Tips Meredakan Hidung Tersumbat Secara Alami - SouletZ
b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Tips Meredakan Hidung Tersumbat Secara Alami

 

Tips Meredakan Hidung Tersumbat



Hidung tersumbat menyebabkan seseorang tidak nyaman saat melakukan kegiatan sehari-hari. Meski tak berbahaya, Pernapasan Anda akan terus terganggu dan muncul sakit kepala atau gejala lainnya.

Inflamasi pada rongga hidung menyebabkan penumpukan lendir yang terlalu banyak di saluran pernapasan Anda. Ada banyak faktor yang menyebabkan inflamasi tersebut. Mulai dari reaksi alergi, infeksi flu, hingga sinusitis.

Supaya kondisi kesehatan Anda tetap terjaga, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah untuk ditemukan.


Bawang putih

Mengutip dari NDTV Food, bawang putih merupakan salah satu bahan alami yang efektif mengatasi hidung tersumbat. Caranya, rebus dua hingga tiga siung bawang putih.

Minum air rebusan itu minimal dua kali dalam sehari supaya hidung tak lagi tersumbat.


Bawang merah

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat hidung tersumbat adalah bawang merah.

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat hidung tersumbat adalah bawang merah.

Selain bawang putih, obat hidung tersumbat juga bisa terbuat dari bawang merah. Kandungan vitamin dan mineral dalam bawang merah berguna untuk mengatasi penyumbatan.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Cukup hirup aroma bawang merah yang sudah dikupas selama lima menit.


Cuka apel

Menurut NDTV Food, cuka apel sebagai bahan alami selanjutnya untuk mengatasi hidung tersumbat. Selain mengatasi hidung tersumbat secara efektif, bahan alami tersebut juga mampu mengatasi sinusitis, lo.

Cara yang Anda lakukan pun sederhana. Pertama, campurkan 2 sdt cuka apel ke segelas air hangat.

Minum campuran itu minimal tiga kali dalam sehari supaya efeknya terasa lebih cepat. Anda bisa menambahkan 1 sdm madu supaya rasanya menjadi lebih lezat.


Lemon

Obat hidung tersumbat lainnya bisa Anda dapat dengan memanfaatkan lemon. Campurkan 2 sdm air lemon dengan ½ sdt lada hitam dan sejumput garam. Gunakan campuran itu pada hidung. Setelah beberapa menit, hidung Anda akan terasa lebih lega.


Jus tomat

Bahan alami selanjutnya yang efektif mengatasi hidung tersumbat adalah jus tomat. Kandungan dalam tomat berguna untuk meredakan inflamasi pada saluran pernapasan dan membuka sinus Anda.

Caranya, campur 1 sdm bawang putih dan 1 sdt garam dalam segelas jus tomat. Untuk hasil yang lebih cepat dan maksimal, minum campuran itu minimal dua kali dalam sehari.


kesehatan.kontan/Belladina Biananda

Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar