Bahayanya Jika Habis Makan Langsung Tidur

Bahayanya Jika Habis Makan Langsung Tidur
Bahayanya Jika Habis Makan Langsung Tidur


Salah satu kebiasaan paling buruk yang sering dilakukan banyak orang yakni tidur sehabis makan. Ketika perut kenyang memang rasanya ngantuk dan membuat kita habis makan lalu tidur. Padahal kebiasaan buruk ini tidak baik untuk kesehatan , ada beberapa bahaya jika habis makan langsung tidur.


Bahaya jika habis makan langsung tidur yakni dapat memicu serangan stroke , penyempitan saluran napas dan sleep apnea, kerusakan pada pembuluh darah di otak serta gangguan pencernaan lainnya seperti maag , dan masalah lambung lainnya.

Kenapa masalah tersebut bisa terjadi. Hal ini disebabkan oleh ritme tubuh yang memerlukan waktu untuk beradaptasi setelah makan, sehingga yang sebaiknya tubuh harus masih dalam keadaan duduk sehingga jika langsung tertidur maka waktu itu akan diganggu oleh aktivitas tidur.

Pada dasarnya , tubuh memerlukan kurang lebih 2-3 jam untuk tidak tidur setelah makan. Hal ini guna mendukug pencernaan makanan dapat bekerja secara maksimal. Dengan jeda waktu tersebut pun memberikan kemudahan pada makanan yang sudah dicerna kemudian masuk ke dalam lambung dan turun ke usus. Sehingga jika setelah makan langsung tidu ini mengurangi risiko peningkatan asam lambung yang menyebabkan refluks pencernaan menuju ke tenggorokan.

Ahli gizi Universitas Ioannina di Yunani yakni Cristina-Maria Kastorini, MSc mengatakan jika refluks asam dari lambung yang menuju kerongkongan akan membuat ketidaknyamanan yang menyebabkan penyempitan saluran napas dan sleep apnea sehingga memunculkan peluang terjadinya kerusakan pada pembuluh darah di otak


merdeka.com
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Bahayanya Jika Habis Makan Langsung Tidur"