Pengertian UEFI Pada Komputer Dan Kelebihannya

Pengertian UEFI Pada Komputer Dan Kelebihannya
Apa Itu UEFI Pada Komputer

Bagi Anda yang sering berhubungan dengan komputer kata UEFI pasti sudah sangat sering terdengar. Meskipun UEFI ini tergolong teknologi terbaru dalam dunia komputer, tetapi bagi Anda yang ingin mendalami dunia komputer seharusnya tahu lebih dalam lagi.
UEFI (Unified Extensible Firmware Interface) adalah standar tampilan interface terbaru dari pengembangan BIOS. Firmware ini lebih memudahkan penggunanya untuk mengakses pengaturan dari hardware komputer. Tampilan yang lebih keren dan dinamis membuat penggunanya akan lebih nyaman ketimbang hanya menatap layar biru dengan tulisan putih pada BIOS terdahulu. Fungsi utamanya tidak jauh berbeda dengan BIOS yang akan mengecek berbagai komponen hardware yang melekat pada motherboard Anda.
Tampilan dari UEFI ini berbeda – beda tergantung dari produsen motherboardnya. Salah satu keunggulan lainnya adalah Anda sudah dapat menggunakan mouse untuk mengoperasikannya. UEFI ini hanya akan Anda lihat pada motherboard – motherboard terbaru saat ini. kenapa UEFI ini diciptkan? Itu karena beberapa kelebihan – kelebihannya berikut dibanding dengan BIOS.
  • Dari segi tampilan sudah sangat jauh berbeda dari BIOS. Seperti yang Saya tulis pada paragraf diatas sebelumnya, bahwa tampilan dari UEFI lebih fresh dan dinamis dibanding dengan BIOS. Dan, tampilan ini sesuai dengan jenis motherboard yang Anda gunakan.
  • Kelebihan lainnya adalah, dukungan mouse yang lebih memudahkan Anda untuk mengakses menu – menu yang ada. Tidak seperti dari BIOS yang hanya menggunakan keyboard untuk menggerakkannya.
  • FItur yang lebih lengkap dan dapat ditambahkan program dan driver di dalamnya.
  • Keamanannya UEFI lebih terjamin dibanding BIOS. Dapat melindungi proses booting dari komputer Anda dari serangan boot kit.
  • Sudah support dengan perangkat 64 bit.
  • Kapasitas harddisk yang mendukungnya hingga mencapai 2,2 TB.
  • Waktu startup yang lebih cepat, walaupun ketika berada pada mode sleep atau hibernate.
Dibalik kelebihan yang dimiliki oleh UEFI ini sudah tentu juga selalu ada kekurangannya. Salah satu dari kekurangan teknologi user interface firmware UEFI ini adalah tidak semua sistem operasi mendukungnya. Tapi, dalam perkembangannya pihak pengembang motherboard akan selalu mencoba untuk mengembangkannya agar mampu digunakan oleh berbagai jenis sistem operasi.
segiempat.com
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Pengertian UEFI Pada Komputer Dan Kelebihannya"