b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Apa Itu Unique Visitor, Visitor, Pageview dan Bounce Rate

Unique Visitor, Visitor, Pageview dan Bounce Rate


Google Analytics adalah Tools yang biasa di gunakan oleh para Blogger dan Publisher sebuah website. Hal ini di karenakan tools Google Analytics memiliki kegunaan yang sangat berguna. Sebelum kita mempelajari tentang visitor dan unique visitor, berikut ini adalah pengertian umum yang bersangkutan yang biasa digunakan di Google Analytics.


1. Unique Visitor

Unique Visitor adalah Jumlah pengunjung dari satu IP dalam kurun waktu tertentu. Jumlah Unique Visitor adalah indikator pertama keberhasilan sebuah website, semakin tinggi pengunjung unique, semakin besar peluang website tercapai, dan efeknya pada ranking situs. efeknya juga bagus pada alexa rank, tapi belum tentu bagus pada google PR, karena google juga memperhitungkan kualitas visitor, sedangkan jumlah pengunjung bisa direkayasa dengan program traffic exchange (Auto dan Manual Surfing). Satu pengunjung yang berkunjung beberapa kali ke website kita hanya akan terhitung sekali saja.


2. Visitor

Visitor adalah pengunjung yang sedang membuka website kita, baik membuka karena sengaja, maupun membuka karena nyasar, atau kebetulan. Berbeda dengan unique visitor, statistik ini menunjukkan jumlah seluruh kunjungan yang terjadi. Jadi satu pengunjung atau satu IP address dapat terhitung beberapa kali sebanyak kunjungan yang dilakukan. Setiap 1 Visitor pasti sudah ada 1 pageview (halaman yang sedang dilihat). Jika 1 pengunjung tersebut tertarik dengan artikel-artikel yang ada di website kita, maka kemungkinan besar pengunjung tersebut akan menghasilkan lebih dari 1 Pageview. Maka buatlah sebuah website dengan artikel-artikel yang semenarik mungkin, agar setiap penunjung tidak hanya singgah sesaat, melainkan singgah sambil jalan-jalan di halaman artikel lain dari blog anda.


Perbedaan Visitor dan Unique Visitor

  • Visitor

Dalam bahasa indonesia Visitor berarti pengunjung, Jadi visitor menunjukan jumlah pengunjung yang mendatangi Laman Tersebut. Perbedaan Page Views dengan Visitor adalah jika Page Views adalah orang yang hanya melihat (Views) dan Visitor adalah orang yang browsing di Laman milik anda, Seperti Membaca artikel dll.

  • Unique Visitor

Sebelum membahas perbedaan kita bahas dahulu pengertiannya. Unique Visitor memiliki arti Pengunjung yang tidak biasa berada di blog anda ( Pengunjung Baru atau orang yang mengunjungi blog sobat dalam jangka waktu yang alama ). Selain itu, Unique Visitor sangat penting dalam sebuah website. Kebanyakan iklan akan di hitung valid jika pengunjung yang mengklik adalah Unique Visitor


  • Perbedaan Visitor Dan Unique Visitor

Visitor = Jumlah penunjung yang browsing di Laman Anda.

Unique Visitor = Pengunjung baru atau yang tidak biasa di laman anda.

Selain itu, Unique Visitor juga dapat di lihat dari Cache dan Cookies yang di miliki oleh pengunjung. Jadi, jika Pengunjung memiliki Cache dan Cookie yang Unik pengunjung tersebut juga dapat di hitung sebagai Unique Visitor.

Untuk Mendapatkan unique visitor kita juga harus membuat artikel yang unik, Jadi buatlah artikel yang unik agar pengunjung websitemu Unik juga Cara Membuat Artikel Yang Unik 100%


3. Pageview

Pageview adalah halaman yang sedang dilihat oleh Visitor. Seperti pengertian di atas, 1 Pengunjung sudah pasti akan menghasilkan 1 Pageview. Jika 1 pengunjung tersebut membuka 5 postingan /artikel di blog anda, maka jumlah Pageview akan bertambah 5, tetapi jumlah Visitor masih tetap 1. Jadi, semakin banyak visitor, maka akan memungkinkan website anda mendapatkan Pageview yang banyak.


4. Bounce Rate

Bounce Rate adalah rata-rata angka persentase antara tingkat kunjungan dengan page views (kunjungan tiap halaman) posting blog. Artinya antara jumlah kunjungan dibagi kunjungan tiap halaman dalam jangka waktu tertentu. Mengapa dalam jangka waktu tertentu? Karena ini ada hubungannya dengan sistem perangkingan google atau pagerank yang biasanya update 3 bulan sekali.

Sebagai contoh jika Kunjungan atau visitor 50 perhari pageviews 75, rumus menghitungnya adalah 50/75 = 66,66%. Jadi bounce ratenya adalah 66,66%. Manakah yang lebih bagus bounce rate tinggi atau rendah? Jelas bagus yang rendah. Coba hitung lagi misalnya jika pageviews ditambah menjadi 200 = 25%. Apakah arti dari angka-angka tadi? Pengunjung 50 orang dengan bukaan halaman hanya 75 berarti seorang pengunjung membuka tidak lebih dari 2 artikel. Sedangkan pengunjung 50 dengan pageviews 200 berarti rata-rata 1 pengunjung membuka 4 artikel.



arlinacode

Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar