Membatasi Penggunaan Gadget dan Internet Pada Anak

 

tips Membatasi Penggunaan Internet Pada Anak


Anda boleh-boleh saja memberikan gadget pada anak. Orang tua biasanya menganggap gadget sebagai musuh, sebenarnya gadget dan internet sebenarnya bukan musuh, asal digunakan dengan bijak.

Dilansir situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), anak yang masih berusia di bawah 2 tahun sebaiknya tidak perkenalkan dengan internet terlebih dahulu. Sementara untuk anak berusia 2 sampai 5 tahun, ada batasan waktu penggunaan internet, yakni maksimal 1 jam; itu pun harus didampingi orang tua atau orang dewasa yang bisa dipercaya. Pada anak yang berusia di atas 5 tahun, pemakaian internet harus dipastikan tidak mengganggu waktu tidur dan belajarnya.

Penggunaan gadget dan internet sebenarnya punya manfaat untuk anak, seperti membuat anak mengenal teknologi dan mendapat berbagai informasi. Meski begitu, penggunaannya tetap tidak boleh berlebihan. Bagaimana cara membatasinya :


Buatlah Kesepakatan

Ajak anak berdiskusi terkait waktu mengakses internet serta aturan-aturan lain yang Anda tetapkan, misalnya, boleh mengakses internet di luar ketentuan jika digunakan untuk keperluan tugas sekolah.

Kesepakatan ini perlu disampaikan sejak awal, oleh orang tua. Tujuannya agar anak disiplin dan tidak merengek untuk meminta gadget-nya kembali.


Gunakan Sistem Parental Control

Selain bisa mengontrol dan membatasi durasi bermain dan browsing internet, Parental control di telepon genggam, tablet, dan laptop juga bisa menyaring dan memblokir konten yang tidak sesuai dengan usia anak. Aplikasi ini kini tersedia banyak di App Store maupun Google Play Store.


Menerapkan Area Bebas Gadget

Jangan meletakkan TV di kamar anak, apalagi memberikan anak gadget pribadi sebelum waktunya. Bila anak Anda ingin mengakses internet, pastikan mendapat pengawasan orang tua sepenuhnya. Salah satu caranya dengan menunda pemberian gadget pribadi untuk anak.

Selain itu, Anda juga bisa terapkan beberapa hari bebas gadget. Misalnya hari Senin dan Selasa tidak boleh menggunakan internet, atau hari yang telah Anda dan anak sepakati sebelumnya.


Pilih Provider yang Tepat

Memilih provider juga penting, Guys. Anda dapat mencari provider yang menawarkan program internet aman untuk keluarga atau menawarkan family protection. 

Anda dapat membatasi penggunaan internet pada si kecil, melatih anak untuk lebih bertanggung jawab dan berhati-hati dalam menggunakan internet, serta tidak menjadikan anak sebagai heavy user internet di usia SD atau SMP.

Hal ini juga membantu anda menghemat pengeluaran untuk konsumsi internet anak karena tidak perlu bolak-balik lagi beli internet tiap minggu



elscomputer

SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile