Cara Meningkatkan Keamanan Internet dan Tetap Aman Ketika Online




Cara Meningkatkan Keamanan Internet dan Tetap Aman Ketika Online



Setiap hari ada saja bermunculan ancaman-ancaman baru di internet. Sementara orang-orang terdahulu hanya fokus untuk waspada kepada infeksi virus, maka zaman sekarang kita harus menghadapi banyak masalah terkait phishing, pencurian identitas, Tabnabbing, dll. Sebenarnya Windows 7 memiliki tingkat keamanan yang bagus karena dibentengi dengan software keamanan yang kuat untuk menjaganya, dalam arti kata kesempatan atau peluang untuk terinfeksi sangatlah kecil. Saat ini dalam banyak kasus intervensi user sendiri dibutuhkan dan kita dengan tak hati-hati melakukan klik pada kata-kata “yes”, yang mengakibatkan masuknya infeksi malware.
Berikut adalah beberapa tips sederhana namun efektif yang harusnya selalu diingat dan diimplementasikan ketika sedang ber-surfing ria di internet agar selalu aman ketika online:
  • Pertama dan terpenting, selalu gunakan software keamanan yang memiliki reputasi dan telah dikenal (artinya bukanlah solusi keamanan palsu). Rekomendasi Saya, gunakan Microsoft Security Essentials yang hemat sumber daya dan mesinnya diakui dengan memenangkan penghargaan Forefront Corporate Security. Juga selalu pastikan bahwa software Anda selalu up to date khususnya sistem operasi Anda, software keamanannya dan juga browser yang digunakan.
  • Selalau waspada ketika memberikan ID email ke situs lain (atau orang). Ada banyak situs yang bisa melakukan spam atau bahkan menjual daftar email kepada pihak ketiga yang bisa melakukan spam kepada Anda. Baca selalu pernyataan mereka. Jika Anda tidak dapat menemukannya, maka ini adalah alasan lain untuk tidak memberikan alamat email Anda.
  • Gunakan kombinasi yang bagus pada password. Jangan gunakan nama Anda atau kata sederhana seperti ‘password’ atau sesuatu yang dapat dengan mudah ditebak oleh orang lain yang berniat jahat seperti tanggal lahir. Metode yang paling baik adalah menggunakan kata non-dictionary yang merupakan kombinasi huruf besar dan huruf kecil dengan angka. Jika Anda memiliki banyak akun, jangan gunakan password yang sama.
  • Jangan klik apapun yang tidak Anda minta. Hal ini bisa merupakan pemicu atau juga bisa merupakan permintaan intervensi manusia oleh malware agar bisa menjejakkan kakinya di komputer Anda. Panduan yang mudah untuk diikuti – Jika Anda ragu, Jangan!!!
  • Selalu teliti dalam menerima siapa saja yang ingin menjadi rekan Anda pada media jaringan sosial seperti Facebook, Twitter, dll. Luangkan waktu untuk mengerti mengenai privacy settings, jadi Anda bisa tahu apa saja yang perlu dibagi dengan orang lain.
  • Jangan download hal-hal yang berbau bajakan, seperti film, program, crack, dll dari torrents. Selain ilegal, juga merupakan wadah sumber trojan dan malware lainnya yang potensial membahayakan komputer Anda.
  • Anda bisa download file host bagus dari mvps.org dan gantikan file host asli yang lokasinya di C:WindowsSystem32driversetc dengan file ini dan kemudian kunci atau bikin read only.
Dengan mengikuti tips ini dan menggunakannya ketika Anda melakukan surfing internet akan meningkatkan peluang Anda untuk tetap aman ketika online.

SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Cara Meningkatkan Keamanan Internet dan Tetap Aman Ketika Online"