Bad Sector Pada Hard Disk

Bad Sector Pada Hard Disk


Bad Sector adalah keadaan dimana satu sektor dalam harddisk atau removable disk mengalami kerusakan sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagai tempat penyimpanan data. hal ini sering terjadi karena beberapa hal, misalnya putusnya koneksi saat adanya proses transfer data atau disebabkan oleh benturan yang menyebabkan kerusakan secara permanen

Sederhana, apapun jenisnya, bad sector pada hard drive adalah sekelompok kecil (sektor) ruang penyimpanan yang mengalami kerusakan, sebuah sektor yang rusak.


Apa penyebab bad sector?


Ada dua jenis bad sector – pertama, akibat dari kerusakan fisik dan satu lagi akibat kesalahan perangkat lunak. Bad sector bisa menyerang baik itu hard drive biasa atau jenis ssd.

Baik physical atau logical, sektor yang rusak tidak dapat menanggapi permintaan read atau write yang disampaikan atau diminta dari sistem.


Jenis Bad Sector

Ada dua jenis bad sector dikenal dengan bad sectors jenis “physical” dan “logical”.


  • 1 Physical bad sectors

Sebuah sektor penyimpanan pada hard drive yang rusak secara fisik. Misal, kepentok benda keras dan rusak, debu menempel di sektor, atau hard drive mungkin cacat pabrik.


  • 2 Logical bad sectors

Sebuah sektor penyimpanan pada hard drive yang tidak berfungsi dengan baik.

Cirinya, Sistem operasi mencoba membaca data pada hard drive dari sektor ini dan menemukan adanya error-correcting code (ECC) tidak cocok dengan konten pada sektor tersebut.


Penyebab Bad Sector

Pengertian bad sector terbagi menjadi 2, begitu pula dengan penyebab dan cara mengatasinya, yaitu:


  • 1 Hard Bad Sectors

Pada jenis hard drive tradisional atau lama, bad sector bisa disebabkan karena kerusakan fisik, kesalahan produksi, pernah terjatuh, atau sentuhan apapun yang menyebabkan kepala hard drive menyentuh platter dan merusak beberapa sektor.


  • 2 Soft Bad Sectors

Seperti namanya, bad sector jenis ini disebabkan oleh masalah perangkat lunak. Misal, komputer tiba-tiba mati karena pemadaman listrik, ada kemungkinan saat hard drive mati ia tengah melakukan proses writing ke salah satu sektor hdd.

Dalam beberapa kasus, sektor-sektor pada hard drive mungkin memuat data yang tidak cocok dengan kode koreksi kesalahan mereka – ini akan ditandai sebagai sektor yang buruk. Virus dan malware lain yang mengacaukan komputer Anda juga dapat menyebabkan masalah sistem seperti itu dan menyebabkan sektor buruk yang lunak berkembang.


Penyebab Lainnya :

Melemahnya magnetik dari piringan harddisk dan kesalahan mekanis. Kemungkinan, daerah magnetik disk kehilangan magnet dan karenanya ketidakmampuan untuk menyimpan data.

Akibat dari guncangan atau getaran, dimana saat mengoperasikan komputer, dan saat harddisk sedang melakukan proses baca dan tulis, bila terjadi goncangan atau getaran, dapat menyebabkan head akan menggesek piringan dari harddisk sehingga menyebabkan goresan pada piringan, sehingga terjadi bad sector.

Daya listrik yang menurun secara tiba-tiba saat harddisk melakukan proses baca dan tulis, sehingga head akan terhenti mendadak dan bekerja mendadak saat daya listrik naik lagi secara tiba-tiba, dimana head dapat menggesek piringan harddisk

Akibat dari susunan file pada harddisk tidak teratur, sehingga head tidak teratur dalam membaca urutan file yang dibutuhkan sebuah aplikasi, yang lama-kelamaan head dapat menggesek plater dari harddisk dan mengakibatkan bad sector pada harddisk


Kehilangan Data dan Kegagalan Hard Drive

Kenyataannya memang bad sector membawa fakta yang menakutkan meskipun hard drive masih berfungsi dengan baik, sangat mungkin kedepannya sektor ini akan memburuk dan merusak data-data penting kita.

Bad sector adalah salah satu alasan kenapa kita harus siap untuk membackup data. Ketika komputer melihat sebuah sektor yang buruk, otomatis akan ditandai dan kedepannya akan diabaikan.

Sektor tersebut akan dialokasikan, jadi proses read & write ke sektor tersebut akan dialihkan.

 

Memeriksa Bad Sector

Untuk memeriksa bad sector pada harddisk, dapat dilakukan dengan cara :

  1. Double klik My Computer, kemudian klik kanan partisi harddisk, Contohnya C, D atau E yang akan diperiksa.
  2. Kemudian Klik Properties, Lalu klik tombol Tools.
  3. Selanjutnya klik Check now.


Bila bad sector pada harddisk masih bad sector yang ringan dapat diperbaiki dengan cara :

  1. Menggunakan fasilitas check now diatas, dan pilih fasilitas repair
  2. Menggunakan beberapa software seperti HDD Regenerator, atau software Low Level Format

Meskipun sebagian besar penyebab bad sector terjadi karena kecerobohan, melakukan backup pada data bukanlah hal yang sulit.

Sering melakukan disk defragment juga bagus untuk menjaga kesehatan storage kita.



komputertips dan google

SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Bad Sector Pada Hard Disk"