Usaha Untuk Mencukupi biaya Kuliahmu sendiri

Usaha Untuk Mencukupi biaya Kuliahmu sendiri

Kita semua taukan kalau kuliah itu mahal, sampai-sampai orang tua jual tanah agar anaknya bisa kuliah tapi itu anaknya kuliah jurusan pilot sih. Dari biaya masuk kuliah, uang semesternya, belum lagi buku dan alat-alat pratikum lainnya.  Belum lagi yang merantau ke pulau sebelah, kita harus pandai-pandai buat rumus hitung-hitungan untuk membagi kiriman orang tua agar kehidupan saat kuliah bisa lancar. Kalau gak pandai-pandai membaginya bisa-bisa kita kena serangan tanggal tua. Semuanya pakai uangkan. Semuanya pakai lembaran-lembaran dari keringat orang tua supaya anaknya bisa mendapatkan pendidikan yang layak.
Tentunya kamu gak maukan terlalu banyak merepotkan orang tua. Berikut ini usaha usaha supaya kamu bisa mandiri terhadap pengeluaranmu saat kuliah.

Cari Beasiswa
Belajar dengan giat selalu berdoa bisa jadikan beasiswa yang mencarimu. Kuliah dapat beasiswa tentunya sangat membantu uang semester kita sekaligus ngebanggain orang tua.

Makan Seadanya
Yang namanya makan dikos emang biasa seadanya sih. Tapi yang paling penting bisa masak sendiri itu yang dapat mengurangi pengluaran. Beli sayur yang dua ribu udah bisa jadi jatah untuk satu hari. Yak sekali kali ajalah beli nasi bungkus dan makan enak diluar. :D

Jadi Penulis
Jika kamu punya teman yang punya website yang membutuhkan penulis, jangan sia-siakan. Jadi penulis itu enak tentunya gak banyak ngemakan waktu dan yang lebih enaknya lagi, gajinya itu. Kalau soal gaji tergantung sih tapi lumyan untuk jajan dan traktir teman kamu.

Ikut Organisasi
Pentingnya ikut runtinitas dikampus, kamu punya banyak kenalan bisa jadi karna keuletan kamu saat berorganisasi dapat kesempatan kerja dari perusahaan yang dijalani papa teman kamu. Intinya sih enak punya banyak kenalan dikampus hari-hari itu akan terasa lebih berbunga apalagi ada adik tingkat yang titip salam sama kamu. Selain itu, ikut organisasi enak jika ada acara dan kita yang jadi panitia walaupun capek tapi abis acara pasti makan enak dirumah makan yang kece gitu..

Cari Pekerjaan Yang Tidak Menggangu Jam Kuliah
Ada banyak pekerjaan bisa kamu dapat kan saat statusmu masih mahasiswa. Dan banyak perusahaan yang mengerti tentang ini. Dan ini untuk jam kuliahnya sore sih jadi pagi kamu bisa ngantor. Bisa kerja di percetakan, toko, hotel dan masih banyak lagi yang lainya tentunya yang halal.

Freelance
Kerja paruh waktu harunya tidak mengganggu jam kuliahkan. Nah ada banyak freelance di yang bertebaran di dunia maya yang membutuhkan bantuan dari ke ahlian kamu. Desai grafis, programmer website itu adalah berberapa pekerjaan yang di tawarkan di dunia maya. Semuanya tergantung dari keahlian yang kamu miliki.

Menabung
Dari kecil kita sudah diajarkan orang tua kalau menabung itu banyak manfaatnya. Untuk saat kuliah seperti ini menabunglah karena ada banyak pengeluaran tak terduga yang akan kita hadapi.
Itu ajah sih yang bisa kami uraikan agar kamu bisa mandiri tentang pengeluaran saat kuliah. Mungkin teman-teman ada yang ingin berbagi bagaimana caranya agar bisa sejahtera saat kuliah.


sumber : serupedia
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Usaha Untuk Mencukupi biaya Kuliahmu sendiri"