Alasan pakaian renang didesain pas dan ketat

Alasan pakaian renang didesain pas dan ketat

Biasanya orang Indonesia lebih memilih mengenakan kaos atau celana biasa dibandingkan mengenakan pakaian renang. Padahal mengenakan pakaian renang yang pas di badan dan ketat memiliki banyak manfaat, salah satunya melindungi tubuh dari paparan sinar UV hingga zat klorin.

Selain itu, pakaian renang yang pas di badan juga membuat kita jadi lebih leluasa saat bergerak di dalam air. Jika mengenakan pakaian longgar seperti kaos, biasanya saat berenang kaos akan terangkat, sehingga bagian tubuh kita jadi terlihat, malah membuat tidak nyaman, bukan?

Untuk itu, pakaian renang didesain dengan pas dan cukup ketat di badan agar bisa menempel dengan baik tanpa khawatir terangkat seperti saat mengenakan kaos.

Alasan pakaian renang didesain pas dan ketat

Pakaian renang sengaja didesain secara pas di tubuh untuk membantu seseorang menjadi hydrodynamic, yakni bebas bergerak di dalam kolam renang serta membantu untuk mengambil nafas dengan baik.

  • Agar bebas berenang tanpa hambatan

Menurut ahli, pakaian renang yang pas dan ketat bisa membantu mengurangi hambatan ketika bergerak di dalam air. Hal ini karena pakaian renang didesain mengikuti lekukan tubuh, sehingga bisa berenang lebih cepat.

  • Melindungi tubuh dari bahaya zat klorin

Pakaian renang biasanya dibuat dari bahan lycra dan spandex yang pas menempel pada tubuh. Bukan tanpa alasan, Hal ini bertujuan melindungi tubuh dari zat klorin yang biasanya dicampurkan ke dalam kolam renang. Karena bentuknya pas menempel di tubuh, maka zat klorin akan susah menembus kulit.

Cara memilih pakaian renang yang baik agar pas di badan

Agar bisa mendapatkan pakaian renang yang nyaman dan pas di badan, berikut beberapa tips memilihnya.

  • Bisa bergerak bebas

Saat akan memilih pakaian renang, pastikan kamu mencobanya dan merasakan apakah kamu bisa bergerak bebas ke mana saja. Kamu bisa mencobanya misal dengan berjongkok atau menggerakan kaki. Jika pakaian renang cukup fleksibel, berarti pakaian renang tersebut cocok dan pas di tubuh kamu.

  • Nyaman di area sensitif

Pastikan kamu memilih baju yang nyaman untuk area-area sensitif seperti dada, bokong, dan organ intim. Sebab, jika pakaian renang yang kamu pilih tidak pas bisa membuat pakaian renang menyempil di area bokong atau bagian dada tidak kencang. Hal ini tentu akan membuat kita jadi tidak nyaman, apalagi saat akan bergerak di dalam kolam.

Pilih bahan yang ringan dan jangan terlalu ketat

Memilih pakaian renang memang dianjurkan yang ketat, namun jangan sampai terlalu ketat hingga membuat kamu jadi nggak nyaman atau sulit bergerak. Pilih juga pakaian renang dengan bahan terbaik seperti Lycra karena bahan ini bisa memberikan fleksibilitas pada tubuh yang baik dan ringin. Selain itu, bahan Lycra juga terbuat dari bahan yang elastis sehingga kamu tidak perlu khawatir jika pakaian renang akan sobek.

Bahaya memilih pakaian renang yang terlalu ketat

Pakaian renang memang lebih baik pas dan sedikit ketat di tubuh. Namun, memilih pakaian terlalu ketat pada tubuh juga tidak baik lho! Hal ini bisa mengganggu sistem peredaran darah yang berbahaya untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, pakaian renang yang terlalu ketat juga bisa membuat nafas jadi sesak dan pergerakan akan terhambat karena tidak fleksibel.

Pakaian renang yang terlalu ketat juga bisa membuat area sensitif jadi tidak nyaman karena terlalu ditekan. Hal ini bisa menyebabkan iritasi dan beberapa gangguan lainnya.

idwsforum

Anton Widodo
Anton Widodo Pengangguran Tanpa Kerja Yang Terus Ingin Belajar

Posting Komentar untuk "Alasan pakaian renang didesain pas dan ketat"