b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan

Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan
Manfaat kolang-kaling untuk kesehatan


Kolang kaling tentu tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pada bulan Ramadan, bahan pangan berbentuk lonjong dengan warna putih transparan ini menjadi sangat populer. Rasanya yang segar membuat banyak orang ingin mengonsumsinya saat berbuka puasa.  Kolang-kaling berasal dari biji buah aren.

Cara Membuat kolang-kaling :

 Untuk membuat kolang-kaling, biasanya dilakukan dengan cara membakar buah aren hingga hangus. Tujuannya adalah untuk menghilangkan getahnya yang terasa sangat gatal jika terkena kulit. Setelah dibakar, buah aren dibelah untuk diambil bijinya. Kemudian, biji buah aren ini direbus selama beberapa jam. Selanjutnya, selama beberapa hari direndam dalam larutan air kapur hingga mengalami fermentasi.

Kandungan Gizi dalam Kolang - Kaling :

Kolang-kaling kaya akan kandungan gizi. Biji buah aren ini mengandung air yang sangat tinggi. Setiap 100 gram kolang-kaling, kadar airnya mencapai 93,8 %. Kandungan lain pada kolang-kaling adalah protein, karbohidrat, abu, kalsium, dan serat kasar. Tak hanya enak rasanya dan mengenyangkan, kolang-kaling ternyata juga memiliki manfaat untuk kesehatan

1. Mencegah osteoporosis
Osteoporosis merupakan salah satu jenis penyakit yang ditakuti oleh banyak orang, terutama para lansia. Sebab, ketika penyakit ini datang, dampaknya bisa sangat luar biasa. Penderita osteoporosis bisa mengalami pembungkukan tubuh atau bahkan patah tulang. Penyebab penyakit ini adalah kurangnya asupan kalsium untuk tubuh yang terjadi dalam jangka panjang. Salah satu manfaat dari kolang-kaling adalah mencegah osteoporosis.
Kandungan kalsium pada kolang-kaling cukup tinggi, yaitu mencapai 91 miligram untuk setiap 100 gram kolang-kaling. Kandungan kalsium yang tinggi ini tentu dapat membantu memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Oleh karena itu, konsumsi kolang-kaling dapat mencegah terjadinya osteoporosis atau pengeroposan tulang.


2. Melancarkan pencernaan
Kolang-kaling mengandung air dan serat kasar yang tinggi. Tidak diragukan lagi, kandungan ini sangat bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Selain itu, kolang-kaling juga mengandung karbohidrat yang mengenyangkan dan dapat menjadi sumber energi. Jadi, jika Anda tengah menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, biji buah aren sangat cocok untuk Anda konsumsi.


3. Mengatasi radang sendi
Kolang kaling mengandung galaktomanannan. Kandungan ini bermanfaat untuk meredakan sakit akibat peradangan pada sendi. Mengonsumsi kolang-kaling rebus, tanpa penambahan warna dan gula, sebanyak 100-200 gram sehari dapat membantu mengatasi penyakit radang sendi.

Manfaatkolang-kaling untuk kesehatan ternyata luar biasa dan tidak dapat diabaikan. Jika Anda ingin menjaga kesehatan atau mengatasi gangguan kesehatan jenis tertentu, kolang-kaling dapat menjadi alternatif pilihan. Jadi, mulai saat ini, Anda membiasakan untuk lebih banyak mengonsumsi kolang-kaling untuk memetik manfaatnya. Jika sebelumnya Anda mengonsumsi kolang-kaling hanya pada bulan Ramadan, mulai sekarang Anda bisa mengonsumsinya setiap hari dan merasakan manfaatnya untuk kesehatan Anda.


Infosehat.com
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

2 komentar