Atasi Jetlag Perjalanan Panjang




Atasi Jetlag Perjalanan Panjang



  Salah satu aspek paling ditakuti saat bepergian untuk perjalanan bisnis atau sekadar liburan adalah jetlag yang bisa menyebabkan jam biologis Anda berantakan. Terlebih, jika Anda bepergian ke wilayah dengan zona waktu berbeda dari tempat Anda biasa.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control  and Prevention / CDC), jetlag adalah gangguan sementara yang dialami wisatawan udara yang melintasi zona waktu penerbangan. Bagaimana cara mengatasi jetlag? Berikut tipsnya.

1.Sesuaikan jadwal tidur
Cara sederhana untuk mengatasi jetlag adalah menyesuaikan jadwal tidur Anda bergantung Anda bepergian ke arah timur atau barat. Bagi mereka yang terbang ke timur, ada baiknya di rumah Anda membiasakan tidur lebih awal selama beberapa hari menjelang keberangkatan. Ini adalah cara terbaik yang bisa membantu tubuh Anda menyesuaikan diri dengan zona waktu yang baru. Bagi mereka yang akan terbang ke barat, harus berusaha tidur sedikit lebih larut beberapa hari sebelum perjalanan.
 
2.Biasakan tidur siang
Kebiasaan tidur siang bisa membantu menyembuhkan Anda dari jetlag dalam waktu singkat. Jika mungkin, Anda membiasakan tidur siang beberapa hari menjelang keberangkatan Anda menggunakan pesawat. Ini perlahan akan membantu Anda menyesuaikan jadwal tidur Anda ke zona waktu yang benar. Jetlag biasanya akan membuat anda grogi dan kurang tidur.
 
3.Suasana nyaman di pesawat
Jangan biarkan jetlag mengusik Anda di awal penerbangan. Biarkan diri Anda merasa nyaman. Kenakan pakaian longgar dan santai. Jika Anda akan melewati penerbangan panjang, maka usahakan Anda tetap terjaga dan mengerjakan banyak hal dalam pesawat. Jangan cepat-cepat tidur. Sementara untuk penerbangan jarak pendek, istirahat sejenak mungkin diperlukan.
 
4.Hindari alkohol dan kafein
Minum alkohol atau kafein memang sangat menggoda di penerbangan panjang. Namun, ini bisa merusak jadwal tidur Anda setelah Anda mendarat. Kafein hanya membuat Anda lebih sulit tertidur ketika anda benar-benar perlu tidur. Alkohol memang membuat anda terlelap. Namun, itu akan membuat Anda merasa lelah setelah bangun.
 
5.Terapi cahaya
Terapi cahaya adalah cara bagus untuk menyesuaikan jadwal tidur Anda. Misalnya, di penginapan, Anda mengatur cahaya kamar Anda secerah apa. Apakah Anda ingin lampu tetap dinyalakan? Atau Anda ingin semua lampu dimatikan? Aturlah pencahayaan sama atau minimal menyerupai tempat tinggal Anda. Ini juga membantu Anda sembuh dari jetlag.
 
6.Adaptasi dengan waktu lokal
Setelah mendarat, hal paling penting adalah sesuaikan waktu Anda dengan jadwal lokal. Misalnya mengatur arloji Anda ke waktu setempat, apakah cepat satu jam? Atau dua jam? Berikutnya, biasakan diri Anda melakukan pekerjaan sehari-hari sesuai waktu setempat. Misalnya, jadwal makan dan jadwal tidurnya. Semakin cepat Anda beradaptasi dengan zona waktu lokal, maka semakin cepat anda sembuh dari jetlag.
 
7.Satu hari untuk adaptasi
Jika Anda rentan mengalami jetlag, usahakan Anda beristirahat minimal satu hari setelah melakukan penerbangan panjang. Anda harus memberi waktu tubuh Anda sehari untuk memulihkan diri.
 
Untuk perjalanan bisnis, sesampainya di lokasi, Anda sebaiknya tak langsung memimpin pertemuan, atau buru-buru menyampaikan presentasi setelah mendarat. Sedangkan untuk perjalanan berlibur, hindari dulu aktivitas berat dan pergilah tamasya atau bersantai sejenak. Aktivitas berat hanya akan menyedot energi Anda dengan cepat dan membuat Anda semakin jetlag.
 
8.Gunakan stopovers
Stopovers adalah skema dimana Anda bisa mengatur persinggahan selama perjalanan Anda. Ini tentunya memakan banyak waktu dan biaya. Jika Anda tidak dibatasi oleh waktu atau biaya untuk penginapan. Maka mampir ke persinggahan dengan istirahat malam penuh. Ini bisa membantu Anda mengurangi jalan dan jadwal tur yang baru.
 
9.Gunakan melatonin
Ketika semua cara gagal, maka tak ada salahnya Anda meminum beberapa obat over-the-counter (OTC) melatonin. Melatonin adalah cara bagus untuk menginduksi tidur. Melatonin adalah hormon tubuh yang bisa membuat orang mengantuk. Dengan membeli suplemen OTC, Anda bisa tertidur pada waktu yang tepat. Namun, Anda harus memastikan menghindari penggunaannya berkepanjangan
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Atasi Jetlag Perjalanan Panjang"