Strategi back UP data



Strategi back UP data


1. tentukan rencana back up jika terjadi keadaan darurat
Jika saat ini Komputer anda hilang, dan anda berani membayar berapa saja untuk data di komputer anda. maka pasti anda akan memilih file file mana saja yg dianggap penting. tentukan file file tersebut, berdasarkan prioritas. sekarang juga

2. aturlah file data anda
jika anda memiliki data berbasis harian, berikan tanggal pada saat file itu dibuat. buatlah nama yang terstruktur, berdasarkan tanggal. hindari pemberian nama seperti "datakantornew" atau "datapalingbaru". jika dimungkinkan, simpanlah data mentah, data saat edit dan data akhir yang telah diproses. sehingga file tersebut terekam jejak pengolahannya.

3. menggunakan media "SEKALI PAKAI"
ada baiknya setiap minggu kita membackup data yang disimpan dalam 1 buah DVD atau CD. sebelum kita hapus file file kita, masukkan saja data tsb dalam 1 DVD... cukup 5000 rupiah per minggu. jika dalam waktu 1 tahun cd itu tidak pernah kita pakai, dapat dipastikan data di cd tsb sudah benar benar tidak dipakai.

4. gunakan Flash disk/ Harddisk Eksternal untuk membackup data harian.
biasakan menyimpan data pada 2 tempat terpisah, di komputer dan Flash disk/ Harddisk Eksternal. menyimpan data pada 2 tempat terpisah akan memastikan data anda 2 kali lebih aman (dari kerusakan).

5. menggunakan media penyimpanan online.
saya selalu menyimpan data2 penting di email saya. saya attach dan kirimkan ke email saya, dalam bentuk ZIP/RAR. data pertama saya, yang saya kirimkan kepada teman saya tahun 1997 masih bisa diakses sampai sekarang. tahun 2010. silahkan gunakan media penyimpanan gratis itu.
      
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Strategi back UP data"