa lebih efektif, Anda bisa mencoba produk sabun perawatan yang mengandung thymol dan terpineol. Kombinasi dua senyawa ini sering disebut dengan Thymo-T essence.

Dengan kedua senyawa ini, diharapkan kulit menjadi lebih sehat dan bersih dari kotoran serta bakteri, dan juga bebas dari peradangan. Ini memungkinkan jerawat sembuh lebih cepat dan mencegah pertumbuhan jerawat baru.


Cara Lainnya untuk Menyembuhkan Jerawat

Thymol dan terpineol memang bisa jadi senjata yang tepat untuk menyembuhkan jerawat. Namun, kesehatan dan kebersihan kulit yang menyeluruh tidak boleh dilupakan. Berikut adalah teknik dasar perawatan kulit berjerawat:


Hindari menyentuh dan memencet jerawat.

Hindari menyentuh wajah bila tidak diperlukan.

Hindari membersihkan wajah dengan spons atau lap yang kasar

Bersihkan wajah 2 kali sehari dengan sabun pembersih wajah, yakni pada pagi hari setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

Gunakan pelembap untuk melindungi kulit dari dehidrasi, terutama jika Anda sedang menggunakan obat jerawat yang bisa membuat kulit menjadi kering.

Basuh wajah dengan air bersih setiap kali berkeringat.

Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih yang bertuliskan "broad-spectrum”, untuk perlindungan terhadap paparan sinar UVA dan UVB.

Gunakan make up yang berbahan dasar air atau make up dengan label non-komedogenik.

Walau thymol dan terpineol memang sudah terbukti manfaatnya bagi penyembuhan jerawat, Anda juga tetap harus berhati-hati dalam memilih sabun pembersih wajah atau produk perawatan wajah. Tidak semua bahan yang ada di dalam produk perawatan wajah cocok untuk kulit Anda, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Apabila Anda bingung atau ragu dalam memilih produk yang tepat untuk menyembuhkan jerawat, sebaiknya berkonsultasilah ke dokter kulit. Dengan begitu, dokter bisa memberikan pengobatan jerawat yang sesuai dengan kondisi kulit Anda.



alodokter/dr. Meva Nareza

Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar