Gejala dan Jenis Wasir

Gejala dan Jenis Wasir
Gejala dan Jenis Wasir


Wasir merupakan jenis penyakit yang terjadi karena adanya pembengkakan pada pembuluh darah yang terletak di sekitar anus, secara bertahan wasir ini dapat keluar dan menojol. Hal ini sering kali disebabkan oleh beberapa faktor yang diantaranya yaitu mengejan terlalu keras pada saat buang air besar, menderita diare dalam waktu yang cukup lama, memiliki berat badan berlebih dan juga dapat disebabkan oleh sembelit.
Bagi penderita wasir pastinya akan merasakan ketidaknyamanan yang juga menimbulkan rasa nyeri pada saat buang air besar dan juga duduk. Apabila kondisi wasir sudah sangat para, biasanya tidak dapat disembuhkan dengan cara mengkonsumsi obat ataupun dengan metode pengobatan lain, tetapi harus segera dilakukan operasi untuk menyembuhkannya. Pastinya dengan memilih jalan operasi tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan, untuk itu jangan sepelekan gejala wasir.
Wasir ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu :
  1. Wasir internal (hemoroid internal)
Wasir internal merupakan jenis wasir yang dapat dicegah dengan cara menghilangkan kebiasaan mengejan terlalu kerasa pada saat buang air besar (BAB). Jika wasir internal ini dibiarkan terlalu lama dapat menyebabkan wasir menonjol keluar.
  1. Wasir ekstrenal
Sedangkan wasir eksternal merupakan jenis wasir yang letaknya berada di samping atau pinggir dubur. Wasir eksternal ini biasanya dapat disebabkan oleh terlalu keras mengejan pada saat buang air besar, sehingga menyebabkan darah yang terdapat pada saluran pembuluh darah akan membentuk gumpalan atau benjolan yang sangat keras berwarna kebiruan. Kondisi seperti ini disebut dengan thrombosis. Pasien yang mengalami wasir eksterna thrombosis dapat merasakan rasa sakit yang sangat luar biasa pada saat duduk atau buang air besar.
Ciri-ciri Wasir
Lalu, gejala apa saja yang dapat ditimbulkan bagi penderita wasir? Simak penjelasannya berikut ini.
Untuk dapat memastikan anda terkena wasir atau tidak, simak beberapa gejala wasir berikut ini, diantaranya yaitu :
  1. Terjadinya pendarahan pada bagian anus, jenis pendarahan tersebut dapat berupa tetesan, aliran secara tiba-tiba ataupu bercak pada saat menggunakan tisu toilet. Namun biasanya gejala ini jarang kita sadari karena tidak menimbulkan rasa nyeri sama sekali.
  2. Terasa ada yang mengganjal pada saat sedang buang air besar, sehingga terasa tidak nyaman pada saat mengejan. Kebiasaan mengejan dengan kuat dapat menyebabkan wasir semakin parah.
  3. Sering merasa gatal pada area anus. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pada gejala wasir internal rasa gatal tersebut dapat disebabkan oleh karena adanya iritasi ataupun adanya pembentukan lendir. Sedangkan pada penderita wasir eksternal rasa gatal tersebut dapat disebabkan oleh karena adanya sisa kotoran yang sulit untuk dibersihkan sehingga menjadi tempat berkumpulnya kuman dan bakteri.
Tingkat keparahan
Menurut dari tingkat keparahan, wasir dapat terbagi menjadi 4 tingkatan, yaitu :
  1. Pembengkakan belum terlihat, terjadi pendarahan pada saat BAB, tidak terasa sakit.
  2. Wasir mulai keluar dari anus tetapi dapat kembali masuk setelah selesai BAB.
  3. Pada saat BAB wasir akan keluar dan tidak dapat masuk kembali jika tidak dibantu dengan jari dengan cara ditekan.
  4. Wasir akan mudah keluar dan juga masuk setiap melakukan aktivitas fisik.
Walaupun wasir ini bukan jenis penyakit yang berbahaya dan mengakibatkan kematian, tetapi tetap harus selalu diwaspadai karena penyakit wasir merupakan jenis penyakit yang mudah kambuh dan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Gejala dan Jenis Wasir"