Bagaimana Mencegah Akun Game Kamu Dihack

Bagaimana Mencegah Akun Game Kamu Dihack





Bermain game adalah salah satu sarana rekreasi dan hobi. Tapi layaknya banyak hobi, bermain game juga memerlukan komitmen waktu dan kadang biaya yang tidak sedikit. Kamu tentu tidak ingin komitmen yang kamu keluarkan tersebut hilang begitu saja akibat orang yang tidak bertanggung jawab.

Mayoritas ekosistem game saat ini berada di ruang digital, risiko terjadinya pencurian data game jadi lebih tinggi dan tidak bisa ditebak. Jika tidak dijaga dengan benar atau kamu melakukan hal yang sembarangan, akun kamu akan dicuri oleh hacker atau dibann oleh developer karena melanggar aturan. Artinya waktu dan biaya yang kamu keluarkan ke akun tersebut akan terbuang percuma. Lebih parah lagi, ada kemungkinan akun digital kamu yang lain juga dalam bahaya.



1. Lakukan Account Binding

Game di era modern saat ini berusaha untuk mempercepat proses registrasi dan tutorial, terutama di game mobile. Kamu mungkin sudah bisa mulai bermain tanpa benar-benar mendaftarkan akun dengan benar (dan bermain sebagai guest user). Agar akun ini tidak hilang begitu saja, pastikan kamu melakukan account binding.
Lakukan account binding dengan memasukkan akun media sosial, email, dan/atau nomor handphone ke akun game kamu. Tidak hanya itu, beberapa game juga punya situs atau sistem akun sendiri yang bisa kamu daftarkan.

2. Gunakan Password yang Unik untuk Setiap Akun yang Kamu Buat

Ketika membuat akun game baru atau di produk digital manapun, pastikan akun kamu punya password yang unik, terutama jika kamu membuat akun menggunakan email yang sama. Maksudnya adalah pastikan password akun barumu berbeda dengan password di akun-akun kamu yang lain, baik akun game, email yang kamu gunakan, atau akun digital lainnya.
Membuat password yang unik di semua akun akan mengurangi risiko akun game kamu (dan akun lainnya) ikut dibobol ketika ada satu akun kamu bobol di tempat lain. Karena sebagus apapun kamu menjaga keamanan akunmu, risiko dibobol oleh pihak tidak bertanggung jawab tetap ada. Jadi jika suatu hari salah satu akun kamu di-hack, paling tidak akun kamu yang lain tidak ikut terkena hack.

3. Hindari Membeli Akun atau Bentuk Praktik Account Sharing Ilegal Lainnya

Kamu mungkin pernah melakukan account sharing dengan teman atau kerabat. Jika kamu bermain game mobile, kamu mungkin pernah membeli akun dari orang lain di marketplace atau media sosial. Saran kami, sebisa mungkin hindari melakukan praktik ini terutama dengan orang yang tidak kamu kenal.
Menggunakan akun yang sebelumnya milik orang lain berarti menggunakan akun yang tidak sepenuhnya milikmu. Artinya orang lain ini mungkin masih bisa melakukan sesuatu ke akun tersebut, apalagi jika prosedur kamu melakukan account sharing sama sekali tidak aman. Jika kamu membeli akun dari orang lain, masih ada peluang akun tersebut akan diklaim kembali oleh orang tersebut. Ini belum lagi mempertimbangkan risiko hukuman dari developer game yang melarang dan risiko bocornya informasi kamu ke orang lain.

4. Jangan Pernah Memberikan Informasi Akun Kamu ke Orang Asing

Meskipun sempat kami sebut di poin sebelumnya, kami akan menekankan sekali lagi: Jangan pernah memberikan informasi akun kamu ke orang tidak dikenal.
Di luar sana ada banyan penawaran terkait game dengan harga yang murah, bahkan terlalu murah. Kamu mungkin melihat jasa top-up dengan harga miring, orang yang menjual game atau akun game dengan harga yang sangat murah, atau penawaran menarik yang sangat bersahabat dengan kantong. Tapi mayoritas proses ini biasanya memintamu memberikan informasi akun kamu, termasuk password.
Memberikan informasi akun kamu ke orang lain berarti membiarkan akun kamu berisiko terkena hack oleh orang lain. Jika tidak sekarang, mungkin nanti.

5. Gunakan Two-Factor Authenticator

Beberapa layanan game memiliki fitur Two-Factor Authenticator Google. Ini akan membuat akun kamu jadi lebih aman karena memiliki satu lapis keamanan lagi untuk login. Artinya ketika password akun kamu bocor, orang yang berniat mencurinya tidak akan bisa masuk dengan mudah.
Menggunakan Two-Factor Authenticator juga tidaklah sulit. Ikuti instruksi pemasangannya di akun game kamu, dan jangan lupa install aplikasi Authenticator di smartphone. Setelah itu setiap kali kamu login dan diminta untuk memasukkan kode keamanan, cukup buka Authenticator tersebut dan masukkan angka yang tertera.

Pada akhirnya, cara menjaga keamanan akun game kamu sebenarnya sama dengan cara menjaga keamanan akun digital lainnya. Hindari melakukan hal yang mencurigakan atau ilegal, dan lapisi keamanan akunmu jika memungkinkan.



gimbotcom/Kaoru
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Bagaimana Mencegah Akun Game Kamu Dihack"