b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Membedakan Panas Normal dan Tidak pada Notebook/Laptop

Membedakan Panas Normal dan Tidak pada Notebook/Laptop



Tentunya kita tidak bisa lepas dari laptop dan menggunakannya selama berjam-jam apalagi sudah melakukan Aktivitas yang seru. pernahkah kamu memegang badan laptop dan merasakan suhu laptop yang agak panas? Terkadang Para Pengguna Notebook mungkin menemukan suhu laptopnya terasa sangat panas.
Beberapa bahkan bisa dikategorikan overheat, sampai-sampai si laptop melakukan ‘auto-shutdown’. Kira-kira apa ya, yang menyebabkan hal ini terjadi?

Sebenarnya, saat notebook atau netbook terasa hangat atau panas,  tidak perlu panik. Bukan berarti laptop rusak, kendati demikian laptop yang terasa hangat atau panas memang disebabkan oleh sesuatu. Beberapa penyebabnya antara lain:
  • Penggunaan laptop terus menerus untuk jangka waktu yang cukup lama, misalnya dinyalakan 10 jam nonstop.
  • Laptop normal biasanya terasa agak hangat ketika sedang di-charge.
  • Bila laptop dipakai untuk menjalankan program atau aplikasi yang membuat prosesor bekerja lebih berat, misalnya bermain games atau memutar video.
Untuk penyebab tersebut, rasa hangat yang dihasilkan masih tergolong wajar. Namun, ada juga beberapa penyebab yang harus dihindari atau diwaspadai, karena jika dibiarkan dapat merusak komponen di dalam laptopmu, . Beberapa di antaranya adalah:
  • Saat laptop digunakan di atas permukaan yang tidak rata, lembut dan terbuat dari kain seperti bantal, kasur, seprai atau selimut, maka ventilasi udara laptop akan terhambat sehingga laptop terasa hangat atau panas.
  • Debu yang menumpuk di dalam ventilasi udara laptop dapat menyebabkan udara dan panas tidak mengalir keluar dengan benar. Jika hal ini terjadi, dapat menggunakan compressed air yang dijual dalam kemasan kaleng semprot. Gunakan sesuai instruksi yang tertera pada kalengnya.. Kalau tidak yakin, bawa saja laptopmu ke Service Center terdekat dan mintalah teknisi untuk membersihkan bagian dalam laptop.
  • Jika ada file yang hilang atau rusak karena laptopmu panas, berarti ada masalah pada bagian hard disk.
Dengan keterangan di atas anda tentunya sudah dapat membedakan mana panas yang normal, serta panas yang tidak normal dan patut dicurigai pada laptop. Sekedar informasi, saat laptop overheat, laptop akan melakukan auto-shutdown atau mati mendadak. Ini adalah bentuk perlindungan laptop agar panas tidak merusak komponen di dalam laptop. Kalau laptopmu panasnya mulai tidak wajar dan sering mengalami auto-shutdown, Bisa mencoba Langkah di atas atau langsung bawa ke Service Center terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

1 komentar

  1. Hello there, just became alert to your blog through
    Google, and found that it is really informative. I'm gonna watch out for brussels.
    I will appreciate if you continue this in future.
    Many people will be benefited from your writing. Cheers!

    Bandar Ceme

    BalasHapus