Mengenal Format file gambar Digital - SouletZ
b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Mengenal Format file gambar Digital

 

Mengenal Format file gambar Digital



Format file gambar adalah cara standar untuk mengatur dan menyimpan gambar digital . Format file gambar dapat menyimpan data dalam format tidak terkompresi, format terkompresi (yang mungkin lossless atau lossy), atau format vektor . 

File gambar terdiri dari data digital dalam salah satu format ini sehingga data dapat dirasterisasi untuk digunakan pada display komputer atau printer. Rasterisasi mengubah data gambar menjadi kotak piksel. Setiap piksel memiliki sejumlah bit untuk menunjukkan warnanya (dan dalam beberapa format, transparansi ). Rasterisasi file gambar untuk perangkat tertentu mempertimbangkan jumlah bit per piksel (kedalaman warna) yang dirancang untuk ditangani perangkat.

Ukuran file gambar raster berkorelasi positif dengan jumlah piksel pada gambar dan kedalaman warna (bit per piksel). Namun, gambar dapat dikompresi dengan berbagai cara. Algoritme kompresimenyimpan representasi yang tepat atau perkiraan dari gambar asli dalam jumlah byte yang lebih kecil yang dapat diperluas kembali ke bentuknya yang tidak terkompresi dengan algoritma dekompresi yang sesuai. Gambar dengan jumlah piksel dan kedalaman warna yang sama dapat memiliki ukuran file terkompresi yang sangat berbeda. Mempertimbangkan kompresi, jumlah piksel, dan kedalaman warna yang persis sama untuk dua gambar, kompleksitas grafis yang berbeda dari gambar asli juga dapat menghasilkan ukuran file yang sangat berbeda setelah kompresi karena sifat algoritma kompresi. Dengan beberapa format kompresi, gambar yang kurang rumit dapat menghasilkan ukuran file terkompresi yang lebih kecil. Karakteristik ini terkadang menghasilkan ukuran file yang lebih kecil untuk beberapa format lossless daripada format lossy. 


Misalnya, gambar 640 * 480 piksel dengan warna 24-bit akan menempati ruang hampir satu megabyte:

640 * 480 * 24 = 7.372.800 bit = 921.600 byte = 900 KiB

Dengan gambar vektor, ukuran file meningkat hanya dengan penambahan lebih banyak vektor.


Kompresi file gambar 

jenis algoritma kompresi file gambar : lossless dan lossy .


  • Algoritme kompresi lossless 

Mengurangi ukuran file sekaligus mempertahankan salinan sempurna dari gambar asli yang tidak dikompresi. Kompresi lossless umumnya, tetapi tidak selalu, menghasilkan file yang lebih besar daripada kompresi lossy. Kompresi lossless harus digunakan untuk menghindari akumulasi tahapan kompresi ulang saat mengedit gambar.


  • Algoritme kompresi lossy

Mempertahankan representasi dari gambar asli yang tidak dikompresi yang mungkin tampak seperti salinan sempurna, tetapi bukan salinan yang sempurna. Seringkali kompresi lossy mampu mencapai ukuran file yang lebih kecil daripada kompresi lossless. Sebagian besar algoritma kompresi lossy memungkinkan kompresi variabel yang memperdagangkan kualitas gambar untuk ukuran file.


  • Format file grafik utama 

Ada ratusan jenis file gambar. Format PNG, JPEG, dan GIF paling sering digunakan untuk menampilkan gambar di Internet. Beberapa dari format grafik ini terdaftar dan dijelaskan secara singkat di bawah ini, dipisahkan menjadi dua keluarga utama grafik: raster dan vektor.

Selain format gambar lurus, format Metafile adalah format portabel yang dapat menyertakan informasi raster dan vektor. Contohnya adalah format aplikasi-independen seperti WMF dan EMF . Format metafile adalah format menengah. Sebagian besar aplikasi membuka metafiles dan kemudian menyimpannya dalam format aslinya sendiri. Bahasa deskripsi halaman mengacu pada format yang digunakan untuk mendeskripsikan tata letak halaman cetak yang berisi teks, objek, dan gambar. Contohnya adalah PostScript , PDF dan PCL .


Format raster  :

Apa itu Format raster  

Dalam komputer grafis dan fotografi digital , sebuah grafik raster atau gambar bitmap adalah dot matrix struktur data yang mewakili umumnya persegi panjang grid piksel (titik warna ), dapat dilihat melalui bitmap display ( Monitor ), kertas , atau media tampilan lainnya. Gambar raster disimpan dalam file gambar dengan berbagai format diseminasi , produksi , pembuatan , dan akuisisi .

  • JPEG / JFIF 

JPEG (Joint Photographic Experts Group) adalah metode kompresi lossy ; Gambar yang dikompresi JPEG biasanya disimpan dalam format file JFIF (JPEG File Interchange Format). Ekstensi nama file JPEG / JFIF adalah JPG atau JPEG. Hampir setiap kamera digital dapat menyimpan gambar dalam format JPEG / JFIF, yang mendukung gambar abu-abu delapan-bit dan gambar berwarna 24-bit (masing-masing delapan bit untuk merah, hijau, dan biru). JPEG menerapkan kompresi lossy ke gambar, yang dapat mengakibatkan pengurangan ukuran file secara signifikan. Aplikasi dapat menentukan tingkat kompresi yang akan diterapkan, dan jumlah kompresi memengaruhi kualitas visual hasil. Jika tidak terlalu bagus, kompresi tidak terlalu memengaruhi atau mengurangi kualitas gambar, tetapi file JPEG mengalami penurunan generasi saat berulang kali diedit dan disimpan. (JPEG juga menyediakan penyimpanan gambar lossless, tetapi versi lossless tidak didukung secara luas.)

  • JPEG 2000 

JPEG 2000 adalah standar kompresi yang memungkinkan penyimpanan lossless dan lossy. Metode kompresi yang digunakan berbeda dari metode JFIF / JPEG standar; mereka meningkatkan kualitas dan rasio kompresi, tetapi juga membutuhkan daya komputasi yang lebih besar untuk memprosesnya. JPEG 2000 juga menambahkan fitur yang tidak ada dalam JPEG. Ini hampir tidak umum seperti JPEG, tetapi saat ini digunakan dalam pengeditan dan distribusi film profesional (beberapa bioskop digital, misalnya, menggunakan JPEG 2000 untuk bingkai film individu).

  • Exif 

Format Exif ( Format file gambar yang dapat ditukar ) adalah standar file yang mirip dengan format JFIF dengan ekstensi TIFF; itu tergabung dalam perangkat lunak penulisan JPEG yang digunakan di sebagian besar kamera. Tujuannya adalah untuk merekam dan membakukan pertukaran gambar dengan metadata gambar antara kamera digital dan perangkat lunak pengeditan dan tampilan. Metadata direkam untuk setiap gambar dan mencakup hal-hal seperti pengaturan kamera, waktu dan tanggal, kecepatan rana, pencahayaan, ukuran gambar, kompresi, nama kamera, informasi warna. Saat gambar dilihat atau diedit oleh perangkat lunak pengedit gambar, semua informasi gambar ini dapat ditampilkan.

Metadata Exif yang sebenarnya seperti itu dapat dibawa dalam format host yang berbeda, misalnya TIFF, JFIF (JPEG) atau PNG. IFF-META adalah contoh lainnya.

  • TIFF 

Format TIFF ( Tagged Image File Format ) adalah format fleksibel yang biasanya menggunakan ekstensi nama file TIFF atau TIF . Struktur yang diberi tag didesain agar mudah diperpanjang, dan banyak vendor telah memperkenalkan tag tujuan khusus berpemilik - sehingga tidak ada satu pembaca pun yang menangani setiap jenis file TIFF. TIFF dapat menjadi lossy atau lossless, bergantung pada teknik yang dipilih untuk menyimpan data piksel. Beberapa menawarkan kompresi lossless yang relatif baik untuk gambar dua level (hitam & putih) . Beberapa kamera digital dapat menyimpan gambar dalam format TIFF, menggunakan LZWalgoritma kompresi untuk penyimpanan lossless. Format gambar TIFF tidak didukung secara luas oleh browser web. TIFF tetap diterima secara luas sebagai standar file foto dalam bisnis percetakan. TIFF dapat menangani ruang warna khusus perangkat, seperti CMYK yang ditentukan oleh sekumpulan tinta mesin cetak tertentu. Paket perangkat lunak OCR (Pengenalan Karakter Optik) biasanya menghasilkan beberapa bentuk gambar TIFF (seringkali monokromatik ) untuk halaman teks yang dipindai.

  • GIF 

The GIF ( Graphics Interchange Format ) adalah dalam penggunaan normal terbatas pada palet 8-bit, atau 256 warna (sementara kedalaman warna 24-bit secara teknis mungkin). [1] [2] GIF paling cocok untuk menyimpan grafik dengan sedikit warna, seperti diagram sederhana, bentuk, logo, dan gambar gaya kartun, karena GIF menggunakan kompresi lossless LZW , yang lebih efektif jika area yang luas memiliki satu warna, dan kurang efektif untuk foto atau gambar yang kabur . Karena kesederhanaan dan usia GIF, GIF mencapai dukungan perangkat lunak yang hampir universal. Karena kemampuan animasinya, ini masih banyak digunakan untuk memberikan efek animasi gambar, meskipun rasio kompresinya rendah dibandingkan dengan format video modern.

  • BMP 

The BMP format file (Windows bitmap) menangani file grafis dalam Microsoft Windows OS. Biasanya, file BMP tidak terkompresi, dan oleh karena itu berukuran besar dan tanpa kehilangan; keuntungan mereka adalah strukturnya yang sederhana dan penerimaan yang luas dalam program Windows.

  • PNG 

The PNG ( Portable Network Graphics ) format file diciptakan sebagai bebas, open-source alternatif untuk GIF. Format file PNG mendukung gambar berpalet delapan-bit (dengan transparansi opsional untuk semua warna palet) dan warna asli 24-bit (16 juta warna) atau 48-bit warna asli dengan dan tanpa saluran alfa - sedangkan GIF hanya mendukung 256 warna dan satu transparan warna.

Dibandingkan dengan JPEG, PNG unggul jika gambar memiliki area yang besar dan berwarna seragam. Bahkan untuk foto - di mana JPEG sering menjadi pilihan untuk distribusi akhir karena teknik kompresinya biasanya menghasilkan ukuran file yang lebih kecil - PNG masih cocok untuk menyimpan gambar selama proses pengeditan karena kompresi tanpa kehilangannya.

PNG menyediakan pengganti GIF tanpa paten (meskipun GIF sendiri sekarang bebas paten), dan juga dapat menggantikan banyak penggunaan umum TIFF. Gambar dengan indeks warna, skala abu-abu, dan warna asli didukung, ditambah saluran alfa opsional. The Adam7 interlacing memungkinkan preview awal, bahkan ketika hanya sebagian kecil dari data citra telah dikirim. PNG dapat menyimpan data gamma dan chromaticity untuk meningkatkan pencocokan warna pada platform heterogen.

PNG dirancang untuk bekerja dengan baik dalam aplikasi tampilan online seperti browser web dan dapat sepenuhnya dialirkan dengan opsi tampilan progresif. PNG tangguh, menyediakan pemeriksaan integritas file penuh dan deteksi sederhana dari kesalahan transmisi umum.

Format animasi yang diturunkan dari PNG adalah MNG dan APNG , yang kompatibel dengan PNG dan didukung oleh sebagian besar browser.

  • PPM, PGM, PBM, dan PNM 

Format Netpbm adalah satu keluarga termasuk format file pixmap portabel (PPM), format file greymap portabel (PGM) dan format file bitmap portabel (PBM). Ini adalah file ASCII murni atau file biner mentah dengan header ASCII yang menyediakan fungsionalitas yang sangat dasar dan berfungsi sebagai penyebut umum terendah untuk mengonversi file pixmap, greymap, atau bitmap antara platform yang berbeda. Beberapa aplikasi menyebutnya secara kolektif sebagai PNM (" P ortabel a N y M ap").

  • WebP 

WebP adalah format gambar terbuka yang dirilis pada tahun 2010 yang menggunakan kompresi lossless dan lossy. Ini dirancang oleh Google untuk mengurangi ukuran file gambar untuk mempercepat pemuatan halaman web: tujuan utamanya adalah untuk menggantikan JPEG sebagai format utama untuk foto di web. WebP didasarkan pada pengkodean intra-frame VP8 dan menggunakan wadah berdasarkan RIFF .

