Ibu Hamil Boleh Makan Es Cream ?

Ibu Hamil Boleh Makan Es Cream ?
Ibu Hamil Boleh Makan Es Cream ?



Bagi ibu-ibu yang sedang hamil kebanyakan pasti merasakan ngidam. Kepingin makan ini lah atau itu lah, semua semata-mata karena ngidam. Katanya kalau ngidamnya ga dipenuhi bisa pamali dan anaknya nanti bakal sering ngeces. Permintaan ngidam ibu-ibu yang sedang hamil memang macam-macam, termasuk ngidam kepingin makan es krim.

Es krim memang makanan yang enak banget sih. Siapa sih yang ga suka makan es krim? Tapi ternyata bagi ibu-ibu yang sedang hamil, makan yang satu ini sebaiknya mengurangi mengkonsumsinya. Mengkonsumsi makanan yang manis dan tidak berlebihan tentu masih dibolehkan selama masa kehamilan. Tetapi jika kamu yang sedang hamil mengkonsumsi makanan manis secara berlebihan akan beresiko karena es krim mengandung kadar gula yang banyak dan juga kalori. 

Tapi yang perlu kamu tau, es krim juga mengandung kalsium yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi anak yang dalam kandungan. Walaupun begitu, tetap saja kamu mesti waspada sama bakteri Listeria. 
Listeria adalah infeksi berbahaya yang disebabkan oleh bakteri yang disebut Listeria monocytogene. Listeria monocytogenes adalah bakteri patogen yang pertumbuhannya menyukai pada suhu yang dingin, dan bisa bertahan hidup pada saluran pencernaan, apabila kita mengkonsumsinya kemduian menembus pada dinding usus dan mengikuti aliran darah hingga menembus plasenta yang dapat menyebabkan keguguran / bayi meninggal. Makanan yang mengandung Listeria monocytogenes biasanya ditemukan di toko toko seperti toko daging, keju dan susu.   

Bahaya listeria juga bisa disebabkan oleh mesin pendingin. Apabila mesin pendingin tersebut tidak dibersihkan dengan benar, maka listeria bisa mulai tumbuh di dalam mesin pendingin dan menjalar terhadap es krim tersebut, karena itu sebaiknya makan es krim yang kandungannya terdapat susu pasteurisasi. Susu pasteurisasi adalah susu sapi yang diolah dengan proses pemanasan suhunya hingga 75 derajat celcius dalam waktu 15 detik fungsinya untuk mencegah rusaknya kadar kandungan didalam susunya  sehingga dapat menjaga kualitas nutrisinya dan terhindar dari rusaknya aktifitas mikroorganisme serta menjaga kualitas nutrisi susu, biasanya aman bagi anda untuk dikonsumsi saat kamu hamil.


Kamu dapat dengan aman makan es krim, jika anda mendatangi sebuah toko yang bersih. Hal ini sangat penting untuk kita tahu apakah mesin pendinginnya dibersihkan setiap hari atau tidak. Karena dalam setiap makanan tersebut, listeria tidak dapat dideteksi, tidak seperti jenis bakteri yang lain, karena itu pembekuan terhadap es krim tidak mempengaruhi listeria sehingga masih bisa tumbuh di didalam es krim itu sendiri.


bidanku
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Ibu Hamil Boleh Makan Es Cream ?"