b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Alasan Kenapa Kucing Bisa Belang Tiga


Alasan Kenapa Kucing Bisa Belang Tiga



Tentu saja kita pernah melihat kucing belang tiga dengan kombinasi yang cantik pula, hal tersebut banyak menimbukan pertanyaan bagi mana jika kedua induknya hanya memiliki satu warna atau dua warna saja tapi anak kucingnya menjadi belang tiga, berikut ini adalah alasan kenapa kucing bisa berwarna belang tiga serta sedikit mitos yang dipercaya 


Untuk kucing belang dua


Kucing belang tigakucing tiga warnakucing telonkucing kaliko atau kucing belacu adalah kucing domestik yang memiliki warna putih dengan warna belang dari dua warna lain, yaitu warna oranye dan hitam. Di luar Amerika Utara, pola ini lebih biasa disebut dengan sebutan Calico atau tempurung-kura-kura-dan-putih. Di provinsi Quebec, mereka kadang-kadang menyebutnya dengan sebutan chatte d'Espagne (bahasa Prancis untuk 'kucing (betina) dari Spanyol'). 

Nama lain dari kucing ini adalah belang-belang, tiga warna, mi-ke atau - (bahasa Jepang untuk 'kucing dengan tiga warna') dan lapjeskat (bahasa Belanda untuk 'kucing belang'); kucing belang tiga dengan warna dilusiannya dipanggil dengan sebutan kucing "kalimanko" atau "harimau dahan" . Kadang-kadang, kucing belang tiga dikombinasikan dengan pola bulu kucing. Kucing belang tiga dengan belang tabi disebut dengan "kalibi" .[1]

"Belang tiga" hanya merujuk pada pola warna pada bulu kucing, bukan ras kucing.[2] Hal ini tidak masuk ke dalam daftar ras. Ras kucing yang dapat memiliki belang tiga adalah ras manx, kucing bulu pendek amerika, kucing bulu pendek britania raya, persia, kucing ekor bundel jepang, kucing bulu pendek eksotis dan kucing van turki.

Hal ini karena penentuan genetik dari beberapa warna bulu pada kucing ini berhubungan dengan kromosom X. Kucing belang tiga hampir selalu dimiliki oleh kucing betina,[2][3] sehingga kucing jantan dengan belang tiga menjadi langka, dan umumnya hal ini karena kucing jantan memiliki gangguan vitalitas dan hampir semua kucing jantan dengan tiga warna adalah mandul. Kecacatan ini terjadi akibat lebihnya kromosom X pada kucing jantan, yaitu memiliki kromosom XXY.


Genetik 


Kucing bisa Belang tiga

Kucing jantan memiliki kromosom Y, sedangkan betina adalah X. Kucing jantan yang normal memiliki kromosom XY, sedangkan betina normal adalah XX. Genetik kucing yang menyebabkan warna bulu berwarna oranye atau hitam terkandung dalam kromosom X. 

Setiap kucing betina yang normal memiliki dua kromosom X, yang berarti kromosom kucing betina adalah XX. Karena memiliki kromosom XX, maka kucing betina dapat memiliki dua warna sekaligus, yaitu oranye dan hitam. Sedangkan, kucing jantan normal mempunyai kromosom XY, yang berarti hanya memiliki satu kromosom X. Karena memiliki satu kromosom X, 

maka kucing jantan hanya dapat memiliki satu warna saja bukan dua warna sekaligus seperti kucing betina, yaitu warna oranye atau hitam. Bulu berwarna putih bukanlah gen warna, namun ia adalah gen modifikasi yang tidak terpengaruh dengan kromosom seks (kromosom X dan Y).



Evolusi Kucing


Semakin banyak gen putih pada kucing maka warna hitam-merah pada kucing semakin terpisah dan tidak bercampur

Kucing tempurung kura-kura (kucing dengan warna hitam dan oranye) yang telah memiliki dua warna ini akan berubah menjadi belang tiga jika terdapat gen modifikasi "bintik putih". Kucing tempurung kura-kura dengan sedikit atau tanpa warna putih cenderung memiliki bulu belang-belang bercampur. Namun, semakin banyak warna putih maka semakin terpisah warna hitam dan merahnya dan tidak bercampur.


Cerita rakyat

Kucing belang tiga diyakini membawa keberuntungan dalam cerita rakyat dari berbagai budaya. Di Amerika Serikat, kadang-kadang kucing ini disebut dengan kucing uang.Bahkan patung kucing bernama Maneki Neko dari Jepang yang diyakini membawa keberuntungan ini juga memiliki tiga warna (kucing belang tiga) pada bulunya. Selain itu, kucing belang tiga juga adalah kucing yang terkenal di negara bagian Maryland di Amerika Serikat. Tapi Di Indonesia, berkembang mitos apabila kucing belang tiga lahir jantan maka akan dimakan induknya.



wikipedia
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar