Sejarah Singkat Lahirnya Game Online - SouletZ
b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Sejarah Singkat Lahirnya Game Online

 

Sejarah Singkat Game Online


Proyek game online pertama kali dinamai proyek Plato yang dikembangkan tahun 1972. Proyek ini merupakan hasil kerja sama antara Control Data Corporation dan Universitas Illinois, Amerika Serikat (AS). Lewat proyek itu, para mahasiswa bisa berinteraksi melalui terminal untuk kepentingan pendidikan dan pengembangan pengetahuan tentang komputer.

Di tahun 1972, jaringan interaksi tersebut kemudian digunakan oleh para mahasiswa untuk mengembangkan game yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Interaksi ini kemudian menghasilkan atu interface khusus dalam jaringan tersebut yang hanya dialokasikan untuk menampung game. Saat itu, atmosfernya belum komersial.

Hampir bersamaan dengan itu, lembaga antariksa NASA juga membuat game yang bisa dimainkan oleh banyak orang. Tahun 1973, NASA membuat multiplayer game dengan nama Maze War. Game ini mendorong tersedianya server buat hosting game. Konsep inilah yang kemudian mengalami reinkarnasi menjadi server-server besar yang menampung game online.

Barulah mulai tahun 1978, Multi User Dangeon (MUD) dikembangkan sebagai varian sistem game online pertama yang dikomersialkan. Genre game online berbasis MUD ini memang belum bisa dimainkan lintasnegara. Basis ini menjadi cikal bakal lahirnya Massively Multiplayer Online Role-Playing Games (MMORPGs) yang menyusun konsep dasar game online lintasnegara.

Di tahun 1984, MAD lahir sebagai game online pertama yang bisa dimainkan dari berbagai negara. MAD sebenarnya adalah platform MUD yang dihubungkan oleh jaringan internet yang menghubungkan berbagai belahan dunia. Tahun 1991, American Online (AOL) juga mengembangkan game online yang khusus disediakan untuk para pelanggannya. Game buatan AOL ini diberi nama Neverwinter Night. Ini adalah game online grafis pertama yang berbasis MMORPGs. Setelah itu, kemudian game-game online menjadi sangat populer dan digemarin banyak orang terutama anak muda.


tausejarahblogspot

Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar