Jenis Alergi Yang Tak Biasa - SouletZ
b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Jenis Alergi Yang Tak Biasa



Jenis Alergi Yang Tak Biasa


Alergi atau hipersensitivitas tipe 1 adalah kegagalan kekebalan tubuh, di mana tubuh seseorang menjadi hipersensitif dalam bereaksi secara imunologi terhadap bahan-bahan yang umumnya imunogenik (antigenik) atau dikatakan orang yang bersangkutan bersifat topik.

Dengan kata lain, tubuh manusia bereaksi berlebihan terhadap lingkungan atau bahan-bahan yang oleh tubuh dianggap asing dan berbahaya, padahal sebenarnya tidak untuk orang-orang yang tidak bersifat atopik.

Tubuh setiap orang memberikan respon yang berbeda-beda terhadap kondisi lingkungannya. Umumnya tubuh merespon dengan cara yang biasa saja, namun tidak begitu dengan orang yang mengidap alergi. Seseorang yang mengidap alergi akan menolak hal-hal tersebut.

Jenis alergi ada berbagai macam, dan yang paling umum diketahui adalah alergi makanan laut, alergi dingin, alergi debu, dan alergi bulu hewan. Nah, berikut ini ada beberapa jenis alergi yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya, seperti:

Alergi air
Yup, Anda tidak salah membaca. Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana bisa orang mengalami alergi air, karena air adalah salah satu unsur kehidupan yang selalu digunakan.

Alergi ini memang sangat langka, namun terjadi pada beberapa orang, salah satunya adalah Rachel Price. Jika bersentuhan dengan air, alergi Rachel muncul. Reaksi alerginya adalah rasa gatal di bagian yang bersinggungan dengan air, bahkan hingga bengkak dan timbul luka.

Alergi telepon seluler
Di zaman serba canggih dan modern, rasanya janggal ada orang mengalami alergi telepon seluler. Percaya atau tidak, ada beberapa orang yang memiliki alergi ini. Telepon seluler digunakan langsung menempel pada kulit, di area telinga dan wajah samping. Orang-orang tertentu alergi terhadap bahan penutup luar telepon seluler yang umumnya mengandung nikel, terutama untuk mereka yang berkulit sensitif, gelombang elektromagnetik dan radiasi dari telepon seluler bisa menimbulkan reaksi alergi.

Alergi olahraga
Tidak diragukan lagi, olahraga adalah jurus jitu untuk membuat tubuh jadi sehat. Tapi jangan harap akan terjadi hal yang sama pada penderita alergi olahraga. Pasalnya, saat melakukan olahraga, ritme tubuh berbeda dari kondisi biasa; detak jantung menjadi lebih cepat, aliran darah lebih lancar, dan sebagainya.

Nah, perubahan itulah yang ternyata bisa menimbulkan reaksi alergi pada orang tertentu. Reaksinya berupa gatal, rasa mual, bahkan hingga muntah-muntah.

Alergi sepatu
Sepatu dibuat dengan bermacam-macam bahan dan membuat kaki dalam kondisi tertutup rapat. Ini menyebabkan kaki kepanasan, mudah berkeringat, dan ketika bersentuhan dengan bahan pembuat sepatu, timbul alergi pada kulit yang ditunjukkan dengan gatal-gatal, ruam-ruam merah dan kulit mengelupas.

Alergi tekanan pada kulit
Saat mengenakan pakaian yang menekan kulit, seperti bagian kancing atau karet pada celana; dan saat memakai aksesoris yang juga menekan kulit, jam tangan contohnya, seseorang yang alergi bisa mengalami ruam-ruam dan gatal di sepanjang garis bekas pakaian atau aksesoris yang menekan tersebut.



sumber : iyaa.com
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar

Lazada Indonesia