Mengetahui Prinsip dan Cara Kerja Printer Inkjet



Mengetahui Prinsip dan Cara Kerja Printer Inkjet


Sebuah printer inkjet yang ada mempunyai tempat tetesan tinta yang sangat kecil pada kertas untuk menciptakan sebuah gambar. Jika Anda pernah melihat selembar kertas yang dicetak dari sebuah printer inkjet, kenyatannya adalah sebagai berikut:



• Titik-titik sangat kecil (biasanya antara 50 dan 60 mikron dalam diameter), begitu kecil hingga setipis diameter rambut manusia (70 mikron)!
• Titik-titik diposisikan sangat tepat, dengan resolusi hingga 1440×720 dots per inch (dpi).
• Titik-titik dapat memiliki warna yang berbeda untuk menciptakan kualitas foto.

Pertama, mari kita melihat sekilas berbagai teknologi printer.
Ada beberapa teknologi printer utama yang tersedia. Teknologi ini dapat dibagi menjadi dua kategori utama dengan beberapa tipe di masing-masing:

Dampak – printer ini memiliki mekanisme yang menyentuh kertas untuk menciptakan sebuah gambar. Ada dua dampak utama teknologi:
• Dot matrix printer : menggunakan serangkaian pin kecil untuk menyentuh pita yang dilapisi dengan tinta, sehingga tinta dapat ditransfer ke kertas.• Karakter terkomputerisasi : pada dasarnya printer mesin tik. Mereka memiliki serangkaian bar dengan karakter yang sebenarnya (huruf dan angka) timbul di permukaan. Karakter yang tepat ditekan ke pita tinta, mentransfer karakter ke kertas. Karakter printer yang cepat dan tajam untuk teks dasar, tapi sangat terbatas untuk penggunaan lainnya.

Non dampak – printer ini tidak menyentuh kertas saat membuat gambar. Printer inkjet adalah bagian dari grup ini, yang meliputi:
Inkjet printer, menggunakan serangkaian nosel untuk menyemprotkan tetesan tinta secara langsung di atas kertas.• Laser printer, menggunakan tinta kering (toner), listrik statis, dan panas ke atas kertas.

• Solid Ink Printer, berisi batang lilin-seperti tinta yang meleleh dan diterapkan ke kertas. Tinta kemudian mengeras di kertas.

• Dye-sublimation printer, memiliki panjang transparan gulungan film yang menyerupai lembaran merah, biru, kuning dan plastik berwarna abu-abu lengket ujung ke ujung. Isi dari film ini adalah pewarna padat yang sesuai dengan empat warna dasar yang digunakan dalam pencetakan: cyan, magenta, kuning dan hitam (CMYK). Kepala cetak menggunakan elemen pemanas suhu yang bervariasi, tergantung pada jumlah warna tertentu yang perlu diterapkan. Pewarna menguap dan menyerap ke permukaan kertas sebelum akhirnya kembali ke bentuk padat.

• Lilin thermal printer, adalah semacam hibrida dari dye-sublimation dan solid ink teknologi. Mereka menggunakan pita dengan warna CMYK. Pita lewat di depan kepala cetak yang memiliki serangkaian kecil pin yang dipanaskan. Pin menyebabkan lilin mencair dan memenuhi kertas, di mana ia mengering di tempatnya.

• Autochrome thermal printer, memiliki warna di kertasnya, bukan di printernya. Ada tiga lapisan (cyan, magenta dan kuning) di kertas, dan setiap lapisan diaktifkan oleh aplikasi dari jumlah panas tertentu. Print head memiliki elemen pemanas yang dapat bervariasi dalam temperatur. Print head melewati kertas tiga kali, memberikan suhu yang sesuai untuk setiap lapisan warna yang diperlukan. Bahkan, satu-satunya teknologi yang mendekati hari ini adalah printer laser.

Di dalam sebuah Inkjet Printer
Bagian dari printer inkjet meliputi:
Print head assembly
• Print head – Inti dari sebuah printer inkjet, berisi serangkaian nozel yang digunakan untuk menyemprotkan tinta.


• Ink Cartridge – Bergantung pada pabrik dan model printer, tinta kartrid datang dalam berbagai kombinasi, seperti terpisah cartridge hitam dan warna, warna dan hitam dalam satu cartridge atau bahkan untuk setiap tinta kartrid warna. Kartrid dari beberapa printer inkjet meliputi kepala cetak itu sendiri.

• Print head stepper motor – Sebuah motor bergerak (print head dan tinta kartrid) bolak-balik melintasi kertas. Beberapa printer memiliki motor khusus agar print head printer berhenti total ketika tidak digunakan.



• Belt – semacam sabuk digunakan untuk menjalankan print head.

• Stabilizer bar – Print head menggunakan stabilizer bar untuk memastikan bahwa gerakan tepat dan dapat dikendalikan.


Paper Tray
• Paper tray/feeder – Sebagian besar printer inkjet memiliki sebuah tempat untuk memuat kertas. Tempat kertas biasanya terbuka di sebuah sudut di belakang printer atau di depan, yang memungkinkan Anda untuk menempatkan kertas di dalamnya.• Rol – Seperangkat gulungan untuk jalannya kertas ke paper tray dan menarik kertas ketika print head sudah siap untuk mencetak.


• Paper feed stepper motor – Ini motor untuk menggerakkan rol kertas yang diperlukan untuk memastikan gambar dicetak secara kontinu.

Connection
• Power supply


printer jaman dulu mempunyai power supply eksternal, tapi sekarang sebagian besar printer sudah menggunakan power supply yang dimasukkan ke dalam printer itu sendiri.• Control circuit – Kecil tetapi canggih yang dimasukkan ke printer untuk mengendalikan semua operasi mekanis, serta men-decode informasi yang dikirimkan dari komputer ke printer.

• Interface port


Port paralel masih digunakan oleh banyak printer, tapi printer yang lebih baru sudah menggunakan port USB.

Panas vs Getaran
Beberapa jenis printer inkjet mengeluarkan tinta dalam berbagai cara. Ada dua teknologi inkjet utama saat ini digunakan oleh produsen printer:

• Thermal bubble – Digunakan oleh produsen seperti Canon dan Hewlett Packard, metode ini sering disebut sebagai bubble jet. Dalam thermal printer inkjet, resistor kecil membuat panas, dan panas ini menguap ke tinta untuk membuat gelembung. Setelah menjadi gelembung, beberapa tinta didorong keluar dari nosel ke kertas. Tipikal bubble jet print head memiliki 300 atau 600 nozel kecil, dan semuanya bisa menembakkan tetesan secara bersamaan.

• Piezoelectric – dipatenkan oleh Epson, teknologi ini menggunakan PIEZO kristal. Sebuah kristal terletak di bagian belakang reservoir tinta setiap nossel. Kristal menerima muatan listrik kecil yang menyebabkannya bergetar. Ketika kristal bergetar ke dalam, hal ini memaksa jumlah kecil tinta keluar dari nozzle. Ketika kristal bergetar keluar, kristal menarik lebih banyak tinta ke dalam reservoir untuk menggantikan tinta yang disemprot keluar.
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Mengetahui Prinsip dan Cara Kerja Printer Inkjet"