Cara Unik Mengatasi Rasa Pedas Cabe

 Cara Unik Mengatasi Rasa Pedas Cabe
 Cara Unik Mengatasi Rasa Pedas Cabe


Bagi para Penyuka hidangan pedas pasti tahu rasanya jika lidah masih belum terasa "membakar", mereka perlu menambahkan lagi taburan bubuk cabai atau sambel ke makanan. Namun, ketika makanan sudah habis, sensasi pedas tersebut dapat bertahan cukup lama di lidah.

Untuk menetralkan kembali lidah dari sensasi pedas, cara paling mudah untuk dilakukan adalah minum air. Namun, sebenarnya ada cara yang lebih efektif dalam menghilangkan sensasi tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

1. Minum susu
Untuk melenyapkan sensasi pedas di mulut, susu putih tawar bisa dijadikan andalan. Menurut American Chemical Society, protein di dalam susu yang disebut kafein membantu untuk memecah ikatan capsaicin (senyawa yang memberikan sensasi pedas dari cabai) dengan reseptor saraf.

2. Minum minuman beralkohol
Minuman beralkohol juga bisa membantu meringankan sensasi pedas pada mulut, meskipun hanya sementara. Karena minyak dan air tidak dapat bersatu, maka minuman beralkohol hanya akan menyebarkan capsaicin untuk mengurangi pedas di satu titik, bukan menetralkannya.

3. Makan satu sendok makan gula
Manisnya gula dapat menetralkan pedas. Gula bergranulasi dan madu dapat mengurangi sensasi "membakar" pada lidah. Gula dapat menyerap minyak pedas dan memberikan rasa berbeda pada lidah.

4. Makan cokelat susu
Makan cokelat merupakan cara praktis untuk menghilangkan sensasi membakar dalam mulut. Lemak tinggi pada cokelat membantu menghilangkan capsaicin di mulut karena senyawa itu mudah larut dalam lemak dibandingkan air. Cokelat susu lebih cepat menghilangkan sensasi pedas daripada cokelat hitam karena mengandung lebih banyak lemak.

5. Makan roti
Sepotong roti mampu membantu menghilangkan sensasi "membakar" dari senyawa capsaicin, begitu juga dengan basi. Hal ini karena keduanya bisa membantu menyerap senyawa tersebut dari teksturnya yang kasar.


jakartanet
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk " Cara Unik Mengatasi Rasa Pedas Cabe"