Pada tahun 2011, [3] Google menambahkan "Format File yang Diperpanjang" yang memungkinkan dukungan WebP untuk animasi , profil ICC , metadata XMP dan Exif , dan pengubinan.

Dukungan untuk animasi memungkinkan untuk mengubah GIF animasi lama menjadi WebP animasi.

Wadah WebP (yaitu, wadah RIFF untuk WebP) memungkinkan dukungan fitur di atas dan di atas kasus penggunaan dasar WebP (yaitu, file yang berisi gambar tunggal yang dikodekan sebagai bingkai kunci VP8). Penampung WebP memberikan dukungan tambahan untuk:

Kompresi lossless - Gambar dapat dikompresi tanpa kerugian, menggunakan WebP Lossless Format.

Metadata - Gambar mungkin memiliki metadata yang disimpan dalam format EXIF ​​atau XMP.

Transparansi - Gambar mungkin memiliki transparansi, misalnya saluran alfa.

Profil Warna - Sebuah gambar mungkin memiliki profil ICC tertanam seperti yang dijelaskan oleh International Color Consortium.

Animasi - Sebuah gambar mungkin memiliki banyak bingkai dengan jeda di antaranya, menjadikannya animasi. [4]

  • Format raster HDR 

Sebagian besar format raster tidak dapat menyimpan data HDR (32 bit nilai floating point per komponen piksel), itulah sebabnya beberapa format yang relatif lama atau kompleks masih dominan di sini, dan perlu disebutkan secara terpisah. Namun, alternatif yang lebih baru muncul. RGBE adalah format gambar HDR yang berasal dari Radiance dan juga didukung oleh Adobe Photoshop. JPEG-HDR adalah format file dari Dolby Labs yang mirip dengan pengkodean RGBE, distandarisasi sebagai JPEG XT Part 2.

JPEG XT Bagian 7 mencakup dukungan untuk pengkodean gambar HDR titik mengambang dalam file JPEG 8-bit dasar menggunakan lapisan penyempurnaan yang dikodekan dengan empat profil (AD); Profil A didasarkan pada format RGBE dan Profil B pada format XDepth dari Manajemen Teralis.

  • HEIF 

The Efisiensi Tinggi Image File Format (HEIF) adalah format wadah gambar yang distandarisasi oleh MPEG atas dasar dari basis ISO format file media . Sementara HEIF dapat digunakan dengan format kompresi gambar, HEIF menentukan standar penyimpanan HEVC gambar intra-kode dan gambar urutan HEVC-kode mengambil keuntungan dari prediksi antar-gabar.

  • BAT 

BAT dirilis ke domain publik oleh C-Cube Microsystems. Format file "resmi" untuk file JPEG adalah SPIFF (Still Picture Interchange File Format), tetapi pada saat dirilis, BAT sudah diterima secara luas. SPIFF, yang memiliki penunjukan ISO 10918-3, menawarkan kompresi, manajemen warna, dan kapasitas metadata yang lebih serbaguna daripada JPEG / BAT, tetapi memiliki sedikit dukungan. Ini mungkin digantikan oleh JPEG 2000 / DIG 2000: ISO SC29 / WG1, JPEG - Link Informasi. Digital Imaging Group, "JPEG 2000 dan DIG: Gambar Kompatibilitas."


Format raster lainnya 

  • BPG ( Better Portable Graphics ) adalah format gambar dari 2014. Tujuannya adalah untuk menggantikan JPEG ketika kualitas atau ukuran file menjadi masalah. Untuk itu, fitur ini memiliki rasio kompresi data yang tinggi , berdasarkan subset dari standar kompresi video HEVC , termasuk kompresi lossless . Selain itu, ini mendukung berbagai meta data (seperti EXIF).
  • DALAM ( format gaya IFF yang digunakan oleh TVPaint)
  • DRW (File yang Ditarik)
  • ECW (Enhanced Compression Wavelet)
  • FITS (Sistem Transportasi Gambar Fleksibel)
  • FLIF (Free Lossless Image Format) - format gambar lossless dalam proses yang mengklaim mengungguli PNG, WebP lossless, BPG lossless, dan JPEG2000 lossless dalam hal rasio kompresi. Ia menggunakan algoritma pengkodean entropi MANIAC (Meta-Adaptive Near-zero Integer Arithmetic Coding), varian dari algoritma pengkodean entropi CABAC (pengkodean aritmatika biner adaptif konteks).
  • ICO , wadah untuk satu atau lebih ikon (subset BMP dan / atau PNG )
  • ILBM ( format gaya IFF hingga 32 bit dalam representasi planar, ditambah ekstensi 64 bit opsional)
  • IMG (ERDAS IMAGINE Image)
  • File gambar IMG ( Graphics Environment Manager (GEM); planar, enkode run-length )
  • JPEG XR (Standar JPEG baru berdasarkan Microsoft HD Photo)
  • Format File Gambar Berlapis untuk pemrosesan gambar mikroskop
  • Nrrd (Data raster hampir mentah)
  • PAM (Portable Arbitrary Map) adalah tambahan terbaru dari keluarga Netpbm
  • PCX (PiCture eXchange), usang
  • PGF (File Grafik Progresif)
  • PLBM - Planar Bitmap, format Amiga berpemilik
  • SGI
  • SID (database gambar mulus multiresolusi, MrSID)
  • Sun Raster adalah format usang
  • TGA (TARGA), usang
  • Format file VICAR ( format transportasi gambar NASA / JPL )
  • XISF ( Format Serialisasi Gambar yang Dapat Diperluas )
  • Format wadah editor grafik raster 
  • Format gambar ini berisi berbagai gambar, lapisan dan objek, yang darinya gambar akhir akan dibuat

  • AFPhoto ( Dokumen Foto Afinitas )
  • CD5 ( Gambar Chasys Draw )
  • CPT (Corel Photo Paint)
  • KRA (Crita)
  • MDP (Medibang dan FireAlpaca)
  • PDN (Cat Dot Net)
  • PSD (Dokumen Adobe PhotoShop)
  • PSP (Corel Paint Shop Pro)
  • SAI (Alat Cat SAI)
  • XCF (format Fasilitas Komputasi eXperimental, format GIMP asli )


  • Format vektor 

Berbeda dengan format gambar raster di atas (di mana data menggambarkan karakteristik masing-masing piksel), format gambar vektor berisi deskripsi geometris yang dapat ditampilkan dengan lancar pada ukuran tampilan yang diinginkan.

Pada titik tertentu, semua grafik vektor harus di-raster untuk ditampilkan pada monitor digital. Gambar vektor juga dapat ditampilkan dengan teknologi CRT analog seperti yang digunakan di beberapa peralatan tes elektronik , monitor medis , tampilan radar , pertunjukan laser dan video game awal . Plotter adalah printer yang menggunakan data vektor daripada data piksel untuk menggambar grafik.

  • CGM 

CGM ( Computer Graphics Metafile ) adalah format file untuk grafik vektor 2D , grafik raster, dan teks , dan ditentukan oleh ISO / IEC 8632 . Semua elemen grafis dapat ditentukan dalam file sumber tekstual yang dapat dikompilasi menjadi file biner atau salah satu dari dua representasi teks. CGM menyediakan sarana pertukaran data grafik untuk representasi komputer dari informasi grafik 2D independen dari aplikasi, sistem, platform, atau perangkat tertentu. Ini telah diadopsi sampai batas tertentu di bidang ilustrasi teknis dan desain profesional, tetapi sebagian besar telah digantikan oleh format seperti SVG dan DXF .

  • Format Gerber (RS-274X) 

The Format Gerber (alias diperpanjang Gerber, RS-274X) dikembangkan oleh Gerber Systems Corp., sekarang Ucamco , dan merupakan 2D bi-level format deskripsi gambar. Ini adalah format standar de facto yang digunakan oleh papan sirkuit tercetak atau perangkat lunak PCB. Ini juga banyak digunakan di industri lain yang membutuhkan gambar dua level 2D presisi tinggi. [5]

  • SVG 

SVG ( Scalable Vector Graphics ) adalah standar terbuka yang dibuat dan dikembangkan oleh World Wide Web Consortium untuk memenuhi kebutuhan (dan upaya beberapa perusahaan) untuk format vektor serbaguna, skrip , dan semua tujuan untuk web dan lainnya. Format SVG tidak memiliki skema kompresi sendiri, tetapi karena sifat tekstual XML , grafik SVG dapat dikompresi menggunakan program seperti gzip . Karena potensi skripnya, SVG adalah komponen kunci dalam aplikasi web : laman web interaktif yang terlihat dan berfungsi seperti aplikasi.


