Tips Khusus Menyelesaikan Tugas Akhir / Skripsi Dengan Mulus





Beberapa faktor yang menyebabkan lamanya masa studi mahasiswa di perguruan tinggi, mungkin yang pertama ada beberapa mata kuliah yang diulang terutama mata kuliah Unggulan, terlalu aktif dalam organisasi kemahasiswaan sehingga banyak waktu yang digunakan di luar jam kuliah tetapi Alhamdulillah meskipun saya sangat aktif di organisasi tapi saya bisa menempatkan diri dimana harus belajar meskipun bolos kuliah sich he3 yang penting jangan keterlaluan aja bolosnya, dan masalah penyelesaian tugas akhir ataupun Skripsi. Saya kira, dan mungkin beberapa mahasiswa lain juga setuju bahwa permasalahan yang paling sering dijumpai sebagian besar mahasiswa adalah permasalahan dalam menyelesaikan tugas akhir / skripsi.
memang kita kuliah dari semester 1 sampai dengan semester 8 tidak ada masalah bila didukung dengan keuangan orang tua / ataupun kita sendiri yang membiayainya, tapi tetap saja kendalanya adalah TA / Skripsi.
Karena dulu saya Jurusan Sistem Informasi Dari pengalaman saya menyusun TA / Skripsi , dapat saya ambil beberapa permasalahan yang saya hadapi dalam menyelesaikan tugas akhir / skripsi. Untuk itu, saya akan memberikan tips-tips untuk mengatasi permasalahan tersebut (sebagian tips ini saya peroleh dari Pengalaman Pribadi saya sendiri dalam menyusun tugas akhir / skripsi ).

1. Cari bahan TA / Skiripsi yang kiranya kamu Kuasai misalkan kamu adalah Jurusan Ilmu Komputer kamu menguasai Bahasa pemrograman Delphi, website dll gunkanlah salah satunya yang kiranya kamu paling kuasai. belajar

2. Judul TA / Skripsi
ini sangat sensitive sekalai karena biasanya bila kita mengajukan judul TA / Skripsi sudah kita buat dan rancang dari semester sebelum-belumnya, eh.. tidak taunya di tolak mentah-mentah sama to dosen pembimbing, gimana kita ga Gondok…… tipsnya adalah kamu cari judul Tugas akhir atau skripsi yang kiranya UNIK beda dari temen-temen seangkatan kita yang sedang skripsi kalau perlu tu judul blom ada di Perguruan tinggi kita. ingat bila kamu dapet judul Unik biasanya dosen pembimbing sangat senang.

3. Kumpulkan semua bahan, baik itu berupa buku, jurnal atau referensi lainnya dalam satu tempat untuk memudahkan kita mencarinya ketika diperlukan. jurnal ini adalah penting sekali buat acuan bahan TA/ Skripsi kita karena apa jurnal sudah dibuktikan secara ilmah oleh pembuatnya ketimbang Buku.

4. tuliskan ide cemerlang mu yang berhubungan dengan topik /judul Tugas Akhir maupun Skripsi yang sempat terlintas di pikiran kamu. karena ide itu mahal.

5. Jangan Berlaga paling pinter di depan Dosen Pembimbing Kenapa karena bila kita terlalu mengapresiasikan kita di depan dosen pembimbing bisa-bisa penambahan atau kemauan dosen pembimbing untuk menambahkan kekurangan tugas akhir atau skripsi, contohnya gini (dOSEN) wah mas kayanya kalau ditambahin seperti INI lebih bagus dech, pokoknya saya maunya spertti ini ya. kalau dosen ngomong seperti itu yang ada bikin susah diri kamu sendiri, tapi kalau kamu memang bisa ya ga masalah lanjutkan saja.pinter

6. manajemen waktu

biasanya bila kita sedang Tugas akhir / skripsi hanya memiliki waktu sekitar 3 – 4 bulan lamanya, usahkan 2 minggu sebelum kamu deadline sudah selesai pekerjaan kamu jangan pernah mengulur-ulur waktu. biala ada waktu luang segera manfaatkanlah waktu tersebut.

7. Buat Jadwal Dengan Dosen secara rutin
kadang memang tidak tidak mudah kita janjian dengan dosen pembimbing udah nunggu berjam2 eh bimbingannya cuma 15 menit, gimana ga gondok. mendingan 15 m3nit lah kalau tiba-tiba ga ada gimana ????
biar sama – sama enak bawain dah makanan kecil / benda yang bermanfaat buat dosennya ga terlalu mahal juga gpp, biasanya orang bila diberikan sesuatu pasti senang, jadi besok2 kalau mau bimbingan pasti Ontime.

8. BackUp data
Bakup data sebanyak mungkin misalkan kamu backup di Flasdish yang ga pernah di colokkin ke Kompi orang lain, Di zip back up di Email juga lebih aman. kenapa harus di backup karena bila Kompi kamu mengalami masalah sedangkan kamu tidak ada backupnya, kalau sidangnya sudah mendekati hari H habislah riwayatmu .

9. Selalu Berdolah kepada Allah SWT



pancasaputra.wordpress
SouletZ
SouletZ Hidup Jangan Terlalu Serius Nanti Lupa Bahagia Jalani Nikmati dan Syukuri Percaya Saja Suatu Saat Kebahagiaan datang menghampiri | No Day Without Smile

Posting Komentar untuk "Tips Khusus Menyelesaikan Tugas Akhir / Skripsi Dengan Mulus "