b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Sejarah Alexa.inc ( website Trafic )

Sejarah Alexa.inc ( website Trafic )
Sejarah Alexa.inc ( website Trafic )


Alexa Internet, Inc. adalah sebuah anak perusahaan dari Amazon.com yang berbasis di California, dan menyediakan data komersial terkait traffic web. Didirikan sebagai sebuah perusahaan independen pada tahun 1996, Alexa kemudian diakusisi oleh Amazon pada tahun 1999. Toolbar yang diciptakan oleh Alexa mengumpulkan data berupa kebiasaan berselancar penggunanya di internet dan mengirimkannya ke pusat data Alexa, dimana data-data tersebut disimpan dan di analisa, sehingga menjadi dasar dari laporan web traffic yang diberikan oleh perusahaan kepada pelanggannya. Sebagaimana tercatat pada tahun 2014, Alexa menyediakan data traffic, ranking situs web secara global maupun dalam satu negara tertentu, dan berbagai informasi lainnya pada lebih dari 30 juta situs web yang terdaftar. Situs web Alexa dikunjungi lebih dari 8,8 juta orang setiap bulannya.



Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Nama dari perusahaan ini dipilih terinspirasi dari sebuah perpustakaan bernama "Alexandria" yang ada di California, dengan tujuan untuk menggambarkan hubungan antara pusat penyimpanan data sejak zaman kuno dengan potensi dari internet untuk menjadi pusat data menggantikan posisi perpustakaan.



Perusahaan ini menawarkan sebuah toolbar ciptaan mereka yang memberikan pengguna internet berbagai masukan untuk menentukan tujuan berikutnya dalam berselancar menggunakan internet, berdasarkan dari pola traffic komunitas pengguna internet itu sendiri. Alexa juga menawarkan konteks bagi setiap situs web yang dikunjungi, informasi kepada siapa situs web tersebut didaftarkan, berapa halaman yang dimiliki oleh situs web tersebut, dan seberapa sering isi situs web tersebut diperbaharui.
Operasi Alexa termasuk juga mengarsipkan halaman web yang mereka telusuri. Database ini disimpan dalam sebuah server yang kemudian disebut "Internet Archive" dan bisa diakses melalui sebuah mesin pencari yang dinamakan "Wayback Machine". Pada tahun 1998, perusahaan ini menyumbangkan sebuah salinan yang hanya berukuran 2terabytes dari arsip tersebut kepada Perpustakaan Kongres Amerika. Alexa kemudian memasok Arsip Internet tersebut secara rutin dengan menggunakan mesin penelusuran situs.
Pada tahun 1999, perusahaan tersebut berpindah dari visi aslinya untuk menyediakan sebuah mesin pencari yang cerdas, Alexa pada saat itu diakusisi oleh Amazon.com dengan mahar sekitar US$250 juta dollar Amerika dalam bentuk saham Amazon. Alexa kemudian memulai kemitraan denganGoogle pada awal tahun 2002, dan juga dengan direktori web DMOZ pada bulan Januari 2003. Pada bulan Mei 2006, Amazon mengganti Google dengan Live Search sebagai penyedia dari layanan pencarian Alexa. Dan pada bulan Desember 2006, Amazon merilis Alexa Image Search. terpatri langsung pada website, itu kemudian menjadi aplikasi mayor besar pertama yang dibangun oleh platform web perusahaan tersebut. 

Pada bulan Desember 2005, Alexa membuka indeks pencarian ekstensif dan fasilitas web-crawling untuk program pihak ketiga melalui sebuah kumpulan web services dan APIs. Ini bisa digunakan, seperti misalnya, untuk membangun sebuah mesin pencari vertikal yang bisa berjalan pada server yang dimiliki Alexa sendiri ataupun tempat lainnya. Pada bulan Mei 2007, Alexa mengganti API mereka untuk memenuhi perbandingan hanya kepada tiga buah situs, mengurangi ukuran dari grafik yang ditampilkan menggunakan Flash, dan memasukkan iklan dari BritePic yang sudah menyatu (embedded). 

Pada bulan April 2007, tuntutan hukum terhadap Alexa melawan Hornbaker diajukan untuk pelanggaran atas merk dagang yang dimiliki oleh layanan Statsaholic. Dalam tuntutan tersebut, Alexa menuduh Hornbaker telah mencuri grafik traffic demi keuntungan, dan tujuan utama dari situs mereka adalah untuk menampilkan grafik yang dihasilkan dari server milik Alexa. Hornbaker kemudian mencabut persyaratan Alexa dari layanan yang dimilikinya pada tanggal 19 Maret 2007.

wikipedia
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

1 komentar