Kiat Tepat Mencegah Datangnya Diare




Kiat Tepat Mencegah Datangnya Diare



  Musim pancaroba yang tidak menentu, terkadang hujan dengan intensitas tinggi dan kadang terik panas menyengat, menyebabkan kondisi sanitasi lingkungan menjadi tidak terjaga. Kualitas hygiene yang tidak stabil ini menjadi faktor pemicu utama kuman dan bakteri datang serta berkembang biak. Penyakit yang kerap muncul di tengah musim yang tidak menentu ini adalah diare.
 
Bakteri penyebab diare tumbuh dengan cepat di lingkungan yang kotor. Beberapa tips di bawah ini bisa Anda lakukan untuk mencegah datangnya diare. Read on!
 
  1. Pakai selalu alas kaki Anda. Kuman dapat masuk ke tubuh melalui kulit. Oleh karena itu, pastikan Anda memakai alas agar kaki terlindungi, apalagi jika Anda melewati daerah yang beech atau tergenang air. 
  2. Jaga selalu kebersihan diri. Biasakan diri untuk selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Selain itu, jaga selalu kebersihan sebelum mengolah makanan, setelah bepergian, dan juga setelah memakai kamar mandi.
  3. Kebersihan lingkungan rumah dan atau sekitar rumah wajib dijaga. Buang sampah pada tempatnya, bersihkan got atau selokan di sekitar rumah, menyapu halaman rumah, dan lainnya. 
  4. Hindari paparan kontaminasi silang dengan tidak mengolah bahan makanan mentah dan yang matang dengan menggunakan alat yang sama. Bedakan penyajian dan pengolahannya. Bahan makanan yang masih mentah masih terdapat bakteri yang belum hilang oleh panas suhu proses memasak.
  5. Olah bahan makanan hingga matang. Hindari memasak bahan makanan yang setengah matang terutama daging, ikan, dan juga telur. 
  6. Air minum rumah tangga harus selalu dalam keadaan matang. Hindari mengonsumsi air minum yang masih mentah karena bakteri masih bisa hidup di dalamnya.
  7. Makanlah makanan yang bernutrisi dan mengandung vitamin, mineral, air, dan protein untuk tetap menjaga daya tahan tubuh dan dapat terlindung dari kuman penyebab penyakit.
  8. Olahraga secara teratur untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. 
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Kiat Tepat Mencegah Datangnya Diare"