Format vektor 2D lainnya 


  • AFDesign ( dokumen Affinity Designer )
  • AI ( Karya Seni Adobe Illustrator )
  • CDR ( CorelDRAW )
  • DrawingML
  • GEM metafiles (diinterpretasikan dan ditulis oleh subsistem Graphics Environment Manager VDI)
  • Mesin Tata Letak Grafik
  • HPGL , diperkenalkan pada plotter Hewlett-Packard , tetapi digeneralisasikan ke dalam bahasa printer
  • HVIF ( Format Ikon Vektor Haiku )
  • MathML
  • NAPLPS (Sintaks Protokol Lapisan Presentasi Amerika Utara)
  • ODG ( Grafik OpenDocument )
  • ! DRAW, format grafik vektor asli (dalam beberapa versi yang kompatibel dengan versi sebelumnya) untuk sistem komputer RISC-OS yang dimulai oleh Acorn pada pertengahan 1980-an dan masih ada di platform tersebut hingga hari ini
  • Precision Graphics Markup Language , pengiriman W3C yang tidak diadopsi sebagai rekomendasi .
  • PSTricks dan PGF / TikZ adalah bahasa untuk membuat grafik dalam dokumen TeX .
  • QCC, digunakan oleh Quilt Manager oleh Quilt EZ untuk mendesain quilt.
  • ReGIS , digunakan oleh terminal komputer DEC
  • Protokol pencitraan jarak jauh
  • VML ( Bahasa Markup Vektor )
  • Format Xar digunakan dalam aplikasi vektor dari Xara
  • XPS ( Spesifikasi Kertas XML )


Format vektor 3D 

  • AMF - Format File Manufaktur Aditif
  • Asymptote - Bahasa yang mengangkat TeX ke 3D.
  • .blend - Blender
  • COLLADA
  • .dgn
  • .dwf
  • .dwg
  • .dxf
  • eDrawings
  • .flt - OpenFlight
  • FVRML - dan FX3D, ekstensi berbasis fungsi dari VRML dan X3D
  • HSF
  • IGES
  • IMML - Bahasa Markup Media Imersif
  • IPA
  • JT
  • .MA (format Maya ASCII)
  • .MB (format Biner Maya)
  • .OBJ Wavefront
  • OpenGEX - Buka Game Engine Exchange
  • LAPIS
  • Bahasa deskripsi adegan POV-Ray
  • RRC
  • SKP
  • STL - Format stereolitografi
  • U3D - Format file 3D universal
  • VRML - Bahasa Pemodelan Realitas Virtual
  • XAML
  • XGL
  • XVL
  • xVRML
  • X3D
  • .3D
  • 3DF
  • .3DM
  • .3ds - Autodesk 3D Studio
  • 3DXML
  • X3D - Format vektor yang digunakan dalam aplikasi 3D dari Xara
  • Format gabungan 
  • Ini adalah format yang berisi data piksel dan vektor, kemungkinan data lain, misalnya fitur interaktif PDF.
  • EPS ( Encapsulated PostScript )
  • PDF ( Format Dokumen Portabel )
  • PostScript , bahasa deskripsi halaman dengan kemampuan grafis yang kuat
  • PICT (file QuickDraw Macintosh Klasik)
  • WMF / EMF ( Windows Metafile / Enhanced Metafile)
  • SWF (Shockwave Flash)
  • Bahasa antarmuka pengguna XAML menggunakan grafik vektor untuk gambar.
  • Format stereo 
  • MPO Format Multi Picture Object (.mpo) terdiri dari beberapa gambar JPEG ( Camera & Imaging Products Association ) (CIPA).
  • PNS Format PNG Stereo (.pns) terdiri dari gambar berdampingan berdasarkan PNG ( Portable Network Graphics ).
  • JPS Format JPEG Stereo (.jps) terdiri dari format gambar berdampingan berdasarkan JPEG .


wikipedia

Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar