b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Mengenal Domain Authority pada Sebuah Website

Mengenal Domain Authority pada Sebuah Website

Banyak blogger atau pemilik web yang mencari cara meningkatkan Domain Authority. Hal tersebut dilakukan karena Domain Authority (DA) memiliki peran penting dalam menentukan peringkat website di halaman mesin pencari.

Sebuah website yang memiliki DA yang tinggi akan memiliki peluang lebih besar untuk berada di posisi yang lebih tinggi daripada website dengan DA yang rendah. 

Apa Itu Domain Authority?

Domain Authority adalah skor atau angka yang menunjukkan otoritas situs web Anda. Domain Authority menjadi ranking score di mesin pencari yang dikembangkan oleh Moz untuk memprediksi seberapa besar kemungkinan peringkat situs web Anda di halaman hasil mesin pencari atau Search Engine Result Page (SERP). 

Skor yang bisa diperoleh sebuah website berkisar dari angka 1 sampai angka 100. Skor tersebut dihitung dengan mengevaluasi beberapa faktor seperti linking root domain dan jumlah total link.

Sebuah situs website yang memiliki banyak link eksternal berkualitas tinggi seperti Wikipedia atau Google, akan memiliki skor DA yang sangat tinggi. Sedangkan bisnis menengah atau bisnis kecil yang memiliki sedikit link eksternal mungkin akan mendapat skor DA yang rendah.

Bagaimana Cara Meningkatkan Domain Authority?

Moz di halaman websitenya menginformasikan bahwa DA sebenarnya cukup sulit untuk dipengaruhi secara langsung. Cara untuk meningkatkan Domain Authority dapat Anda lakukan dengan mengaplikasi metode SEO secara keseluruhan serta fokus untuk mendapatkan lebih banyak link dari halaman web lain.

Cara meningkatkan Domain Authority yang bisa Anda coba:

1. Dapatkan link eksternal dari web dengan DA yang tinggi

Memperoleh banyak link dari website yang sudah memiliki Domain Authority (DA) serta Page Authority (PA) yang tinggi akan memengaruhi performa web Anda. Oleh karena itu, usahakan web Anda bisa memperoleh banyak link dari website berkualitas tinggi.

Anda dapat menyediakan konten berkualitas, agar website dengan DA dan PA yang tinggi tertarik untuk memberikan link menuju website Anda. Selain itu, Anda juga bisa bekerja sama dengan blogger atau melakukan guest blogging agar bisa memperoleh lebih banyak link dari website-website berkualitas.

2. Hindari backlink dari web berkualitas rendah

Untuk meningkatkan skor Domain AUthority web, Anda harus berusaha untuk mendapatkan link berkualitas tinggi dan menghindari link berkualitas rendah.

Selain memberikan pengaruh buruk pada skor DA, mendapat banyak link yang tidak berkualitas juga akan dianggap oleh Google sebagai langkah untuk memanipulasi ranking. Jika hal tersebut terjadi, website Anda akan memperoleh penalty sehingga web tidak akan ditampilkan di halaman mesin pencari.

Untuk menghindari hal tersebut terjadi, ada baiknya jika Anda rutin memeriksa link yang Anda peroleh. Anda dapat menggunakan SEO tool seperti SEMrush atau MOZ untuk mendeteksi link toxic atau buruk.

Setelah Anda memperoleh list backlink toxic tersebut, Anda dapat menghubungi pemilik situs web dan meminta mereka untuk menghapus link atau menambahkan tag nofollow. Anda juga bisa menggunakan Google disavow tool untuk menghapus link tersebut dari situs web Anda.

3.  Dapatkan lebih banyak link yang mengarahkan traffic

Moz menginformasikan bahwa link yang dapat mengarahkan banyak traffic merupakan link yang bernilai karena memberi indikasi bahwa link tersebut berguna untuk banyak orang. Oleh karena itu, usahakan untuk terus bisa memperoleh link dari website yang dipercaya oleh banyak user.

Website yang terpercaya memiliki peluang lebih besar untuk mendorong penggunanya untuk membuka link yang mereka rekomendasikan. Selain itu, web terpercaya biasanya juga memperoleh skor DA yang tinggi. Dengan demikian, link yang Anda peroleh akan berasal dari web dengan otoritas yang baik. Meskipun demikian, Anda tetap harus memastikan bahwa web tersebut memiliki niche yang relevan dengan situs web Anda. 

4. Lakukan on page SEO

Cara meningkatkan Domain Authority juga dapat dilakukan dengan melakukan on page SEO. Strategi on Page SEO adalah cara mengoptimalkan halaman dan isi konten web Anda.

Terdapat beberapa metode yang bisa Anda lakukan, beberapa diantaranya seperti :

  1. Optimasi gambar, video, atau konten media lain.
  2. Menggunakan kata kunci berkualitas ketika mengembangakan konten.
  3. Optimasi pada title tag dan meta tag
  4. Membangun internal linking yang baik, dan masih banyak lagi.

5. Perbaiki technical SEO

Selain melakukan on page SEO, Anda juga membutuhkan strategi technical SEO. Strategi ini dilakukan untuk membantu search engine spiders agar bisa melakukan proses crawling dan indexing secara lebih efektif.

Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimasi web seperti :

  1. Mmbuat  XML sitemap
  2. Mengimplementasikan SSL
  3. Optimasi page speed website Anda, dan masih banyak lagi


Meningkatkan skor pada Domain Authority merupakan strategi jangka panjang. Namun dengan tetap konsisten menjalankan beberapa trik di atas, skor DA Anda tentu akan tetap mengalami peningkatan. 

webdev-id

Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar