Bermain Video Game Dapat Membuat Otak Lebih Besar



Bermain video game dapat membuat kita lebih pintar atau kreatif, namun itu masih menjadi perdebatan. Studi terakhir menunjukkan bermain game ternyata membuat otak kita lebih besar. Lalu apa pengaruh dari otak besar ini? Studi atau penelitian seperti apakah yang dilakukan?
Studi yang dilakukan
Studi dilakukan oleh sekumpulan peneliti di Universitas Medis Charite St. Hedwig-Krankenhaus, Berlin, Jerman. Mereka mempelajari kemampuan otak untuk meningkat dan bertumbuh saat bermain video game. Mereka menyebutkan bahwa bermain video game membutuhkan "kemampuan tertentu akan beberapa keahlian," ini menyebabkan otak menjadi lebih aktif.
Super Mario 64
Ini mungkin salah satu studi atau penelitian paling menyenangkan bagi para subjek, 23 orang dewasa yang masih muda bermain Super Mario 64 untuk 30 menit setiap hari selama 2 bulan. Kemudian peneliti akan mengukur otak mereka, dimana ditemukan ada perkembangan dalam 3 daerah terkait kemampuan ruang, strategis, ingatan bekerja dan kemampuan motorik.
Mereka kemudian membandingkan hasil tersebut dengan grup kontrol (kelompok lain yang berlawanan dengan tujuan studi) yang tidak bermain video game. Hasilnya ditemukan bahwa ada pengingkatan dalam volume otak terkait kecerdasan. Melalui hasil ini, video game secara teori dapat membantu menyembuhkan kelainan otak.
Otak yang lebih besar
Playing Game Make Bigger Brain
Ini adalah berita baik bagi para gamer yang sebelumnya tidak memiliki fakta dan bukti nyata bahwa video game memiliki manfaat positif. Walaupun begitu apakah otak yang lebih besar berarti Anda lebih pintar masih dipertimbangkan, namun secara nyata bagian otak tertentu yang lebih besar pasti dapat bermanfaat.
Contoh nyata dapat dilihat pada otak Albert Einstein yang pada bagian matematisnya lebih besar daripada biasanya. Peningkatan dalam volume otak terkait kecerdasan memberikan ingatan yang lebih baik dan penurunan dalam volume otak sering dikaitkan dengan dementia dan kelainan bipolar (perubahan mood yang mendadak).
Manfaat lain seputar bermain video game
Selain peningkatan dalam volume otak terkait kecerdasan, ada manfaat lain seputar bermain video game tertentu.
Mengajarkan kerjasama tim
Monster Hunter Multiplayer
Dengan banyaknya kemunculan game multiplayer khususnya game online maka seseorang terkadang diharuskan untuk membentuk sebuah tim, grup atau kelompok untuk menyelesaikan misnya. Sebuah tim yang baik  harus mengalokasikan sumber daya seperti skill, item dan role masing-masing anggota dengan baik, sama halnya dalam dunia nyata/
Mengajarkan kegagalan
Game Over
Video game memiliki perbedaan yang jelas antara siapa yang menang dan siapa yang kalah. Dengan menang maka seseorang diajarkan mengerti proses untuk mencapai kemenangan tersebut tidak mudah dan butuh waktu, sedangkan jika kalah maka seseorang harus belajar dari kekalahan tersebut (tanpa merengek atau menyalahkan seseorang).
Membuat diri Anda senang
Video Game Dapat Membuat Senang
Ini mungkin sangatlah jelas dan tidak penting, tapi dengan bermain video game maka Anda akan lebih senang atas pencapaian-pencapaian yang Anda telah capai di video game tersebut, dengan kata lain atas jerih payah Anda.
--
Melalui studi dan artikel ini maka didapatkan bahwa video game memang memiliki manfaat positifnya sendiri dan dalam secara teori memang membantu kita menjadi lebih pintar. Ini juga harus disadari dengan waktu dari bermain game itu sendiri, tentunya Anda harus memanfaatkan kelebihan yang Anda dapatkan dari video game itu di dunia nyata, tidak bermain video game secara terus menerus.


sumber : tahupedia
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Bermain Video Game Dapat Membuat Otak Lebih Besar "