Tips Membeli Power Bank



Tips Membeli Power Bank





Power Bank merupakan perangkat yang mampu menyimpan daya hingga kapasitas tertentu dan bisa digunakan sebagai alat bantu untuk menyuplay daya pada produk tertentu.
Seperti yang kita ketahui, saat ini para pabrikan gadget seakan berusaha menjejalkan beberapa fitur-fitur terbaru kedalam produk-produk besutannya, seperti kamera resolusi tinggi, prosesor multi-core, memori RAM yang tinggi, layar HD berukuran lebar dan beberapa fitur canggih lainnya. Tapi dibalik semua yang pabrikan berikan, ada sebuah kenyataan pahit bahwa semakin canggih teknologinya, semakin boros baterainya.
Ditambah lagi dengan trend beberapa gadget masa kini yang memiliki baterai ter-integrasi, sehingga Anda tidak mungkin mengganti baterainya dengan baterai cadangan. Tapi masalah itu sepertinya sedikit terselamatkan dengan kehadiran power bank atau baterai eksternal atau portable charger yang akan menjadi nyawa tambahan bagi bagi para onliner / orang yang memiliki mobilitas tinggi. Adapun ukurannya mulai dari kapasitas 1600mAh, 1800mAh, 2600mAh, 3000mAh, 5200mAh, 5600mAh, 5800mAh, 6000mAh, 8000mAh, hingga 9000mAh dan banyak perusahaan yang menciptakannya dengan berbagai merk.
Power Bank berfungsi sebagai portable charger dengan bentuk yang kecil dan bisa dibawa kemana-mana menjadikan aktifitas online anda selalu terjaga serta memberikan kemudahan bagi penggunakan, karena dalam satu paket power bank terdapat berbagai macam konektor sesuai gadget yang anda miliki tinggal menyesuaikan. Adapun type konektor untuk iPad/iPhone/iPod, camera, blackberry, mobile, Phone, MP4, psp, gps, dll tapi yang harus anda sadari konektor tersebut dapat merusak gadget anda. PowerBank juga bisa disebut sebagai Emergency Battery.

apa sajakah yang perlu diperhatikan ketika Membeli Power Bank yang Bagus, Murah dan Berkualitas? Simak tips-tips berikut:
Kenali Gadget Anda:

Langkah ini adalah langkah terpenting, Anda harus mengetahui dengan pasti kapasitas baterai dari gadget Anda. Jangan sampai power bank yang dibeli bahkan tidak dapat mengisi daya secara maksimal dari gadget kesayangan, hanya karena daya dari gadget Anda lebih tinggi dari daya maksimal power bank.

Kapasitas
Setelah memahami daya baterai dari gadget Anda, saatnya memilih kapasitas power bank yang akan Anda beli. Sebagai contoh, iPhone 4S menggunakan baterai dengan daya 1.432 mAh, jadi untuk dapat mengisi baterai iPhone 4S sampai penuh membutuhkan power bank dengan daya minimal 1.432 mAh. Apabila ingin dua kali charge, minimal harus menggunakan powerbank dengan daya minimal 2.864 mAh.
Kapasitas akan menentukan seberapa kali power bank tersebut dapat kita manfaatkan untuk mengisi baterai gadget kita. Tentu power bank dengan kapasitas besar akan lebih fleksibel digunakan selama beberapa waktu tanpa harus sering men-cas.
Apabila Anda orang yang sangat sering bepergian, disarankan menggunakan power bank dengan kapasitas daya yang tinggi, seperti 5600 mAh. Karena seperti contoh diatas, dengan menggunakan iPhone 4S, daya 5600 mAh ini dapat mengisi ulang sampai rata-rata 4 kali charge. Tapi yang perlu diingat, semakin tinggi daya power bank, semakin besar dimensinya dan semakin berat bobotnya.

Kualitas
Kualitas sebuah power bank bukan hanya akan menentukan kinerja dari power bank itu sendiri, khususnya seberapa cepat dan akurat pengisian energi yang diberikannya, namun juga akan mempengaruhi gadget yang akan kita cas. Jika sembarangan, bukannya gadget kita akan terisi, namun justru merusak daya tampung baterai gadget yang kita sayangi.

Fitur
Beberapa power bank dipasarkan dengan fitur-fitur tambahan. Untuk memaksimalkan alat ini, pilihlah power bank dengan fitur yang variatif, tanpa mengesampingkan fungsi utamanya sebagai portable charger.

Model
Model yang dimaksud disini adalah besar kecilnya power bank sebagai alat portable. Tentu kita menginginkan power bank yang lumayan kecil dan mudah dibawa kemana saja tanpa memakan tempat.

Indikator
Beberapa power bank ditawarkan tanpa lampu indikator sehingga sangat sulit bagi kita untuk mengetahui apakah proses cas gadget kita telah selesai atau belum. Dengan adanya indikator, kita tentu dapat mencegah power bank terlalu lama menancap pada gadget, yang pada tingkat tertentu akan berdampak tidak baik bagi gadget kita.

Colokan
Fleksibilitas power bank menjadi daya tarik tersendiri bagi kegiatan mobile. Untuk itu, memilih power bank dengan variasi colokan yang lengkap akan sangat membantu kita, dan mungkin teman kita yang memakai jenis gadget yang berbeda.

Garansi
Carilah powerbank yang memberikan garansi minimum 1 Tahun, karena garansi itu mencerminkan tingkat kepedean suatu brand.

Harga
Ada harga ada rupa, pepatah lama ini memang benar adanya. Mengingat fungsinya yang berhubungan langsung dengan jantung gadget Anda, berinvestasi dengan power bank yang berkualitas sangat perlu. Dan ada baiknya Anda mempertimbangkan masalah harga ini, jangan hanya karena mengejar harga yang murah, namun mengorbankan kualitas produk dan mempertaruhkan nasib baterai dari gadget Anda.

Kelengkapan
Kelengkapan ini termasuk colokan ke listrik (AC Adapter), yang kadang harus memakai segitiga penghubung, sarung atau tempat power bank itu sendiri sehingga aman dibawa, lampu indikator dan kelengkapan lain yang menunjang kinerja power bank yang Anda beli,.hingga user guide jika sewaktu-waktu diperlukan.
Untuk kelengkapan seperti kabel konektor, ada baiknya Anda menggunakan kabel konektor bawaan asli dari gadget, karena ada beberapa power bank yang menggunakan kabel konektor dengan kualitas yang kurang baik sehingga memungkinkan terjadinya arus pendek.

Model
Model yang dimaksud disini adalah besar kecilnya powerbank sebagai alat portable. Tentu kita menginginkan powerbank yang lumayan kecil dan mudah dibawa kemana saja tanpa memakan tempat.

Cells
Pada dasarnya, didalam setiap power bank terdapat sel baterai yang dapat diisi ulang. Sayangnya, beberapa merk “abal-abal” menggunakan sel baterai yang kurang baik kualitasnya, bahkan menggunakan baterai refurbished untuk memangkas harga.
Saran terbaik untuk menghindari hal ini adalah, dengan teliti memilih. Di beberapa merk power bank terkadang mencantumkan merk sel baterai yang ia gunakan, bisa juga dengan mempercayakan pada merk yang sudah dikenal akan kualitasnya, atau rajin melakukan komparasi dengan membaca review dan bertanya pada rekan yang sudah berpengalaman dengan merk dan tipe power bank tertentu. Hindari terjebak oleh kata-kata marketing semata.

Safety Protection
Power bank yang berkualitas memiliki fitur yang akan menjaga gadget dan keselamatan Anda dari bahaya. Perlu anda sadari safety protection powerbank harus diperhatikan, jika tidak diperhatikan akan berakibat fatal untuk gadget mahal anda.
- Proteksi dari arus pendek, seperti yang kita ketahui kebakaran kerap kali terjadi akibat arus pendek, power bank dengan fitur untuk memutus listrik ketika arus pendek terjadi, pantas untuk dilirik.
- Proteksi dari overcharge, yang mana akan secara otomatis akan memutus aliran listrik ketika pengisian baterai sudah penuh, karena overcharge tentunya akan memperpendek umur baterai baik baterai power bank atau baterai gadget.
- Proteksi dari temperatur yang tinggi, sebuah fitur yang akan mendeteksi ketika temperatur dari power bank terlalu tinggi ketika melakukan pengisian daya.

Jika powerbank yang mempunyai safety protection anda bisa mencoba sbb:
Input output dalam 1 powerbank di adu..jadi output mengeluarkan daya ke dalam powerbank itu sendiri lalu secara otomatis isi daya yang dimiliki powerbank tersebut akan habis. setelah habis powerbank tersebut jika mau diisi ke gadget harus dilakukan pengisian melalui adaptor yang dicolokan ke listrik. lakukan lah pengisian dari adaptor ke powerbank tersebut.
Jika powerbank tersebut memiliki safety protection, powerbank tersebut tidak akan meledak tetapi jika tidak memiliki safety protection powerbank tersebut akan terjadi ledakan.


 sumber : gakupdate
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Tips Membeli Power Bank"