b9XScSiP5uprs4OZDaq3ViZP3v7bKOTFGF0XWHYM

Tips Membersihkan Pin Pada Ram




Mungkin bagi orang yang ahli ataupun mengerti seluk-beluk komputer, aktivitas membersihkan RAM (Random Access Memory) bukanlah yang aneh. Namun, apakah Anda berani mengotak-ngatik, mencabut-pasang komponen-komponen/hardware internal komputer? Bahkan untuk membuka casing komputer saja masih banyak yang ragu untuk melakukannya. Nah untuk tutorial kali ini, kami akan memandu Anda untuk membersihkan kepingan RAM. Kita tidak boleh ragu atau takut lagi, walaupun begitu tetap harus hati-hati.
Satu hal yang perlu kita ketahui sebelumnya adalah RAM kotor sering kali menjadi salah satu faktor munculnya permasalahan pada komputer kita. Sudah banyak masalah yang kita temukan sehari-hari terkait dengan kotornya kepingan RAM. Permasalahan mulai dari komputer yang sering restart sendiri, tidak dapat menyala, hang, dan lain sebagainya. Debu/kotoran yanga menempel pada pin-pin RAM dapat membuat koneksi pin-pin memori dengan slot/terminal di mainboard tidak sempurna. Jika masih ada yang bingung mengenai apa itu pin RAM, simak gambar di bawah ini. Pin RAM yang dimaksud adalah seperti bagian yang dilingkari merah.

Cara Sederhana Membersihkan RAM

Jika sudah lama tidak dibersihkan, biasanya jejeran pin yang umumnya berwarna kuning-keemasan tersebut akan kotor oleh debu atau kadang terlihat seperti karat. Bagaimana cara membersihkannya? Gunakan Penghapus Karet yang biasa dipakai untuk menghapus tulisan/coretan pensil.

Tidak percaya? Bahkan penghapus karet ini sebenarnya lebih efektif dibandingkan dengan contact cleaner (semprotan pembersih untuk komponen elektronik) dalam membersihkan pin RAM.
Pertama, coba lepaskan terlebih dahulu RAM dari mainboard/motherboard. Hati-hati dalam mencabut RAM, karena ada berbagai macam jenis slot RAM, tergantung dari jenis mainboard yang Anda gunakan. Begitu juga dengan cara melepas RAM. Ada RAM yang perlu ditekan kuncinya dari dua sisi secara bersamaan untuk membukanya. Ada pula RAM yang bisa langsung dicabut, ataupun berbagai cara lainnya tergantung dari model slotnya.

Proses Pembersihan RAM

Setelah RAM sudah siap dibersihkan dan penghapus sudah tersedia. Mari memulai membersihkan pin-pin RAM yang kotor.

Cukup gosok bagian permukaan pin yang berdebu atau kotor sehingga bersih. Hal ini dapat terlihat dari warna kuning-keemasannya yang kembali cerah. Setelah dibersihkan, cobalah pasangkan kembali RAM ke slot di mainboard. Selamat Mencoba
Related Posts
SouletZ
Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Related Posts

Posting Komentar