Penyebab Tenggorokan Sakit Untuk Menelan - SouletZ
b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Penyebab Tenggorokan Sakit Untuk Menelan

 

Penyebab Tenggorokan Sakit Untuk Menelan

Ada banyak hal yang menyebabkan tenggorokan sakit untuk menelan. Mulai dari faktor sepele hingga kondisi kesehatan yang lebih serius. Biasanya, rasa sakit terasa tak hanya di tenggorokan, tapi juga mulut dan dada.

Salah satu faktor penyebab yang paling sering terjadi adalah pilek, flu, atau sinusitis. Sebelum merasakan sakit tenggorokan, gejala yang Anda rasakan bisa berupa batuk dan hidung berair. Untuk mengobati pilek, Anda perlu minum banyak cairan dan memperbanyak waktu istirahat.

 Namun, jika sakit tenggorokan disebabkan oleh flu atau sinusitis, Anda perlu segera memeriksakan diri supaya mendapat perawatan yang tepat. Web MD (webmd.com) mengatakan bahwa membiarkan sinusitis justru bisa membuat iritasi dan memperparah kondisi Anda.

Selain beberapa hal tersebut, masih banyak penyebab lain yang perlu Anda waspadai. Misalnya, radang tenggorokan, infeksi virus lain, infeksi jamur, iritasi akibat obat atau makanan tertentu, GERD, dan lain sebagainya.

Strep Throat

Strep throat merupakan radang tenggorokan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri. Selain menyebabkan tenggorokan sakit untuk menelan, infeksi bakteri juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti demam dan pembengkakan pada kelenjar getah bening.

Herpes Simplex Virus

Infeksi virus bisa jadi salah satu penyebab tenggorokan sakit untuk menelan

Penyebab sakit tenggorokan lainnya yang disebutkan Web MD adalah herpes simplex virus. Kondisi tersebut bisa sembuh dalam beberapa hari. Untuk mempercepat proses penyembuhan, hindari makanan asam dan stres serta tingkatkan waktu istirahat Anda.

Obat dan Makanan

Beberapa jenis obat dan makanan tertentu bisa menyebabkan iritasi saat tersangkut di tenggorokan. Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk minum obat dengan minimal setengah gelas air. Setelah itu, duduk tegak selama 10 menit supaya obat tak menyangkut.

GERD

Selain menimbulkan sensasi terbakar atau nyeri dada, GERD juga dapat menyebabkan tenggorokan sakit untuk menelan. Hal itu dikarenakan zat asam dalam lambung kembali menuju mulut. Kondisi tersebut juga bisa menyebabkan Anda mual dan muntah.

Bila kondisi tersebut sering berulang, misalnya lebih dari dua kali dalam seminggu, segera periksakan diri ke dokter. Dengan begitu, dokter akan meresepkan obat sesuai dengan kondisi Anda. Mengatur makanan yang Anda konsumsi sehari-hari juga dapat dilakukan untuk mencegah efek GERD yang lebih parah.

 

sehat.kontan

Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar

Lazada Indonesia