Mitos Dan Fakta Tidur Siang

Mitos Dan Fakta Tidur Siang
Mitos Dan Fakta Tidur Siang


Tidur siang punya banyak manfaat untuk tubuh. Hanya saja, masih banyak mitos yang membuat Anda jadi ragu untuk melakukannya. Mengutip Huffington Post, ada beberapa mitos soal tidur dan fakta kebenarannya.


Mitos 1. Tidur siang hanya untuk si pemalas
Fakta: Menurut laporan LiveScience, tidur siang yang singkat bisa membantu meningkatkan kewaspadaan, ingatan untuk kreativitas serta produktivitas.

Mitos 2. Setelah bangun tidur siang, saya hanya akan merasa lebih buruk
Fakta: Perasaan grogi setelah bangun tidur siang adalah hal yang nyata. Ini disebut sebagai sleep inertia. Hanya saja ini bukan jaminan kalau Anda akan selalu mengalami hal ini.
Bagaimana perasaan yang Anda alami pascatidur siang bisa jadi karena pengaruh lamanya Anda tidur. Para ahli sepakat bahwa tidur siang seharusnya tak lebih dari 30 menit.
"Jika Anda tidur lebih dari 30 menit, maka Anda akan mengalami tidur nyenyak," kata ahli tidur, Michael J. Breus.
"Lebih dari 30 menit akan membuat Anda masuk dalam tahap lelap dan akibatnya susah untuk keluar dan suasana hati jadi buruk."

Mitos 3. Anda tak boleh tidur siang di kantor
Fakta: Saat setelah makan siang adalah waktu-waktu berbahaya. Pasalnya Anda akan merasa sangat mengantuk. Sebenarnya tak ada yang melarang Anda untuk tidur siang di kantor.
Tidur siang akan membantu meningkatkan kreativitas saat bekerja. Beberapa kantor ada yang menyediakan waktu khusus bagi para karyawannya untuk tidur siang. Akan tetapi kalau kantor Anda tak memberi waktu khusus tidur siang, Anda bisa memanfaatkan sedikit waktu istirahat siang Anda untuk tidur. Lagipula tidur siang tak butuh waktu lama.

Mitos 4. Minum kopi sebelum tidur siang akan membuat Anda jadi 'melek'
Fakta: Percaya atau tidak, ada yang namanya kafein tidur. Ini akan membuat Anda untuk tertidur. Agar kopi benar-benar bisa membuat Anda tidur, minumlah secangkir kopi atau teh kemudian tidurlah.
Saat tidur, kafein akan mulai bekerja. Kafein akan mulai efektif bekerja 30 menit setelah Anda meminumnya. Jadi ketika Anda bangun, Anda justru akan merasa segar.

Mitos 5. Saya akan lebih produktif kalau saya menyelesaikan pekerjaan dibanding buang waktu untuk tidur
Fakta: Memang, saat tidur siang, Anda akan menjauh dari meja dan tak akan mengerjakan tugas. Namun sebenarnya tidur siang tak akan membuang waktu Anda.
"Penelitian saya menunjukkan bahwa kondisi seseorang memburuk. Sulit untuk mempertahankan produktivitas," kata peneliti ahli soal tidur, Sara Mednick.
Dia mengungkapkan bahwa tidur siang akan membuat Anda kembali segar dan lebih siap bekerja


sumber : cnnindonesia
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Mitos Dan Fakta Tidur Siang"