Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing

Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing

Dimasa Pandemi Covid-19 yang masih belum tau kapan akan berlalu, banyak dari para penggiat usaha bertransformasi dari pasar offline ke pasar online dengan istilah lain Go Digital. selain karena sudah zamannya semua serba digital juga untuk mampu menembus pasar internasional. tentunya jika ingin lebih mengembangkan kepasar online tidak lepas dari memiliki media sosial dan memiliki situs / website online pula, agar mempermudah kostumer untuk melihat produk dan menimbulkan minat beli pada produk yang kita promosikan.

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang bagaimana " Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing " karena sebuah situs yang baik tidak lepas dari tampilan yang mudah di akses, domain yang mudah diingat, keamanan terpercaya saat bertransaksi serta kecepatan memuat produk yang kita tawarkan. paling penting bagi kita sebagai pemilik situs tersebut memudahkan menjalankan program melalui komputer yang telah terkoneksi satu sama lain pada waktu yang sama dengan nama lain disebut Teknologi Cloud Computing ( ini yang akan kita bahas ). Cloud computing mungkin masih samar terdengar bagi orang awam. Tetapi keberadaan cloud computing di era digital kini sebenarnya telah terasa di tengah masyarakat dalam kehidupan sehari hari seperti penggunaan email dan juga media sosial Bahkan website terkenal lain Bagi para pembaca yang belum tau apa itu Teknologi Cloud Computing. mari cari tau

Apa Itu Teknologi Cloud Computing :

Cloud Computing adalah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, di mana pengguna komputer diberikan hak akses (login). Bahkan dapat meminimalisir biaya pengeluaran dalam biaya usaha kita. Dalam Bahasa Indonesia, cloud computing dapat diartikan sebagai komputasi awan, yakni paduan teknologi yang memanfaatkan komputer (komputas atau computing) dan pengembangan berbasis internet (dalam hal ini disebut “awan” atau cloud). Jadi, cloud merupakan sebuah istilah yang diberikan untuk teknologi yang dapat diakses melalui jaringan internet.Cloud Computing memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk mengakses data dan informasi melalui internet. karenaa tanpa kita sadari sehari – hari kita telah bertukar informasi dan data menggunakan Cloud Computing

Manfaat dari Teknologi Cloud Computing : 

  • Semua Data Tersimpan di Server Secara Terpusat

  • Keamanan Data

  • Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi

  • Investasi Jangka Panjang

Bagaimana Cara Kerja Teknologi Cloud Computing :

Teknologi Cloud Computing menggunakan internet sebagai pusat server dalam mengelelola data. Serta memudahkan pengguna untuk login ke internet agar mendapatkan akses untuk menjalankan program atau aplikasi tanpa harus menginstall aplikasi tersebut di perangkat yang sedang digunakan. Karena tidak perlu melakukan installasi diperangkat yang sedang digunakan, media penyimpanan data dari pengguna juga disimpan secara virtual sehingga tidak akan terbebani dengan penggunaan memori yang ada di perangkat yang digunakan, Pengguna hanya memerlukan jaringan internet agar dapat menjalankan aplikasi tersebut. Peritah – perintah yang digunakan oleh pengguna tadi  selanjutnya akan dilanjutkan ke server aplikasi. Setelah perintah diterima di server aplikasi kemudian data diproses dan pada proses final pengguna akan disajikan dengan halaman yang telah diperbaharui sesuai dengan instruksi yang diterima sebelumnya sehingga konsumen dapat merasakan manfaatnya.

Contoh dari Cloud Computing adalah Yahoo, PDF Gmail, Google Drive.

Struktur Teknologi Cloud Computing :

  • Computer Front End : 

Biasanya merupakan Komputer desktop biasa dan muncul di halaman depan interface. Dalam hal ini Front End Cloud Computing merupakan sisi dari Client dan Cloud Computing Systemnya yang kemudian dibagi menjadi dua interface dan aplikasi yang disesuaikan dengan fungsi dan keperluan dari Cloud Computingnya.

  • Computer Back End : 

Computer back end adalah komputer skala besar yang biasanya berupa server computer yang dilengkapi dengan data center. Biasanya, computer back end harus mempunyai kinerja yang tinggi, karena harus melayani mungkin hinggga ribuan permintaan data.

  • Penghubung antara Keduanya : 

Perangkat yang sebagai penghubung keduanya bisa berupa jaringan LAN atau internet. Sehingga dalam hal ini perangkat dapat terkoneksi satu sama lainnya untuk dapat bertukar informasi dan data.( sumber

  Tipe Teknologi Cloud Computing 

1. Private Cloud

Private Cloud adalah penggunaan dari teknologi Cloud ini hanya digunakan oleh satu organisasi atau perusahaan saja secara private. Penggunaan Private Cloud ini banyak digunakan buat interaksi bisnis, yang sumber daya cloud-nya bisa diatur, dan dioperasikan hanya oleh organisasi atau perusahaan yang sama.

Private Cloud ini berarti sumber daya cloud-nya digunakan bagi satu organisasi tertentu saja (secara privat, tidak dibagi ke pengguna/organisasi lain). Metode ini lebih banyak digunakan buat interaksi semacam intra-bisnis, di mana sumber daya cloud-nya bisa diatur, dimiliki, dan dioperasikan oleh organisasi satu yang sama.

2. Community Cloud

Community cloud digunakan biasanya untuk penggunaan bagi komunitas, institusi atau organisasi. Contoh perusahaan yang menggunaka Cloud Computing adalah perusahaan bisnis yang mempunyai tujuan Bersama pada masing masing perusahaan. Cloud Computing bisa dikelola oleh internal maupun oleh pihak ketiga maupun untuk eksternal dan internal. Sehingga dapat meminimalisir biaya pembayaran yang bisa ditanggung oleh kedua belah pihak.

3. Public Cloud

Public Cloud Computing merupakan layanan yang menggunakan model publik, sehingga siapa saja dapat mengakses layanan ini. Teknologi ini tidak memerlukan biaya dan  gratis, namun jika berbayar dengan harga tertentu. Contoh layanan Public Cloud Computing adalah cloud computing ini banyak yang tidak berbayar alias gratis namun juga ada yang berbayar dengan harga tertentu. ( sumber )

Piliih yang mana untuk usaha atau bisnis anda ?

Tentunya Private Cloud dan kenapa ?

Layanan Private Cloud merupakan layanan khusus yang digunakan secara private dan lebih aman untuk perusahaan dan startup. Kami merekomendasi layanan Private cloud ini untuk Anda yang concern dan memprioritaskan keamanan data dan informasi pada server aplikasi dan website anda.

Itulah sekilah tentang Teknologi Cloud Computing, Rekomendasi untuk Cloud Provider Indonesia  anda bisa bisa mencoba Layanan dari IDcloudhost ,  Karena layanan yang berkualitas untuk menunjang bisnis atau pekerjaan anda tanpa perlu repot serta bingung bagaimana proses instalasinya.

Alasan Kenapa Harus idcloudhost : 

1. Server Private Cloud Indonesia

layanan Full Cloud pertama di Indonesia yang mempermudah Anda untuk meluncurkan server Full Cloud dan dapat ditingkatkan seiring dengan pertumbuhan server Anda dengan dukungan Control Panel yang User Friendly, Praktis, dan Fleksibel serta didukung dengan harga yang terjangkau dengan bantuan tim Teknis yang berpengalaman. 

2. Easy to Use & Setup

StorageVault dapat terhubung dengan berbagai aplikasi apapun yang mendukung API. Membuat bucket pada StorageVault dengan proses yang mudah dan cepat.

3. Backups and Archiving

Memberikan solusi terbaik untuk menyimpan File cadangan (Backup) & Arsip Anda. Dengan biaya yang lebih rendah, aman, dengan solusi redundansi bawaa

4. Complete Solutions

Menawarkan layanan yang tidak hanya untuk menyimpan data tetapi untuk membangun solusi IT lengkap di mana manajemen file, pengarsipan, & cadangan, dll.

5. Easy Migration

Docker containers secara default mudah dimigrasikan dari satu situs ke situs lainnya. Tidak ada dependensi berlebihan & semuanya dipindahkan sekaligus.

6. Higher Security & Faster

Containers terisolasi dengan baik dan dapat dengan mudah dimatikan dan dihidupkan kapanpun. Kecepatan 10 kali lebih cepat dibandingkan WM lainnya.

7. Low Cost and Cheap

Layanan Docker containers dirancang secara berbeda dan mengambil Sumber daya lebih sedikit yang membuat harga akan lebih terjangkau dibanding lain. layanan dengan harga yang terjangkau dan lebih transparan sehingga Anda tidak akan Tertipu atau Kaget. Anda hanya akan membayar setelah menggunakan layanan kami dan hanya untuk sumber daya yang Anda gunakan secara aktif (presisi 1 jam)

8. Maintenance Support

Kami melakukan pemeriksaan secara rutin, pembaruan, perbaikan keamanan, dan perubahan semua konfigurasi untuk membantu menjaga VM tetap terkendali.

Dan Masih banyak fitur andalan yang bisa anda nikmati dari layanan IDcloudhost untuk memudahkan anda dalam melakukan usaha serta mengembangkan bisnis di masa Pandemi -covid 19 ini , jangan ragu dan bimbang untuk Layanan Private Cloud idcloudhost aja. itulah artikel dari Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing

Semoga bermanfaat dan dapat dimanfaatkan dalam usaha atau pekerjaan anda dalam masa seba digital dan pandemi ini

SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

1 komentar untuk "Sukses Go Digital dengan Teknologi Cloud Computing"