b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Jenis Kerusakan Pada Monitor CRT / Monitor Tabung

Jenis Kerusakan Monitor CRT / Monitor tabung
Jenis Kerusakan Monitor CRT / Monitor tabung

Monitor jenis CRT ini sudah banyak dijadikan benda museum atau barang antik yang disimpan dirumah ataupun diperkantoran. Tidak sedikit juga kita temukan monitor CRT berada di tempat service hanya ditumpuk.
Monitor CRT memang cukup besar dan berat tapi masih memiliki kelebihan yang masih diperlukan oleh sebagaian user. Untuk mengetahui selengkapnya tentang kelebihan dan kekurangan monitor CRT bisa Anda kunjungi artikel Saya sebelumnya disini. Perkantoran yang kekurangan modal untuk membuka sebuah kantor biasanya masih menggunakan monitor CRT sebagai layar untuk komputer pekerjanya. Nah, untuk Anda yang diberi hadiah sebuah monitor CRT oleh bos Anda ditempat kerja sebaiknya Anda membaca artikel berikut, agar bisa lebih user friendly dengan monitor Anda. Artikel kali ini akan membahas mengenai jenis-jenis kerusakan yang umumnya terjadi pada monitor CRT.
  1. Tidak ada tampilan
    Monitor tidak ada tampilan tapi masih terdapat tegangan listrik yang masuk biasanya permasalahannya pada daya listrik dan port VGA. Lakukan pengecekan pada power supply monitor dan cek tegangan disetiap transistor blok horizontal dan vertical pada monitor. Jika tegangan pada kedua blok tersebut masih normal, silahkan cek pada port VGA komputer Anda mungkin ada kesalahan. Cabut kembali kemudian pasang lagi.
  2. Mati total
    Monitor yang mati total itu biasanya disebabkan karena tidak adanya daya listrik yang masuk. Daya listrik yang tidak masuk ini biasanya disebabkan karena kerusakan pada power supply atau pada salah satu trafo pada blok horizontal. Namun, pengecekan paling awal yang sebaiknya Anda lakukan adalah colokan power listrik Anda tidak terpasang.
  3. Gambar gelap
    Gambar gelap ini biasanya disebabkan karena pengaturan pada VGA Anda yang mengurangi brightnes dan contrast. Namun, jika pengaturan ini normal bisa Anda cek usia dari monitor CRT Anda. Usia dari monitor CRT ini memang menjadi salah satu penyebab monitor Anda mengalami kerusakan.
  4. Warna yang tidak lengkap
    Tampilan warna yang kurang biasanya mengarah pada VGA komputer. Tapi, jika pada VGA Anda masih normal sebaiknya Anda cek pada monitor CRT Anda. Cek pada blok video mungkin beberpa resistor dan trasnsistornya longgar dan harus dikencangkan kembali dengan menggunakan solder manual.
  5. Ukuran gambar yang tidak normal
    Terkadang ukuran gambar dari monitor Anda tiba menyempit kebawah dan keatas. Setelah dipukul atau digoncang sedikit akan kembali normal lagi. Dan ketika mendapat guncangan lagi akan kembali menyempit lagi. Kejadian seperti ini biasanya disebabkan blok horizontal dan vertical pada monitor sudah mulai rusak. Perika semua transistor dan resistor yang sudah rusak atau longgar dan kemudian ganti yang baru sesuai dengan tegangannya.

segiempat
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar